pasang

Cara Cepat Membersihkan dan Merawat Stainless Steel Yang Benar

Cara Cepat Membersihkan dan Merawat Stainless Steel Yang Benar
bahan stainless steel
Salah satu material furniture dan aneka perabotan rumah tangga  yang menjadi pilihan banyak orang adalah stainless steel. Selain tahan karat, stainless steel juga tampak mewah berwarna perak berkilau.

Akan tetapi banyak dari kita yang tidak mengetahui bagaimana cara cepat membersihkan dan merawat perabotan stainless steel dengan benar. Akibatnya perabotan satinless steel kita jadi tampak kusam, timbul noda hitam, bahkan bisa berkarat.

Sebelumnya, perlu kita ketahui bahwa stainless steel adalah bahan baja yang dilapisi dengan krom 10 %. Lapisan oksida kromium pada stainless steel berfungsi untuk menahan / menghambat terjadinya pengkaratan.
Sehingga ketika lapisan ini terkelupas karena tergores atau karena proses pembersihan yang salah, dapat berakibat pada terjadinya pengkaratan atau paling tidak stailess steel jadi tampak kusam.

 Selain itu, penting untuk kita ketahui juga bahwa stainless steel walaupun  tahan karat, tetapi tidak tahan air. Sehingga ketika stainless steel kita basah, harus lekas kita keringkan dengan kain berserat lembut dan jangan biarkan kering dengan sendirinya.

Nah, berikut ini cara membersihkan stainless steel dengan benar:

Alat - alat dan bahan

  • spon lembut
  • kain lap berserat lembut
  • detergen lembut( cairan pencuci piring) atau glass cleaner
  • cuka
  • pasta gigi
  • baking soda
  • sikat halus
Cara Kerja
  1. Untuk perawatan, bersihkanlah secara rutin 1-2 minggu sekali menggunakan  detergen lembut. Caranya campur air dengan detergen lembut secukupnya, gosokkan pada bahan stainless steel anda memakai spon lembut. Setelah itu bilas dengan air sampai benar - benar bersih tanpa ada sisa detergen, lalu keringkan dengan kain berserat lembut. 
  2. Jika anda ingin stainless steel anda lebih mengkilap , anda bisa menggunakan cuka yang diencerkan dengan air secukupnya, gosok perlahan dengan spon lembut, bilas sampai bersih dan keringkan dengan kain berserat lembut sampai benar - benar kering.
  3. Untuk noda membandel seperti kerak air yang tidak bisa diatasi dengan dua cara di atas, anda bisa menggunakan pasta gigi. Oleskan pasta gigi pada stainless steel, gosok perlahan memakai spon lembut, bilas sampai bersih, dan keringkan. 
  4. Alternatif cara lain jika ke tiga cara di atas belum mampu mengatasi noda yang membandel pada stainless steel adalah dengan 3 sendok makan baking soda yang dilarutkan dengan 1 liter air. Sebelum dipakai, bersihkan dahulu perabot stainless steel anda memakai air hangat yang dicampur dengan detergen lembut, setelah itu baru bersihkan dengan larutan baking soda tadi. Bilas dan keringkan dengan kain berserat lembut.
  5. Untuk membersihkan wajan atau panci yang menghitam karena gosong, anda bisa menggunakan larutan cuka, cuci perlahan dengan cuka, gosok dengan sikat berbulu halus. Jangan direndam dengan larutan cuka, karena hal itu malah akan merusak perabotan anda.
Beberapa kesalahan dalam membersihkan stailess steel:

  1. Membersihkan stainless steel dengan cara menggosoknya mengguakan amplas. Ini adalah kesalahan fatal karena ketidak tahuan kita ketika membersihkan noda membandel pada stainless steel. Dengan mengamplasnya justru akan mengikis lapisan krom dan mengakibatkan stainless steel menjadi tergores, kusam dan mudah karatan.
  2. Membersihkan stainless steel dengan menggunakan busa pencuci piring yang terbuat dari kawat halus. Hal ini akan mengakibatkan terjadinya goresan,
  3. Membersihkan stainless steel menggunakan chemical yang bersifat abrasive. Hal ini akan merusak lapisan krom sehingga menjadi kusam.
  4. Membersihkan stainless steel menggunakan cairan pembersih yang mengandung kadar HCl tinggi, karena hal ini juga akan merusak permukaannya dan menimbulkan noda hitam.

Kesimpulan
Prinsip dalam membersihkan stainless steel adalah bagaimana kita menjaga agar tetap mengkilap dan bersih tetapi dengan tanpa merusak lapisan krom yang melindunginya dari pengkaratan.

Untuk itu, cara yang terbaik untuk merawat stainless steel anda adalah dengan membersihkannya secara rutin dengan obat/ cairan pembersih yang lembut dan tidak keras.

Pastikan setelah mencuci stainless steel , anda membilasnya sampai bersih dan mengelapnya sampai kering, agar tidak terjadi kerak air.

Nah, demikianlah telah kita bahas cara membersihkan dan merawat stainless steel yang benar di rumah anda. Nantikan aneka tip bermanfaat berukutnya. Baca juga Cara Menghilangkan Noda Putih Pada Meja Kayu.

Comments

  1. terimakasih informasinya pak sangat membantu saya yang bergerak dalam bidang pembuatan trolley stainless, jika anda berkenan melihat produk kami silahkan Klik disni

    ReplyDelete
  2. Pembersih karat stainless steel aman dan mudah, aman untuk peralatan makanan dan juga alat kesehatan dari emergo metal

    ReplyDelete
  3. Thank you for sharing. Its informative and full of information.

    ReplyDelete
  4. Terima kasih informasinya ya. Bisa juga untuk Mengatasi Karat Pada Sendok Tidak ya?

    ReplyDelete
  5. pintu kulkas stainless saya kena bekas lem selotipe lalu saya bersihkan dgn kayu putih malah membekas kusam. Bagaimana cara menghilangkannya???..

    ReplyDelete
  6. Camical apa yang bisa menghilangkan kerak membandel pada dinding kereta stanless

    ReplyDelete

Post a Comment

Jika komentar anda / jawaban komentar tidak muncul, klik tulisan "loading" atau tulisan "load more" sampai komentar anda muncul. Atau silahkan bertanya lewat "Kontak Kami"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sponsored By

Kontak Kami

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Cara Mudah Pengaduan dan Keluhan Pelanggan Listrik PLN

Cara Mengasah Gergaji Potong yang Benar

Cara dan Persyaratan Mengurus Pernikahan dan Surat Nikah di KUA Dilengkapi Gambar Alurnya

CARA CAT MELAMIN DAUN PINTU

Cara Mendaftar Sebagai Pasien di Puskesmas

Cara dan Syarat Mengurus Perubahan Data Kepesertaan BPJS Kesehatan

Cara Bertahan Hidup Dengan Gaji Pas-pasan 1 (satu) Juta Saja

Cara Mudah Mengecat Rak dari Kayu dan Triplek Untuk Pemula