pasang

Cara Mudah Pengaduan dan Keluhan Pelanggan Listrik PLN

Cara Mudah Pengaduan dan Keluhan Pelanggan Listrik PLNKemajuan teknologi informasi membuat segala sesuatunya lebih mudah. Jika teknlogi ini digunakan untuk sesuatu yang bermanfaat, tentu akan membantu masyarakat banyak. Salah satu kemudahan yang bisa kita rasakan adalah soal pengaduan listrik PLN. 

PT PLN (Persero) membuka beberapa alternatif bagi masyarakat untuk menyampaikan keluhan dan mengakses layanan . Beberapa contact center tersebut antara lain :

Melalui Telepon dan Ponsel
Telepon PSTN : tekan 123 (tarif lokal)
Ponsel : tekan kode area, misalnya 021 kemudian tekan 123 (tarif provider)
Ada tiga layanan informasi yang tersedia setelah anda menekan 123 :

  • Tekan 1 : Layanan informasi tagihan listrik
  • Tekan 2 : Layanan pengaduan gangguan dan keluhan pelanggan
  • Tekan 3 : Layanan penyambungan baru, perubahan daya, penyambungan sementara dan layanan lainnya.
Melalui Email : pin123@pln.co.id
Pelanggan dapat mengakses layanan pengajuan penyambungan baru, perubahan daya, penyambungan sementara, informasi pelanggan, keluhan dan pengaduan pelanggan.

Melalui SMS (Pesan Singkat)
Ketik : INFO , kirimke 0838 8888 123
Melalui sms, pelanggan bisa mendapatkan layanan transaksi, gangguan dan keluhan.

Melalui Facebook lewat akun : PLN123
Melalui facebook, pelanggan bisa melakukan pengajuan penyambungan baru, perubahan daya, penyambungan sementara, informasi pelanggan, keluhan dan pengaduan pelanggan.

Melalui Twitter akun : @pln_123
Melalui twitter, pelanggan bisa mengakses informasi mengenai  pengajuan penyambungan baru, perubahan daya, penyambungan sementara, informasi pelanggan, keluhan dan pengaduan pelanggan.

Pengaduan kenaikan tarif karena pencabutan subsidi pelanggan PLN 900VA
Dengan dicabutnya subsidi untuk pelanggan PLN 900VA, maka terjadilah kenaikan tarif yang dirasakan memberatkan oleh sebagian warga masyarakat.

Jika anda merasa bahwa anda layak dapat subsidi, maka jalan yang bisa anda tempuh adalah melakukan pengaduan kepada pemerintah.
    • Pengaduan disampaikan ke kantor desa atau kelurahan setempat.
    • Anda mengisi formulir pengaduan yang disediakan oleh kelurahan.
    • Perangkat desa /kelurahan akan meneruskannya ke tingkat kecamatan.
    • Kecamatan secara online akan meneruskan ke Posko Pengaduan Pusat.
    • Selengkapnya bisa anda lihat di http://subsidi.djk.esdm.go.id/ 
Menyikapi kenaikan tarif ini, kami juga sedikit mengulasnya di "Mencoba Bijak Menyikapi Kenaikan Tarif Dasar Listrik Rumah Tangga 900 VA"

Pengalaman kami menggunakan layanan listrik PLN di 123
Kemarin ketika kami hendak mengajukan permohonan tambah daya dari 900w menjadi 1300w, kami menghubungi 0274-123. Di ujung telepon kami disambut oleh petugas yang ramah, rasanya seperti ketika anda mengecek pulsa telepon seluler.

"Selamat datang di layanan bla bla bla..."
Lalu seperti yang tertulis di atas, kami diberikan 3 jenis layanan, tekan1,2 , dan 3. Karena kami akan menambah daya, kami menekan 3. Setelah itu petugas menjelaskan beberapa persyaratan yang dibutuhkan dan juga biayanya.

Kemudian petugas PLN akan mendatangi alamat kami paling lambat 5 hari kerja setelah kami telepon. Kami juga diingatkan bahwa petugas PLN yang akan datang tidak meminta ongkos apapun atas jasanya. Kami cukup membayar biaya yang dijelaskan lewat telepon tadi.

petugas resmi pln panggilan
Petugas PLN "OTW"


Bagaimana mudahkan? Demikian cara mudah pengaduan dan keluhan pelanggan PLN.

Keluhan Pemadaman Listrik PLN
Salah satu yang sering dikeluhkan pelanggan adalah seringnya pemadaman listrik oleh PLN. Ada beberapa penyebab mengapa pemadaman sering terjadi.


  1. Penambahan peralatan jaringan.
  2. Pemeliharaan Preventif (Preventive Maintenence)  pembangkit, penggantian kabel konduktor (rekonduktoring) transmisi 150 KV, jaringan dan gardu yang sudah dijadwalkan sebelumnya   dengan tujuan justru untuk menjaga keandalan agar tidak terjadi kerusakan yang lebih fatal.
  3. Terganggunya suatu unit pembangkit : gangguan pada sistem pelumasan, sistem pendingin, generator, boiler pemanas air menjadi uap.
  4. Terganggunya jaringan / transmisi listrik : Saluran Udara Tegangan Tinggi 150 kV tersambar petir, terkena pohon roboh, tanah longsor, trafo meledak dan lain-lain
  5. Terganggunya instalasi pelanggan karena hubung singkat, kerusakan alat-alat listrik yang dipakai atau beban lebih besar dari daya tersambung



Guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Jaringan distribusi PLN telah dilengkapi peralatan proteksi PLN berupa lighting arrester, pemutus,recloser serta pembumian yang andal. Dengan peralatan yang ada maka kondisi gangguan akan terdeteksi dan diatasi dengan cepat.

Mencegah Modus Penipuan Oknum Mengaku Petugas PLN
Menyikapi beberapa aduan akan adanya oknum yang mengaku petugas PLN, entah itu sales alat penghemat listrik atau apalah, maka hendaknya anda mengenali ciri- ciri petugas PLN resmi berikut ini :

  1. Setiap petugas PLN yang datang ke rumah dilengkapi dengan tanda pengenal, seragam resmi, surat tugas dan berkendaraan dinas.
  2. Tidak ada transaksi keuangan di tempat.
  3. PLN menerbitkan nomor registrasi untuk dibayar di bank atau payment point online bank (PPOB)
  4. Setiap transaksi ada kode khusus untuk keabsahan transaksi perbankan.
(http://jogja.tribunnews.com/epaper/index.php?hal=4)
Maka anda sebaiknya berhati - hati.





Sumber :
Koran Tribun Jogja , Rabu 20 Maret
http://www.pln.co.id/lampung/?p=3408


Tarif PLN terbaru April - Juni 2017
kenaikan tarif pln april juni 2017
Tarif  Listrik PLN April- Juni 2017 pln.co.id
Untuk keluhan pelanggan PLN, silahkan langsung hubungi Call (kode area)123 atau saluran keluhan pelanggan PLN lainnya yang telah kami tulis di atas.

Blog ini hanya membagikan informasi saja, dan tidak melayani keluhan pelanggan PLN. Terimakasih telah berkunjung..

Comments

  1. Pelayanan kurang memuaskan sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika berkenan, bisa anda ceritakan pengalaman anda tentang pelayanan pln yang tidak memuaskan tersebut...

      Delete
    2. keluhan dan aduan pelayanan pln bisa langsung telp ke (kode telp kota anda)123 contoh jogja 0274 123

      Delete
    3. maaf bapak,pembayaran listrik semakin membengkak,saya orang biasa yg tidak bekerja lgi.meteran yg lma diganti dengan yv baru,kemaren bilang bila diganti yg baru tagihan listrik akan lebih murah,kenapa nih malah 2xlipat tagihannya,saya mau komplin to penggantian kembali kemeteran yg lama.karena saya tidak sanggup to membayarny.
      pengaduan saya mohon diterima dengan baik,dan saya ucapkan banyak terimakasih



      Delete
    4. apakah ibu pengguna lisrik golongan 900 va? Jika ibu pengguna golongan tersebut, memang sedang terjadi kenaikan secara bertahap sejak januari sampai juli ini, dan naiknya secara keseluruhan lebih dari 100% (2 kali lipat lebih).

      Untuk pelanggan yang keberatan dengan kenaikan tarif tersebut, bisa melakukan pengaduan kepada pemerintah dengan cara :
      -Pengaduan disampaikan ke kantor desa atau kelurahan setempat.
      -Anda mengisi formulir pengaduan yang disediakan oleh kelurahan.
      -Perangkat desa /kelurahan akan meneruskannya ke tingkat kecamatan.
      -Kecamatan secara online akan meneruskan ke Posko Pengaduan Pusat.
      -Selengkapnya bisa anda lihat di http://subsidi.djk.esdm.go.id/

      Delete
    5. Pelayanan PLN lambat sekali. Saya permohonan pemasangan baru dari akhir April sampai hampir 3 Minggu belum ada petugas datang

      Delete
    6. pak saya mau bertanya ,, kenapa ya keluarga saya kalau pembayaran itu selalu mahal sekali tetangga saya sama 900 tapi dia selalu murah padahal pemakaian sama kenapa ya pak bisa bgtu ..

      Delete
  2. Pelayanan kurang memuaskan sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat malam, saya ada keluhan tentang pemasangan listrik prabayar, atas nama samah, kp kali jeruk rt 03, rw 03, desa kalijaya. cikarang barat, kab bekasi, sebelumnya kita melakukan pemasangan kwh prabayar melalui orang pln sekitar, nah disini ada kesalahan saat pemasangan, menurut pln sekitar, ada kesalahan seperti pemakaian yg tidak terdekteksi, sebenernya itu ga jadi maslah bagi saya dan keluarga, tapi yg jadi maslah bagi saya. ada denda senilai 11.000.000 ( sebelas juta rupiah ) dalam jangka waktu 2 minggu pemasangan, tolong untuk pihak yg terkait ditindak lanjuti, saya dan keluarga menyatakan tidak akan mau mengeluarkan uang, dikarnakan:

      1. kesalahan pemasangan ( bukan kesalahan pihak konsumen melainkan kesalahan PLN )
      2. kami yg dikenakan sanksi/denda ( apakah ini permainan karna politiknya mudah terbaca )

      3. sekarang listrik di block, dikarnakan denda yg tidak bayar dari pihak konsumen,

      dan seharusnya pihak pln yg bertanggung jawab, dikarnakan. mereka yg membuat kesalahan tapi kenapa denda dibebankan kepada konsumen, tolong ditanggapi.


      ITU KELUHAN SAYA BARU SAYA KIRIM BY FB, INBOK DAN BY EMAIL PLN 123

      Delete
    2. semoga cepat mendapat tanggapan PLN..

      Delete
  3. bertele2 pelayananya tidak memuaskan dan bikin saya kecewa.sudah 1 minggu kwh ( meter ) saya masih belum di geser padahal sudah registrasi membayar biaya pemindahan kwh.tapi pas di tlp.dgn santai pihak pln RAYON KOPO bandung bilang gk ada orang dan saya masuk siang.emang bgtu ya pelayananya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang begitu pak/bu... kemarin saya saja sampai 2 minggu. Mungkin antriannya panjang,dan petugas lapangan terbatas jumlahnya.

      Delete
    2. Gak bener tuh alasan apa kaya gitu,PLN loh,bukan perusahan kecil !!!!
      Satu hal yg gak suka sama PLN rakyat di paksa harus pakai meteran 1300 untuk pemasangan baru,kalo mampunya yg 450? Apakah itu pemaksaan..belum lagi pemasangannya lambat makan waktu 1bulan,hadeuhhhhh

      Delete
  4. Berapa kisaran biaya untuk menggeser tiang listrik beton 9 meter per buah ? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CERITA KISAH SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah, awal saya adakan pengurusan saya buka google dan saya dapat no tlp salah satu jasa pengurusan ijazah terus saya tlp dan saya di minta kirim adm pengurusan ijazah setelah saya transfer saya tunggu selama 1 bulan ternyata tak kunjung jadi tapi saya baru sadar diri kalau saya ini di TIPU dan beberapa blog jasa di google saya hub semua'nya ternyata PENIPU, saya sempat putus asa tapi alhamdulillah saya ketemu salah satu keluarga saya yang bekerja di dinas pendidikan kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

      1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
      – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
      – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
      – Drop out takut dimarahin ortu
      – IPK jelek, ingin dibagusin
      – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
      – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
      – Dll.
      2. PRODUK KAMI
      Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
      SARJANA (S1, S2)..
      Hampir semua perguruan tinggi kami punya
      data basenya.
      UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
      UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
      UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
      UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
      UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
      UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
      UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
      AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
      UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
      INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
      STIE SUKABUMI YAI
      ISTN STIE PERBANAS
      LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
      STIMIK UKRIDA
      UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
      UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
      UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
      UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
      UNIVERSITAS SAHID DLL

      3. DATA YANG DI BUTUHKAN
      Persyaratan untuk ijazah :
      1. Nama
      2. Tempat & tgl lahir
      3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
      4. IPK yang di inginkan
      5. universitas yang di inginkan
      6. Jurusan yang di inginkan
      7. Tahun kelulusan yang di inginkan
      8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
      9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
      10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening bendahara bpk DR SUTANTO
      11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
      4. Biaya – Biaya
      • SD = Rp. 1.500.000
      • SMP = Rp. 2.000.000
      • SMA = Rp. 3.000.000
      • D3 = 6.000.000
      • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
      • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
      • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
      (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
      • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
      (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
      • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

      Delete
  5. Mohon infonya bagi yang pernah : MENGGESER TIANG LISTRIK BETON TINGGI 9 METER, hrus bayar berapa?
    trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih informasinya...

      Delete
    2. Saya memang telat 2 bulan pembayaran pas ketika di bayar mcb sudah di cabut di meteranya sehingga kita tidak bisa pake listrik kemana ya oengaduanya agar segera di oasang kembali.

      Delete

  6. Juli Puspa Rini ·
    Hari ini tertanggal 03/11/2016 pukul 23:10 Saya sangat KECEWA dengan PLN yang memutus aliran listrik seenaknya sendiri sebanyak 7(kali)lebih berturut-turut,sebenarnya ada apa sih????....apa anak buah anda tidak becus bekerca?.....terus mau sampai kapan di perumahan kami di GRAND KAHURIPAN.klapanunggal,KAB BOGOR ini mau ditumbalkan terus''
    Saya minta pihak yang berwenang dari PLN bisa mengatasi masalah ini,cangan hanya memungut bayaran bisa,PELAYANAN ANDA BURUK SEKALI,SAYA SANGAT KECEWA TERIMA KASIH.

    ReplyDelete

  7. Juli Puspa Rini ·
    Hari ini tertanggal 03/11/2016 pukul 23:10 Saya sangat KECEWA dengan PLN yang memutus aliran listrik seenaknya sendiri sebanyak 7(kali)lebih berturut-turut,sebenarnya ada apa sih????....apa anak buah anda tidak becus bekerca?.....terus mau sampai kapan di perumahan kami di GRAND KAHURIPAN.klapanunggal,KAB BOGOR ini mau ditumbalkan terus''
    Saya minta pihak yang berwenang dari PLN bisa mengatasi masalah ini,cangan hanya memungut bayaran bisa,PELAYANAN ANDA BURUK SEKALI,SAYA SANGAT KECEWA TERIMA KASIH.

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah kejadian pemutusan 7 kali baru terjadi tanggal 3 november atau sudah sejak lama juga begitu?
      Untuk lebih jelasnya, bapak/ ibu bisa konfirmasi keluhan dan aduan pelayanan PLN ke 0251 123

      Delete
  8. Apakah ada format khusus untuk pengaduan lewat SMS?
    Apakah kita bisa cek data kita menggunakan aplikasi android?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dengan format seperti yang saya sebutkan di artikel, INFO[spasi](isi Keluhan) kirim ke 0838 8888 123
      untuk aplikasi, coba deh ke https://play.google.com/store/apps/details?id=com.icon.pln123&hl=en , tapi melihat testimoninya, kayaknya kurang memuaskan, saya juga belum coba.

      Delete
  9. Kenapa daerah rumah saya selalu mati ya? Untuk sms keluhan pun tidak di gagas sama skli!! Sngt tdk memuaskan

    ReplyDelete
  10. Saya sangat kecewa kenapa daerah rumah wirosaban jogja selalu di putus aliran listriknya dengan seenaknya!!! Dan selalu berlangsung lama! Sebenarnya ada apa sih?!!!!!!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya mengerti perasaan ibu, karena saya juga termasuk warga yang kecewa dengan pemadaman listrik PLN yang sering. Akan tetapi agar adil, sebaiknya kita juga sedikit memahami, bahwa PLN tidak memadamkan dengan seenaknya, karena ketika pemadaman terjadi,PLN juga rugi besar.
      Ada beberapa penyebab terjadinya pemadaman,
      1.Penambahan peralatan jaringan.
      2. Pemeliharaan Preventif (Preventive Maintenence) pembangkit, penggantian kabel konduktor (rekonduktoring) transmisi 150 KV, jaringan dan gardu yang sudah dijadwalkan sebelumnya dengan tujuan justru untuk menjaga keandalan agar tidak terjadi kerusakan yang lebih fatal.
      3.Terganggunya suatu unit pembangkit : gangguan pada sistem pelumasan, sistem pendingin, generator, boiler pemanas air menjadi uap.
      4.Terganggunya jaringan / transmisi listrik : Saluran Udara Tegangan Tinggi 150 kV tersambar petir, terkena pohon roboh, tanah longsor, trafo meledak dan lain-lain
      5.Terganggunya instalasi pelanggan karena hubung singkat, kerusakan alat-alat listrik yang dipakai atau beban lebih besar dari daya tersambung


      Guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Jaringan distribusi PLN telah dilengkapi peralatan proteksi PLN berupa lighting arrester, pemutus,recloser serta pembumian yang andal. Dengan peralatan yang ada maka kondisi gangguan akan terdeteksi dan diatasi dengan cepat.

      Delete
  11. SAYA PELANGGAN PLN DI KUPANG NTT KECEWA,KRN SETIAP HARI PADAM BISA 2 SD 4 KALI PADAM TIAP HARI.KALAU BARANG ELEKTRONIK KITA RUSAK PLN MAU GANTI RUGI TIDAK,DAN BAGAIMANA CARA KLEMNYA KE PLN SUPAYA BISA DI GANTI.

    ReplyDelete
  12. Replies
    1. selama 15 tahun perumahan bahagia permai dan bumi puskopad jakarta sampurna bekasi barat yang listriknya berada diwilayah PLN PONDOK KOPI belum pernah ada pemeriksaan didalam bok meteran listrik maupun kabel milik pln, untuk mencegah terjadinya KONSLETING dan KEBAKARAN,mohon diperiksa terima kasih

      Delete
  13. Hr ini saya melakukan pemindahan meter listrik. Sudah dikasi harga sm pln klo 1-10 meter pemindahannya biaya 90rb tp knp petugas lapangan kasi hrga sendiri permetee kabel 10rb dan disuru kasi seiklasnya biaya pindahnya.wahh pungli blm hilang dr pln jawa timur ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah sekarang ibu geser meter lapor ke pln setempat.dari pln itu SPK gesmet(geser meter) tidak menyediakan penambahan kabel adapun untuk gesmet jarak yang bisa di pasang itu antara semeter sampai dua meter itu jg harus di dpn rumah. Ada pun penambahan kabel mungkin ibu gesr nya ke jahuan

      Delete
    2. ibu di atas bilang kalau pindah 1 - 10 meter 90 rb, kenapa PLN tidak disediakan penambahan kabel untuk 1-10 meter? Kalaupun ada biaya tambahan jika lebih dari 2 meter, kenapa tidak sekalian PLN masukkan tambahan biayanya yang 90 rb tadi jadi 200rb mungkin. Katanya tidak ada pembayaran di tempat, semua pembayaran lewat rekening resmi PLN?

      Apakah kurang kordinasi antara petugas lapangan dengan kentor PLN?
      Maaf, saya cuma menanyakan saja...

      Delete
    3. Selamat pagi Team PLN,

      Email ini saya kirim atas terjadinya kerusakan kontruksi kabel PLN yang menyambungkan listrik ke rumah saya pribadi. Pd malam Jumat, 8 Maret 2018 pukul 01.00 dinihari, pohon mangga yang ada di depan rumah roboh dengan sendirinya, mengakibatkan kabel dan box NCB ambrol melandai,
      Saya menelpon pihak PLN saat itu karena khawatir akan keselamatan seisi rumah melihat posisi kabel yang terlalu dekat dan membahayakan. lalu setengah jam kemudian pihak PLN terdekat (rayon cikokol, Tangerang) datang dan memeriksa keadaannya.
      Setelah melihat sekeliling, pihak dari teknisi PLN tersebut kami minta untuk memindahkan jalur kabel yang melewati pohon mangga tersebut ke jalur yang lebih aman, petugas/teknisi tersebut langsung mematok harga sebesar Rp. 400,000 dengan alasan istilah RHB,
      Pertanyaan saya adalah ;

      1. Apakah layanan PLN 24jam ini berbayar? Tanpa adanya billing atau kertas tertulis apapun yang mengharuskan pelanggan untuk membayar.
      2. Apakah tarif PLN yang dipatok teknisi pada saat rekontruksi kabel adalah resmi atau hanya dianggap "uang rokok"? Jika demikian, kenapa petugas tersebut sangat memaksa saya untuk membayar, terkesan seolah jika saya tidak membayar, rekontruksi kabel tidak akan dikerjakan. Pada akhirnya sayapun membayar Rp. 300,000 (setelah negosiasi).
      3. Lalu apa yang harus dilakukan jika saya pun tidak ingin membayar? Karena saya rasa itu adalah bagian dari pelayanan PLN terhadap pelanggan (tidak seharusnya bertarif-jikapun jika hanya "uang rokok" saya tidak akan tutup mata).

      Dengan email ini, saya keberatan dengan pelayanan dan nilai uang yang saya bayarkan, bagaimana kondisi nya jika hal tersebut terjadi pada keluarga yang sekiranya tidak mampu tapi adanya kejadian yang mengharuskan berhubungan dengan pihak PLN, apakah akan tetap dilayani atau diabaikan?!
      Demikian, Mohon kiranya memberikan tanggapan atas keluhan yang saya sampaikan dalam email ini.
      Atas perhatiannya terimakasih.

      Salam listrik ⚡

      Delete
  14. Hr ini saya melakukan pemindahan meter listrik. Sudah dikasi harga sm pln klo 1-10 meter pemindahannya biaya 90rb tp knp petugas lapangan kasi hrga sendiri permetee kabel 10rb dan disuru kasi seiklasnya biaya pindahnya.wahh pungli blm hilang dr pln jawa timur ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. pungli memang susah hilang dari budaya bangsa ini... bagaimana kalau dilaporkan ke pln 123 atau saber pungli lapor@saberpungli.id

      Delete
  15. Terjadi pemadaman listrik pln diperumahan harapan mulya bekasi dan sekitarnya dari jam 3 sore hingga saat ini belum menyala dan tidak diketahui kenapa, mohon tindak lanjut nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan kontak pln call ke (kode area)123

      Delete
  16. Terjadi kekongsletan listrik dirumah saya jln patriot kepuh kembeng ;bisa tolong membantu apa masalahnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan langsung melapor ke (02xx)123 no aduan pln

      Delete
  17. Mati lampu tidak tepat pada waktunya di saat mau mnjalankan ibadah sholat magrib , ini sungguh mngecewakan pelanggan khususnya di lampung kab pringsewu tgl 28-02-2017 pkul 18:40 , mohon kejadian tidak terulang lebih baik mati lampu di siang hari ini lebih relefan buat pengguna listrik ,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada banyak penyebab kenapa mati lampu/ padam listrik seperti telah dijelaskan di artikel. mudah - mudahan PLN bisa lebih baik lagi dalam melayani masyarakat.

      Delete
  18. Kenapa listriknya ngak nyala nyala dari tadi siang udh di mati'in 2 kali sekarang malah di mati'in lagi bikin ngk nyaman aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya ada pemberitahuan jika akan ada pemadaman, kecuali jika penyebabnya faktor alam/ada bencana.

      Delete
    2. Banyak faktor penyebab pemadaman listrik mendadak, seperti: kabel tegangan tinggi putus, kebakaran rumah penduduk, trafo meledak, hingga kelakuan warga yang iseng

      Delete
  19. Kenapa sering sekali mati lampu sesaat (kadang tdk sampai 1 menit nyala kembali) pada tengah malam. Bisa dlm hitungan hari. Pelanggan bayarnya jadi mahal krn semua peralatan yg pakai listrik hrs up dari awal lagi begitu listrik nyala. Apakah ini kerjaan oknum? Kejadian seringkali tengah malam. Daerah kebagusan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang sedang musim hujan yang kadang disertai angin kencang. Mungkin ada gangguan akibat cuaca, dan ini memang sering terjadi. Banyak faktor penyebab pemadaman listrik mendadak, seperti: kabel tegangan tinggi putus, kebakaran rumah penduduk, trafo meledak, hingga kelakuan warga yang iseng.

      Lebih pastinya anda bisa tanyakan ke hot line PLN
      021-123

      Delete
  20. Aku udh telfon aduan klo listrik sering naik turun lalu dri pihak pln dikasih no berupa angka dan huruf, klo boleh tau itu fungsinya untuk apa yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kode dan nomernya seperti apa kalau boleh tahu? atau anda bisa kirim kode nya ke "kontak blog kami" yang ada di paling bawah , untuk privasi.

      Delete
  21. Kira2 akhir tahun lalu, petugas PLN datang ke rumah dan memberitahukan bahwa gardu listrik didepan rumah saya akan di cabut, dan minta ijin untuk pemasangan gardu baru yg lebih besar, dan dlm 2 Minggu sudah terpasang gardu baru yg lebih besar, jadi depan rumah saya ada 2 gardu, saya tanyain kpn gardu yg lama akan di cabut, petugas menjawab secepatnya.. tp kenyataanya dah 4bl lebih belum d cabut.. gmnnnn nihh PLN...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah - mudahan PLN segera menindaklanjuti keluhan anda. Mungkin anda perlu mencoba tanyakan lagi ke Hot line PLN call ke (kode area)123

      Delete
  22. Hari ini mau daftar pln untuk warung kecil mosok ya jualan kopi ae disuruh daftar siup npwp ribett pelayanan yg sangat meribetkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ribet juga ya... apa gak mendaftar sebagai konsumen rumah tangga saja ?

      Delete
    2. mungkin inilah sebab, mengapa masyarakat lebih suka membayar "pungli" kepada oknum PLN, biar prosedur ribet seperti ini bisa diloloskan. Termasuk konsumen rumah tangga juga agak ribet juga, harus ada syarat semacam sertifikat instalasi atau apalah itu segala macam. Bayar agak mahal ke "oknum", langsung beres, listrik terpasang.

      Delete
    3. Kenapa listrik yang pakai pulsa yang 50 ribu sekarang jadi 30 ribu dan yang 100 ribu jadi 80 ribu ini sangat mengecewakan padahal dulu yang 50 ribu itu 80 ribu penggunaan listrik padahal biasa aza tapi kenapa bisa boros banget yah

      Delete
    4. Semua juga kecewa dengan kenaikan listrik akhir - akhir ini. Mengapa tidak gaji para pejabat saja yang dipotong 10% untuk subsidi listrik... ?

      Delete
  23. Hari ini mau daftar pln untuk warung kecil mosok ya jualan kopi ae disuruh daftar siup npwp ribett pelayanan yg sangat meribetkan

    ReplyDelete
  24. saya sngat sesalka biaya listrik sekarang,rasa bner2 tercekik!
    masa kemarin2 buyar listrik cuma 110,skarang sampai 210,kemana hati nurani mereka,kita yang merasa rakyat biasa benar2 sangat,sangat,dan sangat terbebani,saya gak hbis pikir sama kepemerintahan sekarang,bukanya ngebantu rakyat kecil tapi malah menyengsarakan😭

    ReplyDelete
  25. saya sngat sesalka biaya listrik sekarang,rasa bner2 tercekik!
    masa kemarin2 buyar listrik cuma 110,skarang sampai 210,kemana hati nurani mereka,kita yang merasa rakyat biasa benar2 sangat,sangat,dan sangat terbebani,saya gak hbis pikir sama kepemerintahan sekarang,bukanya ngebantu rakyat kecil tapi malah menyengsarakan😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  26. Pengalaman kurang memuaskan sangat merugikan masyarakat.... Gak manusiawi masak listrik mati sampek semaleman...

    ReplyDelete
  27. Mas . Saya mau tanya sebenarnya listrik pascabayar daya 1300 . Kepakai meter kira2 100meter berapa sih hitunganya..apa benar daya yg 1300 bebanya saja 80rb. Perhitunganya gimna sih.. gk jelas. Pdhl klw saja itung2 sangat gk wajar ..masa sih saya kena bnyak bget 380rb. ..dan itungan meteran yg di kertas beban 250an meter..apa petugas pln dilapangan atw dikantor .main main . Dan hanya main taksir saja..mohon jelaskan pk
    terima kasih

    ReplyDelete
  28. Malam pa bu, ini mau matiin lampu daerah serengseng jakbar sampe jam berapa yah?

    Lama amat pak, kasian yg punya Bayi duh lagian mati lampu mulu sih pak buk mengganggu pak bu apa lagi kalo malem!!!!!

    ReplyDelete
  29. Dear Mas Fajar
    mohon info donk cara komplen tagihan listrik yang naik nya gede banget kemana ya ?
    bisa share meknisme nya.trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk bandung barat, langsung saja telepon ke (022)123 nanti ikuti saja petunjuknya, untuk komplain/keluhan pelanggan PLN.

      Delete
  30. Tagihan rek listrik sy kemarin2 berkisar antara 900rb-1,1jt max. Tp tiba2 tagihan bln terakhir (April) mnjd 1,9jt! Apa bnr skrng ada kenaikan smp hmpr 100%??
    Keterlaluan!! Mentang2 perusahaan listrik cm dia seorg. Mau ga mau ya kita mesti terima?

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang benar, kenaikan hampir 100% bagi yang non subsidi (bukan pemegang kms). Contoh untuk yang 900w, dari 605/KWH jadi 1034/kwh. dan itu masih akan naik lagi nanti bulan juni-juli. bertahap.

      Delete
    2. 😱😱😱😱
      😭😭😭😭

      Delete
    3. Kl 900w aja segitu, brp per kwh nya utk yg 3500w, mas?

      Delete
    4. yang 3500 tarif 1467/kwh. Secara bertahap sampai bulan juni, nanti yang 900 non subsidi juga akan 1467/kwh atau dikenakan penyesuaian tarif setiap bulannya seperti golongan tarif yang lainnya.

      Katanya agar subsidi tepat sasaran, tetapi apakah data siapa yang berhak dapat subsidi selalu diperbarui? Akhirnya nanti tidak tepat sasaran juga.

      Delete
    5. Bener, mas...bgmn pendataan utk yg katanya berhak dpt subsidi jg kita ga tau.
      Ok, trmksh ya mas Fajar atas info nya.👍

      Delete
    6. ya, sama - sama mb myrna...

      Delete
  31. Saya barusan aja nyolokin carger d stop kontak dan tiba2 jebret, listrik padam, konslet. Dah q nyalakan sikeringnya kembali tp kok blm bsa nyala ya ??? Knp ??? Pada hal carger saya d colokin d sebelah masih bsa
    Tp d rumah listriknya kok blm bsa nyala y ????

    ReplyDelete
  32. Saya kecewa dengan pln
    Tiba2 tagihan listrik saya meledak 5x lipat dr sebelumnya, sudah dikomplain tetap saja tak kurang

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok bisa 5 kali lipat ya? sudah berapa kali (bulan) kenaikan 5 kali lipat ini? kebanyakan naiknya 100% atau 2 kali lipat...

      Delete
  33. saya mau bilang tetangga saya curi arus loh.listrik dia dayanya cuma 450.tapi dia bisa pake ac 1pk kulkas 2 mesin cuci .cobalah tolong di razia.krn dia suka x nngibus orang ternyata dia pun curi arus juga.maling teriak maling dia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda bisa langsung lapor ke PLN 123 .

      Delete
  34. Aduuh sering banget mati lampu dalam jangka waktu yg lama..sampai ber jam jam..pie tooh actionnya.. kebanyakan ngroko si daripada kerja nya.u untuk daerah Tangerang bayur

    ReplyDelete
  35. Aduuh sering banget mati lampu dalam jangka waktu yg lama..sampai ber jam jam..pie tooh actionnya.. kebanyakan ngroko si daripada kerja nya.u untuk daerah Tangerang bayur

    ReplyDelete
  36. Kcewa ny itu knpa yak 900 hrs di sma kn dengan 1300, isi 100 rbu jd 73 rbu. Enakan sprti kmren ada subsidi n tiba2 hilang gtu aja. Sudah banyak yg mengeluh.

    ReplyDelete
  37. Kcewa ny itu knpa yak 900 hrs di sma kn dengan 1300, isi 100 rbu jd 73 rbu. Enakan sprti kmren ada subsidi n tiba2 hilang gtu aja. Sudah banyak yg mengeluh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena pemerintah menganggap banyak rumah tangga pemakai 900 yang sudah tergolong mampu dan tidak layak mendapat subsidi.

      Delete
    2. MATI LISTRIK MULU WOY!!!! EMANG LU KATA LISTRIK GK BAYAR ??????!

      Delete
    3. kalau pas mati kan gak bayar?

      Delete
    4. Jawaban anda sungguh tdk mengenakkan pak fajar.jawaban macam apa itu???

      Delete
    5. saya juga pelanggan PLN yang kecewa.. itu jawaban keputus asaan pak.. semoga PLN membaca keluhan anda semua, dan bisa memperbaiki pelayanan.

      Delete
  38. Sekarang mati lampu lagi!!!! Apa harus sesering INI mati lampunya HaH????? Gratisin ajah listriknya pa Biar kalo mau matiin lampu gak ngerugiin ORANG YG UDAH BAYAR MAHAL MAHAL!!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pribadi tdk ada keberatan mslh tarif listrik.asalkan pelayanan dan pemadaman bisa diminimalkan.

      Delete
  39. Pemakai 900 dianggap mampu??? Skrg KPR tipe 36 aja sdh lngsng terpasang 900. Mau nyetrika malem, harus matiin TV dulu. Boro2 mau pasang AC??

    ReplyDelete
    Replies
    1. heran juga saya.. maka dari itulah, bagaimana kriteria penerima subsidi versi pemerintah? apakah harus benar -benar melarat seperti rumah dari bambu dan atap dari tanah baru berhak dapat subsidi?
      Semoga pemerintah dapat hidayah dan bertaubat.

      Delete
  40. format sms untuk memberikan informasi ke pln ttg pemakaian kwh listrik gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. via telpon saja pak, ke (kode area)123

      Delete
  41. Sangat aneh..masa naik tidak masuk akal..biasa perbulan paling besar bayar 150 rbu..skrng 900 rbu..naiknya gila"an..semoga berkah buat orang pln..

    ReplyDelete
    Replies
    1. 150rb jadi 900rb?! Buset.....! Tidak nunggak tagihan kan?

      Delete
  42. 1.Mas mau tanya dasar apa yg membuat kenaikan tarif listrik gila gilaan??
    2. Bagi pemakaian yg 900 v pemerintah anggap tergolong yg mampu, apakah ada surveinya??
    3. Kenaikan tarif listrik tak sebanding dengan kenaikan inflasi 2017?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. berdasar dari pengkajian dan data pemerintah, bahwa ternyata pemakai subsidi listrik 900v ada yang masuk kategori mampu.
      2.surveinya berdasar Data Terpadu Program Penanganan Fakir Miskin yang ditetapkan oleh Kementerian Sosial dan dikelola oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), (http://bisnis.liputan6.com/read/2655339/pemerintah-resmi-cabut-subsidi-listrik-pelanggan-900-va)
      3. itu saya juga gak tahu
      Kita doakan saja , pemerintah dapat hidayah...

      Delete
  43. Di desa saya sekarang listrik sedang padam karena kabel yang di trafo di gardu putus..
    Alamat, Karangpoh, perbuatan, katongan, Nglipar, Gunungkidul

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan jika terjadi hal serupa, konfirmasi ke 0274123

      Delete
  44. Apakah tidak ada cara pengaduan lain selain telp ke kode area+123, karena kalau telp ke no diatas itu cukup menyedot pulsa telepon. Jadi kita pelanggan jadi 2 kali rugi, cobalah kalau di buatkan toll free, jd biaya pengaduan di bebankan ke pln. Agar jagn pelanggan aja yg dirugikan. Atau lewat media sosial atau aplikasi yg lain yg bisa di akses 24 jam, jadi pelaporan gangguan itu bisa direspon lewat media tersebut.
    Harusnya dengan tarif pln yg seperti saat ini pelayanan lebih baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali, semoga usulan anda dibaca pihak PLN. Akan sangat membantu jika PLN memiliki media sosial ,bisa berupa blog yang selalu cepat tanggap terhadap semua aduan maupun pertanyaan dari pelanggan.

      Delete
  45. Pak, gimana cara mengecek token yang hilang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara ngeceknya, silahkan kunjungi situs http://layanan.pln.co.id/InfoPrepaid.html ,kemudian masukkan id pelanggan anda, lalu akan tampil riwayat transaksi pembelian token. Di situ anda bisa melihat token anda yang hilang.

      Delete
    2. Error (tidak dapat akses server)

      Delete

  46. Yth, Pln
    tanggal 28 Juli 2017 kami pengurus mesjid Alfirdaus sudah melakukan pembayaran pemasangan listrik untuk Mesjid, setelah pembayaran dilaksanakan telah diurus juga SLO pada tanggal itu. namun dari 3 hari paling cepat atau satu minggu paling lama, sampai saat ini listrik di mesjid kami belum juga menyala. oleh karena itu kami mohon PLN segera melakukan pemasangan karena kebutuhan listrik sangat urgen dimesjid kami, terutama untuk beribadah dan kegiatan TPA bagi anak-anak kami. Terima kasih

    Pengurus mesjid alfirdaus

    No Pendaftaran 1311299117211910
    Kode Transaksi Bank Mandiri 4360001707280842557952
    Nomor register SLO.1487348231503

    ReplyDelete
  47. listrik sya habis di segel... tapi saya sudah melunasiNya... di suruh menunggu untuk penyambungan uLang.. tapi sudah 2 harii saya menunggu tidak ada yg datang memasang.

    ReplyDelete
  48. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  49. Kami telah melakukan TRX pengisian token.setelah dapat nomer token kami ketik di meter kami ternyata perintah gagal!!gmn sistem PLN ini.nomer token nya apa gak valid.apa ada rencana penipuan.kami hub 123 gk terhubung!!

    ReplyDelete
  50. Tgl 30 juli 2017 saya mengajukan perubhan daya dari 450VA ke 1300VA dg no reg. 1411017023256, biayanya sdh sy byr lunas tgl 30 juli 2017, sy sdh 3 kali lapor ke 123 tp s.d skrg blm ada realisasi perubhannya dr PLN (28 hr), terus sy lapor kemana lg supaya dpt direalisasikan oleh PLN wil.palembang perubahan daya sy tsb ????

    ReplyDelete
  51. Kenapa kalo telat sehari aja harus meteran listrik disegel saya tanya ke petugas PLN nya ga bs d 2 blm kan bayar nya padahal baru telat sehari blm bayar bulan agustus to giliran mati listrik seharian penuh gimana sih PLN padalarang

    ReplyDelete
  52. Tolong PLN jangan melakukan kecurangan kalo pengen kaya jangan ngambil uang rakyat.. masak dirumah saya sampai 800rb.. padahal cuma 900V

    ReplyDelete
  53. kenapa pln ini ya? saya pembayaran bulan agustus tgl 19 tagihan cuman 148000,' tapi sekarang tgl 5 bln september tagihan sangat sangat membengkak naik 10x lipat jadi 1.600.000,- kalo pihak pln mencari keuntungan bisa di taikan perumah se indonesia 10000rb aja jngn sampai 10x lipat, kalo sudah gini apa pln bisa memperbaiki nya, maaf dunia sudah tua!!!! kurang kurangin.

    ReplyDelete
  54. seberapa lama tindak lanjut PLN setelah menerima pengaduan dari pelanggan,soalnya sy mengajukan pengaduan jaringan yang kena rumah lantai 2 yang dalam proses pembanguanan sangat mengganggu dan bisa menyebabkan pekerja kena setrum Listrik tegangan 20.000 volt,terhitung dari pengaduan tertulis 15 agustus 2017 sampai sekarang belum terselesaiakan...kepada pihak yang berwenang segera ditindaklanjuti...

    ReplyDelete
  55. Sya berdomisili d kab.Sampang Madura, bbrpa hri trakhir listrik d area Madura mngalami gangguan & d lakukan pmadaman brgilir untk mngurangi beban mlam yakni mulai tgl 23 september 2017,pmadaman d prkirakan maksimal 2 jam,
    Sya mnyesalkan sikap PLN yg sngt tdk adil dlm mlakukan pmadam brgilir ini,knp?d area rmh sya (kelurahan Dalpenang Sampang) sdh 4 hari brturut listrikx d padamkan bhkan hmpir slma 4 jam & smlam bisa 2 kali pmadaman (dari pkl.17.30-21.30 dan pkl 02.00-05.45) sdangkan d kelurahan lain ada yg tdk prnh sama skali d pdamkan,seakan2 PLN hny untk klangan trtentu sja,plyananx krng mnyluruh & adil,
    Sya sngat kcewa hal ini trjadi pdhl Qt jg sma2 byar tp plyananx tdk sma,mhon d tanggapi,,

    ReplyDelete
  56. Slmt subuh pak..saya mau info di jl.pemberdayan1 kampung ketapang dongkal sdh 1 jam mati lampu...tolong di tindak lanjutin segera...krn sangat menggu wkt istirahat kami yg tidak bisa tidur dgn nyeyak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan bapak bisa call langsung saja ke 021-123

      Delete
  57. bapak fajar saya selaku pelanggan pln butuh informasi dan sedikit curhat pada bapak juga minta bantuan solusinya. ceritanya begini pak perumahan tempat tinggal saya kedatangan rombongan p2tl katanya ada pemeriksaan meteran, dan itupun tidak seluruh rumah diperiksa, setelah sampai dirumah saya mereka ngomong meteran bermasalah, ada lem di swit atau dalam meteran,
    dan meteran langsung dicopot dan kita langsung kena pelanggaran.
    setelah saya urus ke pln saya langsung disodori denda Rp 18 juta, setelah saya urus terus, karna saya merasa ngga pernah buka meteran / ngelem meteran dan pemakaian perbulannya juga normal dan tidak ada pelanggaran pencurian. akhirnya dari pihak pln mengakui bahwa petugasnyalah yang telah memberi lem pada meteran tersebut.dan sayapun harus membayar pemasangan meteran kembali Rp.307.000. yang ingin saya tanyakan pada bapak fajar
    1. apakah meteran pulsa tingkat keamanannya tidak baik, disa dibongkar pasang siapa saja seenaknya. karna setahu saya meteran pulsa bila
    bermasalah sedikit akan memunculkan tulisan periksa, dan hanya pihak pln yang bisa membetulkan meteran tersebut dengan token yang hanya dimiliki
    oleh pihak pln. yang intinya mungkin nggak pelanggan melakukan pengeliman swit yang posisinya ada didalam meteran pulsa dan menghidupkan kembali ?
    2. masalah pemasangan meteran kembali saya harus bayar Rp.307000
    yang jadi pertanyaan dan keheranan saya, dari pln mengakui bahwa petugasnya yang bersalah telah melakukan tindakan diluar prosedur kerja dengan mengelem swit tersebut, yang salah orang pln, yang nyopot meteran orang pln terus saya harus bayar untuk pemasangan kembali, sepengetahuan mas fajar apakah itu memang prosedur atau gimana saya minta pencerahanya mas
    Saat ini sebelah rumah saya juga tersandung kasus yang sama mas, dengan denda Rp.7.000.000. karna kasus ini dalam waktu yang sama dan permasalahan yang sama, sedang yang sebelah rumah tetap harus bayar sejumlah itu, terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya ikut prihatin atas apa yang menimpa bapak, sesama pelanggan PLN. Mendengar cerita bapak, saya juga heran dan mempertanyakan hal yang sama.

      Beberapa hari yang lalu meteran di rumah saya diganti oleh petugas PLN dengan meteran yang baru. katanya meteran yang lama sudah tidak bagus. Setelah ganti meteran, saya tidak dikenakan biaya apapun.

      Delete
  58. kok 2 pertanyaan itu belum terjawab ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena saya memang tidak tahu jawabannya, khususnya pertanyaan nomer satu. Saya juga bukan petugas / pegawai PLN. Adapun untuk pertanyaan nomer dua, soal pembayaran pemasangan meteran oleh PLN, sebenarnya saya juga tidak tahu pasti apakah begitu prosedurnya. Tetapi saya punya pengalaman, beberapa hari yang lalu meteran di rumah saya juga diganti oleh petugas PLN, dan saya tidak dikenai biaya apapun saat itu.

      Semoga ada pegawai atau pejabat PLN yang mau menjelaskan di sini.
      Terimakasih atas kunjungannya..

      Delete
  59. selamat siang saya belri Saya ada Keluhan Tentang kelistrikan Di rumah Saya Yg ber alamat Perum MArga laksana Blok E 17 Kelurahan Marga Laksana Kecamatan Salawu Tasik MAlaya Udah Hampir 2 minggu Ini Listrik Selalu Ngejepret Trus Sehari Bisa Sampai 4 kali Udah Sempat Dibenerin Oleh Orang pln Di Daearh tsb Tapi Blom Bisa Kasih kesimpulan Kenapa dan Apa permasalahan Nya Dia Hanya Coba MEncabut Mcb Ny Dan Menyambung KAn Langsung Tanpa Memakai Saklar Mcb TApi Masih Sering Jepret Juga.
    Kira2 harus Gmna Y supaya Bisa Di cek INTALASI NYA Terima Kasih.

    ReplyDelete
  60. permisi. ada yang pernah kena masalah kaya saya tidak.?
    dan boleh saya minta solusinya.

    rumah saya berdekatan dengan tower jaringan seluler.
    dan 1 minggu lalu rumah saya terkena getaran samberan petir.
    dan ada yang meledak dan mati total listrik rumah
    kemudian saya melaporkannya ke PLN
    dan di benarkannya setelah di benarkan listrik rumah tidak stabil dan saya lapor lagi dan masih seperti itu hingga sekarang tidak setabil saya takut elektronik rumah akan rusak. gimna ya solusinga saya sudah 3 kali laporan dan dibenarkan akhirnya ya masih sama aja.

    ReplyDelete
  61. Yth Bpk/ibu
    Mohon bantuannya utk memperhatikan gangguan pemadaman listrik yang sering kami alami. Selang waktu Okt/Nov 2017 telah terjadi 7 kali padam listrik di Jl.Mangga Gg.IV Blok.D Kel.Lagoa Kec.Koja Tg. Priok Jakut. Masalah ini sangat menggangu aktifitas belajar anak2, merusak perabotan elektronik ditambah ada bayi. Saya sering sekali complain ke 021123 setiap kali padam listrik dan hal ini masih terus berlanjut. Mohon masalah ini diselesaikan secara tuntas agar tidak menggangu aktifitas kami. Terima kasih

    ReplyDelete
  62. Token Listrik sy ga bisa masuk, gagal terus, ada yg tau cara cepat komplain, telp 123 ga ada operator dibilang sibuk semua, FB ga dijawab?

    ReplyDelete
  63. Kalo gara2 mati listrik PLN juga rugi besar, harusnya antisipasi lagi supaya kedepannya tidak mati listrik lagi biar gak rugi,
    Kalo misal mati lagi listriknya, entahlah

    ReplyDelete
  64. Ini d daerah nanggewer pasar petani rt 5 rw 1 knpa ri sore sktr jm 6 smpe skrg blm nyala" listrik ny ???? Tlong dong respon ny agak cepat...
    Makasih

    ReplyDelete
  65. Udah 72 tahun indonesia merdeka,tapi kami blum bisa menikmati sepenuhnya kemerdekan itu, pada saat malam gelap gulita,listrik yg ada tak melebihi kunang-kunang disiang hari tv tak bernyawa, andai ada tv baterai, lebih layak daripada tegangan listrik yg ada. Dimana kata PLN...? PLN UNTUK KEHIDUPAN

    ReplyDelete
  66. Kalau saya mau melaporkan tagihan listrik di apartemen yg saya tinggali kami semua merasa tagihan kami sangat ajaib. Kami tempati sebulan penuh atau bahkan cuma seminggu tagihan listriknya sama saja.

    ReplyDelete
  67. mcb saya hilang terus saya lapor call center 123 di agst 2017.trs petugas datang cek ke lokasi dan 4 hari kemudian petugas yg cek ke lokasi itu mengganti MCB n kami disuruh byr biaya MCB 10 ampere = 250.000 & kertas pelaporan saya yg asli diambil petugas..
    eh di januari 2018 saya dapat telp dari kantor PLN yg menyatakan pelaporan atas MCB saya yg hilang & saya infokan sdh diganti petugas di agst kemarin..
    terakhir sekarang meteran saya diblokir..apa ada kesalahan kami sehingga meteran diblokir?

    ReplyDelete
  68. saya mau tanya, kalau ganti meteran listrik yg error/rusak ada biayanya ya?

    ReplyDelete
  69. Semua pada mengeluh disin, emangnya hasilnya apa? Ada solusi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali. Karena seperti yang sudah saya tulis di artikel, blog ini bukan milik PLN, kami hanya memberitahukan jika anda ingin komplain ke PLN, silahkan hubungi nomer kontak PLN yang telah kami sebutkan di artikel.

      Delete
  70. Selamat siang, saya sebagai warga sangat mengeluhkan sekali yg sering terjadi pemadaman listrik di daerah kami.bahkan kami juga sering melaporkan perihal ini ke pengaduan Contact pln 123 tapi tetap masih sering terjadi lagi pemadaman listrik di daerah kami dan memang benar daerah kami berada di tengah-tengah lingkungan pabrik. Apa mungkin karena daerah kami berada di lingkungan kawasan pabrik? Yg bisa terjadi pemadaman sewaktu2 karena terindikasi pemasangan instalasi di pabrik tersebut!!! Dan kami sebagai warga minta solusinya untuk tidak sering terjadi pemadaman listrik yg sering terjadi di daerah kami. Tepatnya di jln.prepedan dalam RT.008/09 no.68 kel.kamal kec.kalideres patokan dekat dengan Gg.condet. terimakasih

    ReplyDelete
  71. lapor bos, listrik di wilayah kec salaweu desa margalaksana rt. 14 /003 tidak stabil

    ReplyDelete
  72. saya mau tanya pak mengenai pemasangan kembali meteran....
    masalahnya meteran pernah di cabut krn nunggak 2 bln terus aliran listrik di putus dan meteran dicabut setelah 2 hari kemudian di lakukan pembayaran sesuai tagihan tetapi pas mau pasang lg meteran petugas minta dibayar 800 rb utk biaya pemasangan kembali meterannya...apa begitu peraturannya...saya mohon penjelasannya terima kasih

    ReplyDelete
  73. saya ada kendala waktu beli token listrik salah di token yang lama padahal maksud kami mau beli untuk meteran yg di rumah baru mohon solusinya.... apakah bisa minta di tukar.... trimakasih

    ReplyDelete
  74. Telat bayar langsung dipadamkan, kejam sekali petugas PLN, pdahal dlu prnah telat bayar saya langsung bayar 2 bulan,
    Hari ini telat bayar rumah gelap, ibu saya yg sudah tua sampai jatuh dikamar mandi,
    Ga adakah rasa kemanusiaan, dari petugas PLN,
    Masyarakat sdh trbiasa mnggunakan listrik, tolong lbih berperikemanusiaan,
    Ga pancasialis banget petugas PLN nya

    ReplyDelete
  75. Mau nanya agan2 semua
    Setelah denah lokasi rumah kita dipasang meteran berapa lama kah realisasinya
    Trus apakah pihak pln menghubungi kita jika persyaratan tidak memenuhi
    Trimakasih agan2

    ReplyDelete
  76. Petugas PLN kok nggak punya sopan santun. Tolong ya pihak terkait ditindak lanjuti. Saya memang terlambat dan itu benar2 lupa. Nggak ada surat pemberitahuan ato apapun kok tahu2 mau diputus. Begitu saya bayar di Indomaret dan saya belum sampai rumah sudah main pergi aja. Apakah itu memang sistem kerjanya orang2 PLN???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tolong semua pegawai PLN itu dibelajarin etika yang bagus. Jangan seperti preman. Klo mau main seperti preman jangan pengecut dong, masa saya belum sampai rumah sudah pada kabur nggak pamit. Cuma gertakannya aja Ama main keroyokan itu petugas2 PLN sekarang

      Delete
  77. Bagaimana ya cara memperbaiki digit meteran yg rusak?

    ReplyDelete
  78. Semenjak ganti kabel dr tetangga rumah listrik dirumah sy jd ga kuat, kenapa ya?

    ReplyDelete
  79. Selamat malam.... Maaf.... Saya baru pasang listrik pulsa beberapa bulan.. 900....penggunaan belum bnyak tpi listrik cepat habis... Dan sering sekali mati dngan tulisan teganggan lebih...sehari bahkan bisa mati smpai 10x... Saya sudah mengajukan keluhan sama yg pasang tpi tdk di tindak lanjuti... Bingung mau komplen sama siapa.... Atas nama ahmad yusuf... Rt5 rw 1 desa kemligi.. Wonotunggal batang.

    ReplyDelete
  80. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  81. Listrik tuh jgn selalu di padamkan di daerah rambang selalu di padamkan ada apa listrik kmi bayar jdi tolong

    ReplyDelete
  82. Halo, saya joan Hooks, yang kini tinggal di bandar Texas, Amerika Syarikat. Saya janda pada masa ini dengan Empat kanak-kanak dan saya terjebak dalam keadaan kewangan pada bulan Mei 2014 dan saya perlu membiayai semula dan membayar bil saya. Saya cuba mencari pinjaman dari pelbagai firma pinjaman baik swasta dan korporat tetapi tidak pernah berjaya, dan kebanyakan bank menolak kredit saya. Tetapi seperti yang Tuhan miliki, saya telah diperkenalkan kepada seorang wanita Tuhan pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberi saya pinjaman sebanyak 850,000USD dan hari ini adalah pemilik perniagaan dan anak-anak saya melakukan yang baik pada masa ini, jika anda perlu menghubungi mana-mana firma dengan rujukan untuk mendapatkan pinjaman tanpa cagaran, tiada pemeriksaan kredit, tiada penanda bersama dengan kadar faedah hanya 3% dan pelan dan jadual pembayaran yang lebih baik, sila hubungi Encik frank Queen (frankqueens64@gmail.com atau whatsapp +2349057770649). Dia tidak tahu bahawa saya melakukan ini tetapi saya sangat gembira sekarang dan saya membuat keputusan untuk memberitahu orang lain mengenai dia dan saya juga mahu Tuhan memberkati dia lebih banyak. Anda boleh menghubunginya melalui e-melnya: frankqueens64@gmail.com atau whatsapp +2349057770649

    ReplyDelete
  83. untuk membangun Indonesia bersih mohon tidak memberikan Tips kepada petugas kami, itu bahasa yang di ucapkan oleh layanan pengaduan PLN 123, tapi pengaduan saya sudah 24 jam tidak dilayani jg, hadeeeeh.... SAUR SAUR SAUR PARA PETUGAS PLN, jangan tidur aja

    ReplyDelete
  84. Ini akun milik pengaduan p
    PLN atau bukan? Kok saya baca keseluruhan sprti pihak pln

    ReplyDelete
  85. Gmn kok hampir setiap hari ada padaman listrik didaerah desa sumedangan kecamatan pademawu kabupaten pamekasan, ini bisa bisa berabe elektronik nantinya

    ReplyDelete
  86. Pln keterlaluan sudah 6 bulan ini taglis yg saya bayar tidak sesuai misal taglis baru 98354 di struck bayaran sudah sampai 99076, ini terjadi sudah 6 bulan terakhir, sudah 3 kali laporan ke operator 123 diberi nomer pengaduan tapi ternyata tidak Ada tindak lanjut, satu2 nya bumn yg gag Ada saingan jadi semena2 kemana saya harus ngadu, semua bumbu skrg sudah Ada pesaingnya begini kalo bumn gag Ada saingan semena2 kinerja nya nol

    ReplyDelete
  87. Sangat kecewa saya komplen dari jam 12 siang sampe jam 12 malam tidak ada tindak lanjut nya .
    Tolong hargai kami selain ke 123 kemana saya komplen

    ReplyDelete
  88. Pelayanan pasang baru,,, bertele tele kode pembayaran 5511012066038
    Sampai hari ini belum dipasang , padahal rumahnya sdh jadi,,?

    ReplyDelete
  89. Mau tanya pak,
    Tagihan listrik saya sudah 3 bulan tidak bisa di bayar karena katanya
    "tagihan belum tersedia"
    Akankah saya di anggap bersalah karena tidak membayar tagihan ???
    Padahal saya sudah coba bayar ke kntor pos tiap bulan.
    -Siapa yg seharusnya bertanggung jawab atas hal tersebut???
    Lebih2 jika kelak tagihan yang menumpuk tersebut jadi membengkak ???

    Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  90. Kenapa rumah saya lebih sering mati lampu,dan matinya gak rata. Tapi lebih sering rumah saya. Daerah Jatibening. Sangat mengecewakan sekali!! !!

    ReplyDelete
  91. Saya pelanggan PLN dengan nomor 14220994652
    KWH saya mengalami masalah sering mati sendiri tapi tidak begitu lama nyala lagi. Tapi pernah sekali [masih di bulan juli] mati dan tidak nyala kemudian saya telp ke 123 ..pelayanan saya rasa cukup cepat[kurang lebih 1 jam] petugas sudah sampai ke rumah saya. Keluhan saya.sudah saya sampaikan dan di perbaiki oleh mereka. Tapi beberapa hari ini keadaan itu terulang kembali walaupun listrik kembali nyala. Yang ingin saya keluhkan adalah saat saya melaporkan pengaduan pertama apakah ada tindak lanjut untuk menganalisa kenapa kwh saya sering mati, karena saya khawatir keadaan tersebut tidak normal, saya khawatir terjadi hal2 yang tidak di inginkan contohnya kebakaran.apakah kwh saya mengalami kerusakan, karena saat pemasangan yang saya tau petugasnya bukan org PLN tp vendor, apakah kwh sy sdh sesuai standar PLN, mohon penjelasannya , terima kasih

    ReplyDelete
  92. Pelayanan PLN Sangat Buruk..rumahbsaya sangat sering mati lampu dan hanya 2 rumah saja yg mati (rumah saya dan tetangga sebelah kiri saya) kejadian ini berulang2 dan setiap kali mati lampu saya selalu tanyakan ke 123, setelah 2jam lampu hidup kembali, akan tetapi saya tidak pernah di informasikan penyebabnya.
    Tolong di perhatikan

    ReplyDelete
  93. Saya mau tanya kenapa di daerah saya tepatnya di jln harun, kebayoran lama jakarta selatan "HAMPIR SETIAP MALAM" antara pukul 00.00 - 02.00 selalu terjadi PEMADAMAN LISTRIK dan DALAM HITUNGAN DETIK LISTRIK KEMBALI MENYALA. Kalau PLN selalu melakukan ini, akibatnya akan berdampak ke "RUSAKNYA BARANG ELEKTRONIK"!!!!!!!
    Kalau mau padamkan silahkan saja 1 atau 2 jam gak jadi masalah, asalkan jgn seperti yg sering terjadi hampir setiap malam ini ( padam lalu nyala lg dalam hitungan detik ).
    Tolong masalah ini jgn di ulang lg. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga keluhan bapak dibaca oleh PLN dan segera mendapat tanggapan.

      Delete
  94. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  95. Saya anak kos’an mau mengeluh soal listrik kamar perbulan ga wajar. Masa 1 bulan bisa 1 juta’an pdhal kamar sya kecil cuma pake ac 1/2 pk dan tv. Itu pun ac saya cuma pake pas mlm doang wktu mau tidur. Kira” itu kenapa ya? Ad yg tau?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah coba tanya ibu kos nya? apakah kamar yang lain juga sama?

      Delete
    2. @ fajar putuadi, kilometer sya slalu ada tulisan PERIKSA kira" knp ya? Sya udh telpn ke 123 tp teknisi tidak Ada yg datang k rumah hnya telpn dan kasih kasih kode sja tp ttp saja tulisan PERIKSA msh sring muncul,,

      Delete
  96. Di wilayah Gresik layanan antri tolong cepat layanan kalo lama tambah bosen

    ReplyDelete
  97. Meteran terus muncul kata PERIKSA,,,pulsanya tidak bisa di isi,,,padahal meterannya sudah bunyi-bunyi...

    ReplyDelete
  98. Nph si klo veli vocer listrik potongan nya besar sekali kan saya bilah nya ful. Contoh saya beli vocer yg. 50 ko dapet nya cuma 39000rbu tolong di jelasan

    ReplyDelete
  99. Selamat malam pak,
    Daerah rumah saya, Kel.Lubang buaya, Kec.Cipayung khusus nya RT01/10, kenapa listrik mati terus. Udah seminggu sehari bisa mati sampai 3 kali gimna pak!! Tolong diperhatikan !!!

    ReplyDelete
  100. kenapa mati lampu lagi...
    bapak bapak yg terhormat...
    kami butuh istirahat...
    jgn iuran aja yg naek....
    pikirkan juga kenyamanan kami...
    kami juga bayar iuran ga pernah telat...

    ReplyDelete
  101. pln terhormat tolong donk tadi udah mati lampu 3 jam sekarang mati lagi!!!! gimana pelayanannya tidak sesuai dengan mahalnya listrik yang harus dibayar!!!!!

    ReplyDelete
  102. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf, kami terpaksa menghapus komentar anda karena anda anonim, tetapi menunjuk nama orang tanpa sensor..

      Delete
  103. saya sangat kecewa dgan playanan ptugas pln bogor skrg..saya lupa bayar tagihan bulan agustus 2018..akhirnya saya putuskan untuk bayar bulan sptember untuk 2 bulan..masa baru tggal 19 sptember sudah ad ptugas yg bysa mncatat tgihan dtg krmah mau mncabut listrik saya ketika saya tanya surat tugasnya dy blg sudah sore jadi blm smpat ambil jadi saya ijinnkan untuk mncabut lstrik saya...pdahal paling telat aja tgal 20 bayarnya...bulan" sblmnya jga sprti itu..apa emg skrg pln telat sprti baru 2 bulan lgsg cabut.karena sudah sangat meresahkan...mohon pnjelasannya

    ReplyDelete
  104. maaf sebelumnya. mohon tindakannya. saya sudah melapot ke kantor PLN makassar. tentang penyegelan. kaya paling lambat sore terlarang/ sudah nyala. tapi buktunya sampe sekarang tidak terpasang tolong mana tindakannya.

    ReplyDelete
  105. Tolong dong dibantu. Telah terjadi kesalahan catat meter & perhitungan rek listik di rumah saya. Saya dri Lahat, Kab/Kec. Lahat Sum-Sel

    ReplyDelete
  106. Daya saya 1300 kenapa di meteran nya cuma 4 Amper , sedangkan abudemen nya beda jauh .. rugi saya .. harus nya MCB saya 6 Amper ..

    ReplyDelete
  107. Siang pak....saya ingin cerita sedikit disini tentang keluhan saya dengan pelayanan PLN.
    Sy pemohon baru untuk wilayah depok jawabarat dengan sudah melakukan pembayaran registrasi dan pengurusan SLO sejak bulan agustus.....namun hingga saat ini belum ada tim dari PLN yanh datang atau meng hub untuk pemasangan listrik di rmh saya.
    Setiap hari saya selalu rajin meng hub 123 untuk menanyakan status pengajuan saya tersebut, tapi selalu di perintahkan untuk menunggu dengan alasan sedang menunggu material nya.
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat siang.. barangkali memang sedang kehabisan material. Mudah - mudahan keluhan bapak dibaca dan segera ditanggapi pihak PLN.






      pln

      Delete
  108. Tolong solusinya listrik saya padam dan keluar tulisan PERIKSA

    ReplyDelete

Post a Comment

Jika komentar anda / jawaban komentar tidak muncul, klik tulisan "loading" atau tulisan "load more" sampai komentar anda muncul. Atau silahkan bertanya lewat "Kontak Kami"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sponsored By

Kontak Kami

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Cara Mengasah Gergaji Potong yang Benar

Cara dan Persyaratan Mengurus Pernikahan dan Surat Nikah di KUA Dilengkapi Gambar Alurnya

CARA CAT MELAMIN DAUN PINTU

Cara Mendaftar Sebagai Pasien di Puskesmas

Cara dan Syarat Mengurus Perubahan Data Kepesertaan BPJS Kesehatan

Cara Bertahan Hidup Dengan Gaji Pas-pasan 1 (satu) Juta Saja

Cara Mudah Mengecat Rak dari Kayu dan Triplek Untuk Pemula