Cara Mudah Pengaduan dan Keluhan Pelanggan Listrik PLN
Kemajuan teknologi informasi membuat segala sesuatunya lebih mudah. Jika teknlogi ini digunakan untuk sesuatu yang bermanfaat, tentu akan membantu masyarakat banyak. Salah satu kemudahan yang bisa kita rasakan adalah soal pengaduan listrik PLN.
PT PLN (Persero) membuka beberapa alternatif bagi masyarakat untuk menyampaikan keluhan dan mengakses layanan . Beberapa contact center tersebut antara lain :
Melalui Telepon dan Ponsel
Telepon PSTN : tekan 123 (tarif lokal)
Ponsel : tekan kode area, misalnya 021 kemudian tekan 123 (tarif provider)
Ada tiga layanan informasi yang tersedia setelah anda menekan 123 :
PT PLN (Persero) membuka beberapa alternatif bagi masyarakat untuk menyampaikan keluhan dan mengakses layanan . Beberapa contact center tersebut antara lain :
Melalui Telepon dan Ponsel
Telepon PSTN : tekan 123 (tarif lokal)
Ponsel : tekan kode area, misalnya 021 kemudian tekan 123 (tarif provider)
Ada tiga layanan informasi yang tersedia setelah anda menekan 123 :
- Tekan 1 : Layanan informasi tagihan listrik
- Tekan 2 : Layanan pengaduan gangguan dan keluhan pelanggan
- Tekan 3 : Layanan penyambungan baru, perubahan daya, penyambungan sementara dan layanan lainnya.
Melalui Email : pin123@pln.co.id
Pelanggan dapat mengakses layanan pengajuan penyambungan baru, perubahan daya, penyambungan sementara, informasi pelanggan, keluhan dan pengaduan pelanggan.
Melalui SMS (Pesan Singkat)
Ketik : INFO , kirimke 0838 8888 123
Melalui sms, pelanggan bisa mendapatkan layanan transaksi, gangguan dan keluhan.
Melalui Facebook lewat akun : PLN123
Melalui facebook, pelanggan bisa melakukan pengajuan penyambungan baru, perubahan daya, penyambungan sementara, informasi pelanggan, keluhan dan pengaduan pelanggan.
Melalui Twitter akun : @pln_123
Melalui twitter, pelanggan bisa mengakses informasi mengenai pengajuan penyambungan baru, perubahan daya, penyambungan sementara, informasi pelanggan, keluhan dan pengaduan pelanggan.
Pengaduan kenaikan tarif karena pencabutan subsidi pelanggan PLN 900VA
Dengan dicabutnya subsidi untuk pelanggan PLN 900VA, maka terjadilah kenaikan tarif yang dirasakan memberatkan oleh sebagian warga masyarakat.
Jika anda merasa bahwa anda layak dapat subsidi, maka jalan yang bisa anda tempuh adalah melakukan pengaduan kepada pemerintah.
Pengaduan kenaikan tarif karena pencabutan subsidi pelanggan PLN 900VA
Dengan dicabutnya subsidi untuk pelanggan PLN 900VA, maka terjadilah kenaikan tarif yang dirasakan memberatkan oleh sebagian warga masyarakat.
Jika anda merasa bahwa anda layak dapat subsidi, maka jalan yang bisa anda tempuh adalah melakukan pengaduan kepada pemerintah.
- Pengaduan disampaikan ke kantor desa atau kelurahan setempat.
- Anda mengisi formulir pengaduan yang disediakan oleh kelurahan.
- Perangkat desa /kelurahan akan meneruskannya ke tingkat kecamatan.
- Kecamatan secara online akan meneruskan ke Posko Pengaduan Pusat.
- Selengkapnya bisa anda lihat di http://subsidi.djk.esdm.go.id/
Menyikapi kenaikan tarif ini, kami juga sedikit mengulasnya di "Mencoba Bijak Menyikapi Kenaikan Tarif Dasar Listrik Rumah Tangga 900 VA"
Pengalaman kami menggunakan layanan listrik PLN di 123
Kemarin ketika kami hendak mengajukan permohonan tambah daya dari 900w menjadi 1300w, kami menghubungi 0274-123. Di ujung telepon kami disambut oleh petugas yang ramah, rasanya seperti ketika anda mengecek pulsa telepon seluler.
"Selamat datang di layanan bla bla bla..."
Lalu seperti yang tertulis di atas, kami diberikan 3 jenis layanan, tekan1,2 , dan 3. Karena kami akan menambah daya, kami menekan 3. Setelah itu petugas menjelaskan beberapa persyaratan yang dibutuhkan dan juga biayanya.
Kemudian petugas PLN akan mendatangi alamat kami paling lambat 5 hari kerja setelah kami telepon. Kami juga diingatkan bahwa petugas PLN yang akan datang tidak meminta ongkos apapun atas jasanya. Kami cukup membayar biaya yang dijelaskan lewat telepon tadi.
"Selamat datang di layanan bla bla bla..."
Lalu seperti yang tertulis di atas, kami diberikan 3 jenis layanan, tekan1,2 , dan 3. Karena kami akan menambah daya, kami menekan 3. Setelah itu petugas menjelaskan beberapa persyaratan yang dibutuhkan dan juga biayanya.
Kemudian petugas PLN akan mendatangi alamat kami paling lambat 5 hari kerja setelah kami telepon. Kami juga diingatkan bahwa petugas PLN yang akan datang tidak meminta ongkos apapun atas jasanya. Kami cukup membayar biaya yang dijelaskan lewat telepon tadi.
Petugas PLN "OTW" |
Bagaimana mudahkan? Demikian cara mudah pengaduan dan keluhan pelanggan PLN.
Keluhan Pemadaman Listrik PLN
Salah satu yang sering dikeluhkan pelanggan adalah seringnya pemadaman listrik oleh PLN. Ada beberapa penyebab mengapa pemadaman sering terjadi.
Guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Jaringan distribusi PLN telah dilengkapi peralatan proteksi PLN berupa lighting arrester, pemutus,recloser serta pembumian yang andal. Dengan peralatan yang ada maka kondisi gangguan akan terdeteksi dan diatasi dengan cepat.
Mencegah Modus Penipuan Oknum Mengaku Petugas PLN
Menyikapi beberapa aduan akan adanya oknum yang mengaku petugas PLN, entah itu sales alat penghemat listrik atau apalah, maka hendaknya anda mengenali ciri- ciri petugas PLN resmi berikut ini :
Sumber :
Koran Tribun Jogja , Rabu 20 Maret
http://www.pln.co.id/lampung/?p=3408
Tarif PLN terbaru April - Juni 2017
Untuk keluhan pelanggan PLN, silahkan langsung hubungi Call (kode area)123 atau saluran keluhan pelanggan PLN lainnya yang telah kami tulis di atas.
Cara Mendapatkan Token Listrik Prabayar Gratis (Covid 19)
Blog ini hanya membagikan informasi saja, dan tidak melayani keluhan pelanggan PLN. Komentar dan keluhan dari pengunjung blog bukan tanggung jawab kami.
Terimakasih telah berkunjung..
Keluhan Pemadaman Listrik PLN
Salah satu yang sering dikeluhkan pelanggan adalah seringnya pemadaman listrik oleh PLN. Ada beberapa penyebab mengapa pemadaman sering terjadi.
- Penambahan peralatan jaringan.
- Pemeliharaan Preventif (Preventive Maintenence) pembangkit, penggantian kabel konduktor (rekonduktoring) transmisi 150 KV, jaringan dan gardu yang sudah dijadwalkan sebelumnya dengan tujuan justru untuk menjaga keandalan agar tidak terjadi kerusakan yang lebih fatal.
- Terganggunya suatu unit pembangkit : gangguan pada sistem pelumasan, sistem pendingin, generator, boiler pemanas air menjadi uap.
- Terganggunya jaringan / transmisi listrik : Saluran Udara Tegangan Tinggi 150 kV tersambar petir, terkena pohon roboh, tanah longsor, trafo meledak dan lain-lain
- Terganggunya instalasi pelanggan karena hubung singkat, kerusakan alat-alat listrik yang dipakai atau beban lebih besar dari daya tersambung
Guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Jaringan distribusi PLN telah dilengkapi peralatan proteksi PLN berupa lighting arrester, pemutus,recloser serta pembumian yang andal. Dengan peralatan yang ada maka kondisi gangguan akan terdeteksi dan diatasi dengan cepat.
Mencegah Modus Penipuan Oknum Mengaku Petugas PLN
Menyikapi beberapa aduan akan adanya oknum yang mengaku petugas PLN, entah itu sales alat penghemat listrik atau apalah, maka hendaknya anda mengenali ciri- ciri petugas PLN resmi berikut ini :
- Setiap petugas PLN yang datang ke rumah dilengkapi dengan tanda pengenal, seragam resmi, surat tugas dan berkendaraan dinas.
- Tidak ada transaksi keuangan di tempat.
- PLN menerbitkan nomor registrasi untuk dibayar di bank atau payment point online bank (PPOB)
- Setiap transaksi ada kode khusus untuk keabsahan transaksi perbankan.
(http://jogja.tribunnews.com/epaper/index.php?hal=4)
Maka anda sebaiknya berhati - hati.
Sumber :
Koran Tribun Jogja , Rabu 20 Maret
http://www.pln.co.id/lampung/?p=3408
Tarif PLN terbaru April - Juni 2017
Tarif Listrik PLN April- Juni 2017 pln.co.id |
Cara Mendapatkan Token Listrik Prabayar Gratis (Covid 19)
- Mengirimkan ID pelanggan ke WA dengan nomor 08122-123-123. Buka WA, chat nomor tersebut, ikuti petunjuk salah satunya memasukkan nomor ID pelanggan.
- Atau bisa juga melalui website www.pln.co.id . Setelah masuk ke website, masuk ke menu pelanggan langsung menuju ke pilihan stimulus covid 19. Setelah itu masukkan nomor ID pelanggan anda.
- Setelah anda melakukan salah satu dari 2 cara di atas anda akan mendapatkan Token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir bagi pelanggan 450 VA. Sedangkan pelanggan 900VA subsidi akan mendapatkan token senilai 50% dari pemakaian tertinggi selama 3 bulan terakhir.
- Selamat mencoba.
Blog ini hanya membagikan informasi saja, dan tidak melayani keluhan pelanggan PLN. Komentar dan keluhan dari pengunjung blog bukan tanggung jawab kami.
Terimakasih telah berkunjung..
This comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDeletejika berkenan, bisa anda ceritakan pengalaman anda tentang pelayanan pln yang tidak memuaskan tersebut...
Deletekeluhan dan aduan pelayanan pln bisa langsung telp ke (kode telp kota anda)123 contoh jogja 0274 123
DeleteThis comment has been removed by a blog administrator.
Deleteapakah ibu pengguna lisrik golongan 900 va? Jika ibu pengguna golongan tersebut, memang sedang terjadi kenaikan secara bertahap sejak januari sampai juli ini, dan naiknya secara keseluruhan lebih dari 100% (2 kali lipat lebih).
DeleteUntuk pelanggan yang keberatan dengan kenaikan tarif tersebut, bisa melakukan pengaduan kepada pemerintah dengan cara :
-Pengaduan disampaikan ke kantor desa atau kelurahan setempat.
-Anda mengisi formulir pengaduan yang disediakan oleh kelurahan.
-Perangkat desa /kelurahan akan meneruskannya ke tingkat kecamatan.
-Kecamatan secara online akan meneruskan ke Posko Pengaduan Pusat.
-Selengkapnya bisa anda lihat di http://subsidi.djk.esdm.go.id/
This comment has been removed by a blog administrator.
Deletepak saya mau bertanya ,, kenapa ya keluarga saya kalau pembayaran itu selalu mahal sekali tetangga saya sama 900 tapi dia selalu murah padahal pemakaian sama kenapa ya pak bisa bgtu ..
DeleteThis comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDeleteThis comment has been removed by a blog administrator.
Deletesemoga cepat mendapat tanggapan PLN..
DeleteThis comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDeletememang begitu pak/bu... kemarin saya saja sampai 2 minggu. Mungkin antriannya panjang,dan petugas lapangan terbatas jumlahnya.
DeleteGak bener tuh alasan apa kaya gitu,PLN loh,bukan perusahan kecil !!!!
DeleteSatu hal yg gak suka sama PLN rakyat di paksa harus pakai meteran 1300 untuk pemasangan baru,kalo mampunya yg 450? Apakah itu pemaksaan..belum lagi pemasangannya lambat makan waktu 1bulan,hadeuhhhhh
Berapa kisaran biaya untuk menggeser tiang listrik beton 9 meter per buah ? terimakasih
ReplyDeleteThis comment has been removed by a blog administrator.
DeleteMohon infonya bagi yang pernah : MENGGESER TIANG LISTRIK BETON TINGGI 9 METER, hrus bayar berapa?
ReplyDeletetrimakasih
3jt
Deleteterimakasih informasinya...
DeleteSaya memang telat 2 bulan pembayaran pas ketika di bayar mcb sudah di cabut di meteranya sehingga kita tidak bisa pake listrik kemana ya oengaduanya agar segera di oasang kembali.
DeleteThis comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDeleteApakah ada format khusus untuk pengaduan lewat SMS?
ReplyDeleteApakah kita bisa cek data kita menggunakan aplikasi android?
coba dengan format seperti yang saya sebutkan di artikel, INFO[spasi](isi Keluhan) kirim ke 0838 8888 123
Deleteuntuk aplikasi, coba deh ke https://play.google.com/store/apps/details?id=com.icon.pln123&hl=en , tapi melihat testimoninya, kayaknya kurang memuaskan, saya juga belum coba.
Kenapa daerah rumah saya selalu mati ya? Untuk sms keluhan pun tidak di gagas sama skli!! Sngt tdk memuaskan
ReplyDeleteSaya sangat kecewa kenapa daerah rumah wirosaban jogja selalu di putus aliran listriknya dengan seenaknya!!! Dan selalu berlangsung lama! Sebenarnya ada apa sih?!!!!!!!!!
ReplyDeleteSaya mengerti perasaan ibu, karena saya juga termasuk warga yang kecewa dengan pemadaman listrik PLN yang sering. Akan tetapi agar adil, sebaiknya kita juga sedikit memahami, bahwa PLN tidak memadamkan dengan seenaknya, karena ketika pemadaman terjadi,PLN juga rugi besar.
DeleteAda beberapa penyebab terjadinya pemadaman,
1.Penambahan peralatan jaringan.
2. Pemeliharaan Preventif (Preventive Maintenence) pembangkit, penggantian kabel konduktor (rekonduktoring) transmisi 150 KV, jaringan dan gardu yang sudah dijadwalkan sebelumnya dengan tujuan justru untuk menjaga keandalan agar tidak terjadi kerusakan yang lebih fatal.
3.Terganggunya suatu unit pembangkit : gangguan pada sistem pelumasan, sistem pendingin, generator, boiler pemanas air menjadi uap.
4.Terganggunya jaringan / transmisi listrik : Saluran Udara Tegangan Tinggi 150 kV tersambar petir, terkena pohon roboh, tanah longsor, trafo meledak dan lain-lain
5.Terganggunya instalasi pelanggan karena hubung singkat, kerusakan alat-alat listrik yang dipakai atau beban lebih besar dari daya tersambung
Guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Jaringan distribusi PLN telah dilengkapi peralatan proteksi PLN berupa lighting arrester, pemutus,recloser serta pembumian yang andal. Dengan peralatan yang ada maka kondisi gangguan akan terdeteksi dan diatasi dengan cepat.
SAYA PELANGGAN PLN DI KUPANG NTT KECEWA,KRN SETIAP HARI PADAM BISA 2 SD 4 KALI PADAM TIAP HARI.KALAU BARANG ELEKTRONIK KITA RUSAK PLN MAU GANTI RUGI TIDAK,DAN BAGAIMANA CARA KLEMNYA KE PLN SUPAYA BISA DI GANTI.
ReplyDeletetrus padam
ReplyDeleteloading
ReplyDeleteselama 15 tahun perumahan bahagia permai dan bumi puskopad jakarta sampurna bekasi barat yang listriknya berada diwilayah PLN PONDOK KOPI belum pernah ada pemeriksaan didalam bok meteran listrik maupun kabel milik pln, untuk mencegah terjadinya KONSLETING dan KEBAKARAN,mohon diperiksa terima kasih
DeleteThis comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDeleteNah sekarang ibu geser meter lapor ke pln setempat.dari pln itu SPK gesmet(geser meter) tidak menyediakan penambahan kabel adapun untuk gesmet jarak yang bisa di pasang itu antara semeter sampai dua meter itu jg harus di dpn rumah. Ada pun penambahan kabel mungkin ibu gesr nya ke jahuan
DeleteThis comment has been removed by the author.
DeleteThis comment has been removed by a blog administrator.
DeleteThis comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
DeleteTerjadi pemadaman listrik pln diperumahan harapan mulya bekasi dan sekitarnya dari jam 3 sore hingga saat ini belum menyala dan tidak diketahui kenapa, mohon tindak lanjut nya
ReplyDeletesilahkan kontak pln call ke (kode area)123
DeleteTerjadi kekongsletan listrik dirumah saya jln patriot kepuh kembeng ;bisa tolong membantu apa masalahnya?
ReplyDeletesilahkan langsung melapor ke (02xx)123 no aduan pln
DeleteMati lampu tidak tepat pada waktunya di saat mau mnjalankan ibadah sholat magrib , ini sungguh mngecewakan pelanggan khususnya di lampung kab pringsewu tgl 28-02-2017 pkul 18:40 , mohon kejadian tidak terulang lebih baik mati lampu di siang hari ini lebih relefan buat pengguna listrik ,,,
ReplyDeleteada banyak penyebab kenapa mati lampu/ padam listrik seperti telah dijelaskan di artikel. mudah - mudahan PLN bisa lebih baik lagi dalam melayani masyarakat.
DeleteKenapa listriknya ngak nyala nyala dari tadi siang udh di mati'in 2 kali sekarang malah di mati'in lagi bikin ngk nyaman aja
ReplyDeleteSeharusnya ada pemberitahuan jika akan ada pemadaman, kecuali jika penyebabnya faktor alam/ada bencana.
DeleteBanyak faktor penyebab pemadaman listrik mendadak, seperti: kabel tegangan tinggi putus, kebakaran rumah penduduk, trafo meledak, hingga kelakuan warga yang iseng
DeleteKenapa sering sekali mati lampu sesaat (kadang tdk sampai 1 menit nyala kembali) pada tengah malam. Bisa dlm hitungan hari. Pelanggan bayarnya jadi mahal krn semua peralatan yg pakai listrik hrs up dari awal lagi begitu listrik nyala. Apakah ini kerjaan oknum? Kejadian seringkali tengah malam. Daerah kebagusan.
ReplyDeleteSekarang sedang musim hujan yang kadang disertai angin kencang. Mungkin ada gangguan akibat cuaca, dan ini memang sering terjadi. Banyak faktor penyebab pemadaman listrik mendadak, seperti: kabel tegangan tinggi putus, kebakaran rumah penduduk, trafo meledak, hingga kelakuan warga yang iseng.
DeleteLebih pastinya anda bisa tanyakan ke hot line PLN
021-123
Aku udh telfon aduan klo listrik sering naik turun lalu dri pihak pln dikasih no berupa angka dan huruf, klo boleh tau itu fungsinya untuk apa yah?
ReplyDeletekode dan nomernya seperti apa kalau boleh tahu? atau anda bisa kirim kode nya ke "kontak blog kami" yang ada di paling bawah , untuk privasi.
DeleteKira2 akhir tahun lalu, petugas PLN datang ke rumah dan memberitahukan bahwa gardu listrik didepan rumah saya akan di cabut, dan minta ijin untuk pemasangan gardu baru yg lebih besar, dan dlm 2 Minggu sudah terpasang gardu baru yg lebih besar, jadi depan rumah saya ada 2 gardu, saya tanyain kpn gardu yg lama akan di cabut, petugas menjawab secepatnya.. tp kenyataanya dah 4bl lebih belum d cabut.. gmnnnn nihh PLN...
ReplyDeleteMudah - mudahan PLN segera menindaklanjuti keluhan anda. Mungkin anda perlu mencoba tanyakan lagi ke Hot line PLN call ke (kode area)123
DeleteHari ini mau daftar pln untuk warung kecil mosok ya jualan kopi ae disuruh daftar siup npwp ribett pelayanan yg sangat meribetkan
ReplyDeleteribet juga ya... apa gak mendaftar sebagai konsumen rumah tangga saja ?
DeleteThis comment has been removed by the author.
DeleteKenapa listrik yang pakai pulsa yang 50 ribu sekarang jadi 30 ribu dan yang 100 ribu jadi 80 ribu ini sangat mengecewakan padahal dulu yang 50 ribu itu 80 ribu penggunaan listrik padahal biasa aza tapi kenapa bisa boros banget yah
DeleteSemua juga kecewa dengan kenaikan listrik akhir - akhir ini. Mengapa tidak gaji para pejabat saja yang dipotong 10% untuk subsidi listrik... ?
DeleteHari ini mau daftar pln untuk warung kecil mosok ya jualan kopi ae disuruh daftar siup npwp ribett pelayanan yg sangat meribetkan
ReplyDeletesaya sngat sesalka biaya listrik sekarang,rasa bner2 tercekik!
ReplyDeletemasa kemarin2 buyar listrik cuma 110,skarang sampai 210,kemana hati nurani mereka,kita yang merasa rakyat biasa benar2 sangat,sangat,dan sangat terbebani,saya gak hbis pikir sama kepemerintahan sekarang,bukanya ngebantu rakyat kecil tapi malah menyengsarakan😭
saya sngat sesalka biaya listrik sekarang,rasa bner2 tercekik!
ReplyDeletemasa kemarin2 buyar listrik cuma 110,skarang sampai 210,kemana hati nurani mereka,kita yang merasa rakyat biasa benar2 sangat,sangat,dan sangat terbebani,saya gak hbis pikir sama kepemerintahan sekarang,bukanya ngebantu rakyat kecil tapi malah menyengsarakan😭
This comment has been removed by the author.
DeleteThis comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDeleteMas . Saya mau tanya sebenarnya listrik pascabayar daya 1300 . Kepakai meter kira2 100meter berapa sih hitunganya..apa benar daya yg 1300 bebanya saja 80rb. Perhitunganya gimna sih.. gk jelas. Pdhl klw saja itung2 sangat gk wajar ..masa sih saya kena bnyak bget 380rb. ..dan itungan meteran yg di kertas beban 250an meter..apa petugas pln dilapangan atw dikantor .main main . Dan hanya main taksir saja..mohon jelaskan pk
ReplyDeleteterima kasih
Malam pa bu, ini mau matiin lampu daerah serengseng jakbar sampe jam berapa yah?
ReplyDeleteLama amat pak, kasian yg punya Bayi duh lagian mati lampu mulu sih pak buk mengganggu pak bu apa lagi kalo malem!!!!!
yang sabar ya bu...
DeleteDear Mas Fajar
ReplyDeletemohon info donk cara komplen tagihan listrik yang naik nya gede banget kemana ya ?
bisa share meknisme nya.trims
Untuk bandung barat, langsung saja telepon ke (022)123 nanti ikuti saja petunjuknya, untuk komplain/keluhan pelanggan PLN.
DeleteTagihan rek listrik sy kemarin2 berkisar antara 900rb-1,1jt max. Tp tiba2 tagihan bln terakhir (April) mnjd 1,9jt! Apa bnr skrng ada kenaikan smp hmpr 100%??
ReplyDeleteKeterlaluan!! Mentang2 perusahaan listrik cm dia seorg. Mau ga mau ya kita mesti terima?
memang benar, kenaikan hampir 100% bagi yang non subsidi (bukan pemegang kms). Contoh untuk yang 900w, dari 605/KWH jadi 1034/kwh. dan itu masih akan naik lagi nanti bulan juni-juli. bertahap.
Delete😱😱😱😱
Delete😭😭😭😭
Kl 900w aja segitu, brp per kwh nya utk yg 3500w, mas?
Deleteyang 3500 tarif 1467/kwh. Secara bertahap sampai bulan juni, nanti yang 900 non subsidi juga akan 1467/kwh atau dikenakan penyesuaian tarif setiap bulannya seperti golongan tarif yang lainnya.
DeleteKatanya agar subsidi tepat sasaran, tetapi apakah data siapa yang berhak dapat subsidi selalu diperbarui? Akhirnya nanti tidak tepat sasaran juga.
Bener, mas...bgmn pendataan utk yg katanya berhak dpt subsidi jg kita ga tau.
DeleteOk, trmksh ya mas Fajar atas info nya.👍
ya, sama - sama mb myrna...
DeleteSaya barusan aja nyolokin carger d stop kontak dan tiba2 jebret, listrik padam, konslet. Dah q nyalakan sikeringnya kembali tp kok blm bsa nyala ya ??? Knp ??? Pada hal carger saya d colokin d sebelah masih bsa
ReplyDeleteTp d rumah listriknya kok blm bsa nyala y ????
Saya kecewa dengan pln
ReplyDeleteTiba2 tagihan listrik saya meledak 5x lipat dr sebelumnya, sudah dikomplain tetap saja tak kurang
kok bisa 5 kali lipat ya? sudah berapa kali (bulan) kenaikan 5 kali lipat ini? kebanyakan naiknya 100% atau 2 kali lipat...
Deletesaya mau bilang tetangga saya curi arus loh.listrik dia dayanya cuma 450.tapi dia bisa pake ac 1pk kulkas 2 mesin cuci .cobalah tolong di razia.krn dia suka x nngibus orang ternyata dia pun curi arus juga.maling teriak maling dia
ReplyDeleteAnda bisa langsung lapor ke PLN 123 .
DeleteAduuh sering banget mati lampu dalam jangka waktu yg lama..sampai ber jam jam..pie tooh actionnya.. kebanyakan ngroko si daripada kerja nya.u untuk daerah Tangerang bayur
ReplyDeleteAduuh sering banget mati lampu dalam jangka waktu yg lama..sampai ber jam jam..pie tooh actionnya.. kebanyakan ngroko si daripada kerja nya.u untuk daerah Tangerang bayur
ReplyDeleteKcewa ny itu knpa yak 900 hrs di sma kn dengan 1300, isi 100 rbu jd 73 rbu. Enakan sprti kmren ada subsidi n tiba2 hilang gtu aja. Sudah banyak yg mengeluh.
ReplyDeleteKcewa ny itu knpa yak 900 hrs di sma kn dengan 1300, isi 100 rbu jd 73 rbu. Enakan sprti kmren ada subsidi n tiba2 hilang gtu aja. Sudah banyak yg mengeluh.
ReplyDeletekarena pemerintah menganggap banyak rumah tangga pemakai 900 yang sudah tergolong mampu dan tidak layak mendapat subsidi.
DeleteMATI LISTRIK MULU WOY!!!! EMANG LU KATA LISTRIK GK BAYAR ??????!
DeleteThis comment has been removed by the author.
DeleteThis comment has been removed by a blog administrator.
Deletesaya juga pelanggan PLN yang kecewa.. itu jawaban keputus asaan pak.. semoga PLN membaca keluhan anda semua, dan bisa memperbaiki pelayanan.
DeleteSekarang mati lampu lagi!!!! Apa harus sesering INI mati lampunya HaH????? Gratisin ajah listriknya pa Biar kalo mau matiin lampu gak ngerugiin ORANG YG UDAH BAYAR MAHAL MAHAL!!!!!
ReplyDeleteemmm... gratisin gak ya??
DeleteSaya pribadi tdk ada keberatan mslh tarif listrik.asalkan pelayanan dan pemadaman bisa diminimalkan.
DeletePemakai 900 dianggap mampu??? Skrg KPR tipe 36 aja sdh lngsng terpasang 900. Mau nyetrika malem, harus matiin TV dulu. Boro2 mau pasang AC??
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
Deleteformat sms untuk memberikan informasi ke pln ttg pemakaian kwh listrik gimana ya?
ReplyDeletevia telpon saja pak, ke (kode area)123
DeleteSangat aneh..masa naik tidak masuk akal..biasa perbulan paling besar bayar 150 rbu..skrng 900 rbu..naiknya gila"an..semoga berkah buat orang pln..
ReplyDelete150rb jadi 900rb?! Buset.....! Tidak nunggak tagihan kan?
Delete1.Mas mau tanya dasar apa yg membuat kenaikan tarif listrik gila gilaan??
ReplyDelete2. Bagi pemakaian yg 900 v pemerintah anggap tergolong yg mampu, apakah ada surveinya??
3. Kenaikan tarif listrik tak sebanding dengan kenaikan inflasi 2017?
1. berdasar dari pengkajian dan data pemerintah, bahwa ternyata pemakai subsidi listrik 900v ada yang masuk kategori mampu.
Delete2.surveinya berdasar Data Terpadu Program Penanganan Fakir Miskin yang ditetapkan oleh Kementerian Sosial dan dikelola oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), (http://bisnis.liputan6.com/read/2655339/pemerintah-resmi-cabut-subsidi-listrik-pelanggan-900-va)
3. itu saya juga gak tahu
Kita doakan saja , pemerintah dapat hidayah...
Di desa saya sekarang listrik sedang padam karena kabel yang di trafo di gardu putus..
ReplyDeleteAlamat, Karangpoh, perbuatan, katongan, Nglipar, Gunungkidul
silahkan jika terjadi hal serupa, konfirmasi ke 0274123
DeleteApakah tidak ada cara pengaduan lain selain telp ke kode area+123, karena kalau telp ke no diatas itu cukup menyedot pulsa telepon. Jadi kita pelanggan jadi 2 kali rugi, cobalah kalau di buatkan toll free, jd biaya pengaduan di bebankan ke pln. Agar jagn pelanggan aja yg dirugikan. Atau lewat media sosial atau aplikasi yg lain yg bisa di akses 24 jam, jadi pelaporan gangguan itu bisa direspon lewat media tersebut.
ReplyDeleteHarusnya dengan tarif pln yg seperti saat ini pelayanan lebih baik.
This comment has been removed by the author.
DeletePak, gimana cara mengecek token yang hilang?
ReplyDeletecara ngeceknya, silahkan kunjungi situs http://layanan.pln.co.id/InfoPrepaid.html ,kemudian masukkan id pelanggan anda, lalu akan tampil riwayat transaksi pembelian token. Di situ anda bisa melihat token anda yang hilang.
DeleteError (tidak dapat akses server)
Delete
ReplyDeleteYth, Pln
tanggal 28 Juli 2017 kami pengurus mesjid Alfirdaus sudah melakukan pembayaran pemasangan listrik untuk Mesjid, setelah pembayaran dilaksanakan telah diurus juga SLO pada tanggal itu. namun dari 3 hari paling cepat atau satu minggu paling lama, sampai saat ini listrik di mesjid kami belum juga menyala. oleh karena itu kami mohon PLN segera melakukan pemasangan karena kebutuhan listrik sangat urgen dimesjid kami, terutama untuk beribadah dan kegiatan TPA bagi anak-anak kami. Terima kasih
Pengurus mesjid alfirdaus
No Pendaftaran 1311299117211910
Kode Transaksi Bank Mandiri 4360001707280842557952
Nomor register SLO.1487348231503
listrik sya habis di segel... tapi saya sudah melunasiNya... di suruh menunggu untuk penyambungan uLang.. tapi sudah 2 harii saya menunggu tidak ada yg datang memasang.
ReplyDeletemungkin masih dalam antrian pak..
DeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteKami telah melakukan TRX pengisian token.setelah dapat nomer token kami ketik di meter kami ternyata perintah gagal!!gmn sistem PLN ini.nomer token nya apa gak valid.apa ada rencana penipuan.kami hub 123 gk terhubung!!
ReplyDeleteTgl 30 juli 2017 saya mengajukan perubhan daya dari 450VA ke 1300VA dg no reg. 1411017023256, biayanya sdh sy byr lunas tgl 30 juli 2017, sy sdh 3 kali lapor ke 123 tp s.d skrg blm ada realisasi perubhannya dr PLN (28 hr), terus sy lapor kemana lg supaya dpt direalisasikan oleh PLN wil.palembang perubahan daya sy tsb ????
ReplyDeleteThis comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDeleteTolong PLN jangan melakukan kecurangan kalo pengen kaya jangan ngambil uang rakyat.. masak dirumah saya sampai 800rb.. padahal cuma 900V
ReplyDeletekenapa pln ini ya? saya pembayaran bulan agustus tgl 19 tagihan cuman 148000,' tapi sekarang tgl 5 bln september tagihan sangat sangat membengkak naik 10x lipat jadi 1.600.000,- kalo pihak pln mencari keuntungan bisa di taikan perumah se indonesia 10000rb aja jngn sampai 10x lipat, kalo sudah gini apa pln bisa memperbaiki nya, maaf dunia sudah tua!!!! kurang kurangin.
ReplyDeleteload more
ReplyDeleteseberapa lama tindak lanjut PLN setelah menerima pengaduan dari pelanggan,soalnya sy mengajukan pengaduan jaringan yang kena rumah lantai 2 yang dalam proses pembanguanan sangat mengganggu dan bisa menyebabkan pekerja kena setrum Listrik tegangan 20.000 volt,terhitung dari pengaduan tertulis 15 agustus 2017 sampai sekarang belum terselesaiakan...kepada pihak yang berwenang segera ditindaklanjuti...
ReplyDeleteSya berdomisili d kab.Sampang Madura, bbrpa hri trakhir listrik d area Madura mngalami gangguan & d lakukan pmadaman brgilir untk mngurangi beban mlam yakni mulai tgl 23 september 2017,pmadaman d prkirakan maksimal 2 jam,
ReplyDeleteSya mnyesalkan sikap PLN yg sngt tdk adil dlm mlakukan pmadam brgilir ini,knp?d area rmh sya (kelurahan Dalpenang Sampang) sdh 4 hari brturut listrikx d padamkan bhkan hmpir slma 4 jam & smlam bisa 2 kali pmadaman (dari pkl.17.30-21.30 dan pkl 02.00-05.45) sdangkan d kelurahan lain ada yg tdk prnh sama skali d pdamkan,seakan2 PLN hny untk klangan trtentu sja,plyananx krng mnyluruh & adil,
Sya sngat kcewa hal ini trjadi pdhl Qt jg sma2 byar tp plyananx tdk sma,mhon d tanggapi,,
Slmt subuh pak..saya mau info di jl.pemberdayan1 kampung ketapang dongkal sdh 1 jam mati lampu...tolong di tindak lanjutin segera...krn sangat menggu wkt istirahat kami yg tidak bisa tidur dgn nyeyak...
ReplyDeletesilahkan bapak bisa call langsung saja ke 021-123
DeleteThis comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDeletesaya ikut prihatin atas apa yang menimpa bapak, sesama pelanggan PLN. Mendengar cerita bapak, saya juga heran dan mempertanyakan hal yang sama.
DeleteBeberapa hari yang lalu meteran di rumah saya diganti oleh petugas PLN dengan meteran yang baru. katanya meteran yang lama sudah tidak bagus. Setelah ganti meteran, saya tidak dikenakan biaya apapun.
kok 2 pertanyaan itu belum terjawab ya mas
ReplyDeletekarena saya memang tidak tahu jawabannya, khususnya pertanyaan nomer satu. Saya juga bukan petugas / pegawai PLN. Adapun untuk pertanyaan nomer dua, soal pembayaran pemasangan meteran oleh PLN, sebenarnya saya juga tidak tahu pasti apakah begitu prosedurnya. Tetapi saya punya pengalaman, beberapa hari yang lalu meteran di rumah saya juga diganti oleh petugas PLN, dan saya tidak dikenai biaya apapun saat itu.
DeleteSemoga ada pegawai atau pejabat PLN yang mau menjelaskan di sini.
Terimakasih atas kunjungannya..
This comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDeletepermisi. ada yang pernah kena masalah kaya saya tidak.?
ReplyDeletedan boleh saya minta solusinya.
rumah saya berdekatan dengan tower jaringan seluler.
dan 1 minggu lalu rumah saya terkena getaran samberan petir.
dan ada yang meledak dan mati total listrik rumah
kemudian saya melaporkannya ke PLN
dan di benarkannya setelah di benarkan listrik rumah tidak stabil dan saya lapor lagi dan masih seperti itu hingga sekarang tidak setabil saya takut elektronik rumah akan rusak. gimna ya solusinga saya sudah 3 kali laporan dan dibenarkan akhirnya ya masih sama aja.
Yth Bpk/ibu
ReplyDeleteMohon bantuannya utk memperhatikan gangguan pemadaman listrik yang sering kami alami. Selang waktu Okt/Nov 2017 telah terjadi 7 kali padam listrik di Jl.Mangga Gg.IV Blok.D Kel.Lagoa Kec.Koja Tg. Priok Jakut. Masalah ini sangat menggangu aktifitas belajar anak2, merusak perabotan elektronik ditambah ada bayi. Saya sering sekali complain ke 021123 setiap kali padam listrik dan hal ini masih terus berlanjut. Mohon masalah ini diselesaikan secara tuntas agar tidak menggangu aktifitas kami. Terima kasih
Token Listrik sy ga bisa masuk, gagal terus, ada yg tau cara cepat komplain, telp 123 ga ada operator dibilang sibuk semua, FB ga dijawab?
ReplyDeleteKalo gara2 mati listrik PLN juga rugi besar, harusnya antisipasi lagi supaya kedepannya tidak mati listrik lagi biar gak rugi,
ReplyDeleteKalo misal mati lagi listriknya, entahlah
Ini d daerah nanggewer pasar petani rt 5 rw 1 knpa ri sore sktr jm 6 smpe skrg blm nyala" listrik ny ???? Tlong dong respon ny agak cepat...
ReplyDeleteMakasih
Udah 72 tahun indonesia merdeka,tapi kami blum bisa menikmati sepenuhnya kemerdekan itu, pada saat malam gelap gulita,listrik yg ada tak melebihi kunang-kunang disiang hari tv tak bernyawa, andai ada tv baterai, lebih layak daripada tegangan listrik yg ada. Dimana kata PLN...? PLN UNTUK KEHIDUPAN
ReplyDeleteKalau saya mau melaporkan tagihan listrik di apartemen yg saya tinggali kami semua merasa tagihan kami sangat ajaib. Kami tempati sebulan penuh atau bahkan cuma seminggu tagihan listriknya sama saja.
ReplyDeletemcb saya hilang terus saya lapor call center 123 di agst 2017.trs petugas datang cek ke lokasi dan 4 hari kemudian petugas yg cek ke lokasi itu mengganti MCB n kami disuruh byr biaya MCB 10 ampere = 250.000 & kertas pelaporan saya yg asli diambil petugas..
ReplyDeleteeh di januari 2018 saya dapat telp dari kantor PLN yg menyatakan pelaporan atas MCB saya yg hilang & saya infokan sdh diganti petugas di agst kemarin..
terakhir sekarang meteran saya diblokir..apa ada kesalahan kami sehingga meteran diblokir?
Tarof listrik ganti harga bknnya naik. Tp tdk ada peningkatan kwalitas. Sering padam dlm waktu yg lama. Dan pemadaman sering trjadi hanya bbrp rmh saja yg mati. Pengaduan melalui via tlfn gak cpt di tanggapi. Hingga hrus tlfn bbrp x. Hasil jwbannya tidak memuaskn pelanggan. Buat apa ada customer care. Hanya cma di tapung tp no action????
ReplyDeletesaya mau tanya, kalau ganti meteran listrik yg error/rusak ada biayanya ya?
ReplyDeleteSemua pada mengeluh disin, emangnya hasilnya apa? Ada solusi?
ReplyDeleteBetul sekali. Karena seperti yang sudah saya tulis di artikel, blog ini bukan milik PLN, kami hanya memberitahukan jika anda ingin komplain ke PLN, silahkan hubungi nomer kontak PLN yang telah kami sebutkan di artikel.
DeleteSelamat siang, saya sebagai warga sangat mengeluhkan sekali yg sering terjadi pemadaman listrik di daerah kami.bahkan kami juga sering melaporkan perihal ini ke pengaduan Contact pln 123 tapi tetap masih sering terjadi lagi pemadaman listrik di daerah kami dan memang benar daerah kami berada di tengah-tengah lingkungan pabrik. Apa mungkin karena daerah kami berada di lingkungan kawasan pabrik? Yg bisa terjadi pemadaman sewaktu2 karena terindikasi pemasangan instalasi di pabrik tersebut!!! Dan kami sebagai warga minta solusinya untuk tidak sering terjadi pemadaman listrik yg sering terjadi di daerah kami. Tepatnya di jln.prepedan dalam RT.008/09 no.68 kel.kamal kec.kalideres patokan dekat dengan Gg.condet. terimakasih
ReplyDeletelapor bos, listrik di wilayah kec salaweu desa margalaksana rt. 14 /003 tidak stabil
ReplyDeletesaya mau tanya pak mengenai pemasangan kembali meteran....
ReplyDeletemasalahnya meteran pernah di cabut krn nunggak 2 bln terus aliran listrik di putus dan meteran dicabut setelah 2 hari kemudian di lakukan pembayaran sesuai tagihan tetapi pas mau pasang lg meteran petugas minta dibayar 800 rb utk biaya pemasangan kembali meterannya...apa begitu peraturannya...saya mohon penjelasannya terima kasih
saya ada kendala waktu beli token listrik salah di token yang lama padahal maksud kami mau beli untuk meteran yg di rumah baru mohon solusinya.... apakah bisa minta di tukar.... trimakasih
ReplyDeleteTelat bayar langsung dipadamkan, kejam sekali petugas PLN, pdahal dlu prnah telat bayar saya langsung bayar 2 bulan,
ReplyDeleteHari ini telat bayar rumah gelap, ibu saya yg sudah tua sampai jatuh dikamar mandi,
Ga adakah rasa kemanusiaan, dari petugas PLN,
Masyarakat sdh trbiasa mnggunakan listrik, tolong lbih berperikemanusiaan,
Ga pancasialis banget petugas PLN nya
Mau nanya agan2 semua
ReplyDeleteSetelah denah lokasi rumah kita dipasang meteran berapa lama kah realisasinya
Trus apakah pihak pln menghubungi kita jika persyaratan tidak memenuhi
Trimakasih agan2
This comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDeleteThis comment has been removed by a blog administrator.
DeleteIkut prihatin
DeleteBagaimana ya cara memperbaiki digit meteran yg rusak?
ReplyDeleteSemenjak ganti kabel dr tetangga rumah listrik dirumah sy jd ga kuat, kenapa ya?
ReplyDeleteSelamat malam.... Maaf.... Saya baru pasang listrik pulsa beberapa bulan.. 900....penggunaan belum bnyak tpi listrik cepat habis... Dan sering sekali mati dngan tulisan teganggan lebih...sehari bahkan bisa mati smpai 10x... Saya sudah mengajukan keluhan sama yg pasang tpi tdk di tindak lanjuti... Bingung mau komplen sama siapa.... Atas nama ahmad yusuf... Rt5 rw 1 desa kemligi.. Wonotunggal batang.
ReplyDeleteCoba adukan ke (kode area)123
DeleteThis comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDeleteListrik tuh jgn selalu di padamkan di daerah rambang selalu di padamkan ada apa listrik kmi bayar jdi tolong
ReplyDeleteThis comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDeleteuntuk membangun Indonesia bersih mohon tidak memberikan Tips kepada petugas kami, itu bahasa yang di ucapkan oleh layanan pengaduan PLN 123, tapi pengaduan saya sudah 24 jam tidak dilayani jg, hadeeeeh.... SAUR SAUR SAUR PARA PETUGAS PLN, jangan tidur aja
ReplyDeleteIni akun milik pengaduan p
ReplyDeletePLN atau bukan? Kok saya baca keseluruhan sprti pihak pln
Gmn kok hampir setiap hari ada padaman listrik didaerah desa sumedangan kecamatan pademawu kabupaten pamekasan, ini bisa bisa berabe elektronik nantinya
ReplyDeleteThis comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDeleteSangat kecewa saya komplen dari jam 12 siang sampe jam 12 malam tidak ada tindak lanjut nya .
ReplyDeleteTolong hargai kami selain ke 123 kemana saya komplen
Pelayanan pasang baru,,, bertele tele kode pembayaran 5511012066038
ReplyDeleteSampai hari ini belum dipasang , padahal rumahnya sdh jadi,,?
Mau tanya pak,
ReplyDeleteTagihan listrik saya sudah 3 bulan tidak bisa di bayar karena katanya
"tagihan belum tersedia"
Akankah saya di anggap bersalah karena tidak membayar tagihan ???
Padahal saya sudah coba bayar ke kntor pos tiap bulan.
-Siapa yg seharusnya bertanggung jawab atas hal tersebut???
Lebih2 jika kelak tagihan yang menumpuk tersebut jadi membengkak ???
Mohon pencerahannya
Kenapa rumah saya lebih sering mati lampu,dan matinya gak rata. Tapi lebih sering rumah saya. Daerah Jatibening. Sangat mengecewakan sekali!! !!
ReplyDeleteSaya pelanggan PLN dengan nomor 14220994652
ReplyDeleteKWH saya mengalami masalah sering mati sendiri tapi tidak begitu lama nyala lagi. Tapi pernah sekali [masih di bulan juli] mati dan tidak nyala kemudian saya telp ke 123 ..pelayanan saya rasa cukup cepat[kurang lebih 1 jam] petugas sudah sampai ke rumah saya. Keluhan saya.sudah saya sampaikan dan di perbaiki oleh mereka. Tapi beberapa hari ini keadaan itu terulang kembali walaupun listrik kembali nyala. Yang ingin saya keluhkan adalah saat saya melaporkan pengaduan pertama apakah ada tindak lanjut untuk menganalisa kenapa kwh saya sering mati, karena saya khawatir keadaan tersebut tidak normal, saya khawatir terjadi hal2 yang tidak di inginkan contohnya kebakaran.apakah kwh saya mengalami kerusakan, karena saat pemasangan yang saya tau petugasnya bukan org PLN tp vendor, apakah kwh sy sdh sesuai standar PLN, mohon penjelasannya , terima kasih
Pelayanan PLN Sangat Buruk..rumahbsaya sangat sering mati lampu dan hanya 2 rumah saja yg mati (rumah saya dan tetangga sebelah kiri saya) kejadian ini berulang2 dan setiap kali mati lampu saya selalu tanyakan ke 123, setelah 2jam lampu hidup kembali, akan tetapi saya tidak pernah di informasikan penyebabnya.
ReplyDeleteTolong di perhatikan
This comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDeletesemoga keluhan bapak dibaca oleh PLN dan segera mendapat tanggapan.
DeleteThis comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDeleteSaya anak kos’an mau mengeluh soal listrik kamar perbulan ga wajar. Masa 1 bulan bisa 1 juta’an pdhal kamar sya kecil cuma pake ac 1/2 pk dan tv. Itu pun ac saya cuma pake pas mlm doang wktu mau tidur. Kira” itu kenapa ya? Ad yg tau?
ReplyDeletesudah coba tanya ibu kos nya? apakah kamar yang lain juga sama?
Delete@ fajar putuadi, kilometer sya slalu ada tulisan PERIKSA kira" knp ya? Sya udh telpn ke 123 tp teknisi tidak Ada yg datang k rumah hnya telpn dan kasih kasih kode sja tp ttp saja tulisan PERIKSA msh sring muncul,,
DeleteDi wilayah Gresik layanan antri tolong cepat layanan kalo lama tambah bosen
ReplyDeletesemoga peayanan bisa ditingkatkan
DeleteMeteran terus muncul kata PERIKSA,,,pulsanya tidak bisa di isi,,,padahal meterannya sudah bunyi-bunyi...
ReplyDeletesudah coba hubungi PLN di 123?
DeleteNph si klo veli vocer listrik potongan nya besar sekali kan saya bilah nya ful. Contoh saya beli vocer yg. 50 ko dapet nya cuma 39000rbu tolong di jelasan
ReplyDeleteSelamat malam pak,
ReplyDeleteDaerah rumah saya, Kel.Lubang buaya, Kec.Cipayung khusus nya RT01/10, kenapa listrik mati terus. Udah seminggu sehari bisa mati sampai 3 kali gimna pak!! Tolong diperhatikan !!!
loading
Deletekenapa mati lampu lagi...
ReplyDeletebapak bapak yg terhormat...
kami butuh istirahat...
jgn iuran aja yg naek....
pikirkan juga kenyamanan kami...
kami juga bayar iuran ga pernah telat...
This comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDeleteThis comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDeletemohon maaf, kami terpaksa menghapus komentar anda karena anda anonim, tetapi menunjuk nama orang tanpa sensor..
DeleteThis comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDeletemaaf sebelumnya. mohon tindakannya. saya sudah melapot ke kantor PLN makassar. tentang penyegelan. kaya paling lambat sore terlarang/ sudah nyala. tapi buktunya sampe sekarang tidak terpasang tolong mana tindakannya.
ReplyDeleteTolong dong dibantu. Telah terjadi kesalahan catat meter & perhitungan rek listik di rumah saya. Saya dri Lahat, Kab/Kec. Lahat Sum-Sel
ReplyDeleteSiang pak....saya ingin cerita sedikit disini tentang keluhan saya dengan pelayanan PLN.
ReplyDeleteSy pemohon baru untuk wilayah depok jawabarat dengan sudah melakukan pembayaran registrasi dan pengurusan SLO sejak bulan agustus.....namun hingga saat ini belum ada tim dari PLN yanh datang atau meng hub untuk pemasangan listrik di rmh saya.
Setiap hari saya selalu rajin meng hub 123 untuk menanyakan status pengajuan saya tersebut, tapi selalu di perintahkan untuk menunggu dengan alasan sedang menunggu material nya.
Terima kasih
selamat siang.. barangkali memang sedang kehabisan material. Mudah - mudahan keluhan bapak dibaca dan segera ditanggapi pihak PLN.
Deletepln
Tolong solusinya listrik saya padam dan keluar tulisan PERIKSA
ReplyDeleteslmt sore
ReplyDeleteboleh saya bertanya ????????
apakah layanan pln indonesia ini kurang baik atau kurang siaga untuk menangani masalah atau trouble. soalnya di daerah saya tanah tinggi tangerang tepatnya jl.almuhajirin 2 jaringan listrik drop parah normal kan 220v sedangkan di real lapangan tegangan 180 sampai 124v, jika di biarkan semacam ini peralatan electronik akan jadi sasaran rusak,meledak,kebakar teruuuus apa pln mau ganti apa mau beliin !!!!!!!!!!!!!!!!
saya sudah buat pengaduang lewat email ,telpon tapi apa tidakan di pln tidak ada..... sangat di sayangkan tarif listrik teruuus meningkat namun pelayanan tidak meningkat malah merosok,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
jika disni ada petugas pln wilayah tanah tinggi tangerang harap untuk melakukan pengecekan jaringan ..................
terimaksih....
mau tanya jika ada kabel pln yg mengganggu saluran air, gimana ya cara pengaduanya...
ReplyDeleteBuat pln cabang panam pekanbaru-riau, tolong kembalikan dana restitusi saya, udah hampir 1 tahun lebih saya menunggu, yg katanya cuma 5 bulan selesai, n saya udah capek kali telpon ke 123, katanya akan di proses n di telpon, jgn kan di proses, di telpon n di kabari juga enggak, jgn jadi penipu, kalau memang nggak bs kerja bilang, biar saya transfer uangnya, dasar pln cabang panam pekanbaru riau penipu, telpon saya, ini no saya 085361528729
ReplyDeleteTgl 21-2-2019 kabel listrik seberang jalan rumah saya putus. Pihak PLN segera memperbaiki. Tapi saat pemasangan terjadi kesalahan pemasangan. Sewaktu putus kabel rumah saya ikut padam. Tapi ketika saya bicara dengan petugas PLN dilapangan saya disuruh lapor 123 . Dan petugas bilang kalau kabel yg putus bukan jalur rumah saya. Malam itu saya mengira listrik padam karena ada alat elektronik atau lampu rumah yg konslet. Dan kesalahan pemasangan itu baru saya ketahui setelah esok harinya. Ketika saya memanggil tukang listrik. Katanya instalasi listrik saya tidak ada masalah. Tapi yg bermasalah adalah listrik yg masuk kerumah. Karena listrik yg masuk kerumah semuanya mengandung stroom. Segera saya telpon 123. Setelah petugas PLN datang. Dan petugas itu bilang kalo ada salah pemasangan kabel. Dan karena kesalahan itu sejumlah alat elektronik dan lampu rusak. Apakah yg harus saya lakukan. Apakah pihak PLN bertanggung jawab untuk kerusakan alat elektronik dan lampu? Terima kasih
ReplyDeleteGak akan pak.. susah, jangan berharap PLN akan bertanggungjawab, gimanapun mereka akan berkelit.
Deletepengalaman saya, rumah ketiban pohon dan mengakibatkan kabel tiang listrik ketarik dan konslet, malah saya disuru beli kabel baru dan NCB baru. Payahh..
Tetangga saya pakai meteran Voecer tapi sudah berapa bulan ini dia tak pernah isi token listrik lagi dan pemakaiannya makin bertambah dri bulan" sebelumnya . Itu gima
ReplyDeletena yang??
Di desa saya tdk ada pemberitahuan pemadaman. Tiba-tiba padam dan itu bukan hanya 2 atau 3 jam tapi 2 sapai 3 hari, luar biasa sekali ini pln.
ReplyDeleteDitumah saya sudah sminggu mati listrik ada kendala pada amper meter dan sudah ditlpn biro pln yg memasang meteran dirumah mereka tidak mau turun dg bnyak alasan salah satunya karna rumah saya jauh dipelosok desa (jorong rantau limau kapas,
ReplyDeletekab. Solok selatan Sumbar) ...mhn krjasamanya bapak pln yg terhormat karna listrik adalah kebutuhan vital bagi saya saat ini.
Semoga keluhan saudara - saudara semua dibaca pihak pln.
ReplyDeleteDan pln bisa segera meningkatkan kualitas layanan kepada para pelanggan.
Semoga keluhan saudara - saudara semua dibaca pihak pln.
ReplyDeleteDan pln bisa segera meningkatkan kualitas layanan kepada para pelanggan.
Kalo dari berita yang saya dengar, PLN resmi hanya bertugas menyediakan listrik. Kalo masalah lapangan biasanya dari perusahaan swasta yang menggunakan nama PLN
ReplyDeletesangat gk memuaskan,bkn mrh dan gregetan,mesin listrik pas kehbsan pulsa,diganti bru mlh mati ,hdp ,sendri.pdhl yg laen gk mati lampu
ReplyDeleteAssalamualaikum,saya mau tanya,di rumah saya memakai meteran prabayar dg daya 900,kenapa baru satu bulan pakai sudah tertera tulisan periksa dan tanda lima jari di layar nya dan lampu temper ny nyala,instalasi listrik pun sudah di periksa dan tidak ada kesalahan,dan sudah saya cek kebocoran arus dg menekan 44 lalu enter di meteran hasil nya 0,000.dimana lagi ya salah nya itu min?mohon penjelasan nya min!
ReplyDeleteTerima kasih
Saya tanggal 10 lalu ke kantor pln untuk menambah daya yang 900 dan sudah bayar di indomaret tapi sampai hari ini kok petugas pln belum datang ya kerumah...???
ReplyDeleteSaya pengguna listrik 900 V
ReplyDeleteYang menjadi keresahan saya adalah tegangan listrik sering turun di 1,6 A
Jadi alat elektronik saya suka mati mendadak karna daya masuk listrik turun / kurang...terutama AC suka langsung mati ...
Apa yg harus saya lakukan...?
Bolehkah saya minta pindah jalur atas...karna tetangga samping rumah aman aman saja...
Atau hatus bagaimanakah saya...
Terima lasih....
Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
ReplyDeletepinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan
usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
francasmithloancompany@gmail.com)