pasang

Cara dan Persyaratan Mengurus Pernikahan dan Surat Nikah di KUA Dilengkapi Gambar Alurnya

Pernikahan adalah media bagi sepasang manusia untuk memadu kasih dan melanjutkan keturunan dengan cara yang legal. Setelah segala persiapan sudah matang, maka saaatnya sepasang kekasih yang hendak menikah untuk mulai mengurus pendaftaran pernikahan mereka ke KUA.

Jika anda belum siap menikah karena masalah biaya, coba alternatif pernikahan ini cara menikah modal pas-pasan.  

Jika ada diantara bapak ibu ada yang berencana untuk menikah atau menikahkan anaknya, maka anda membaca artikel yang tepat. Tata cara mengurus pernikahan di Kantor Urusan Agama (KUA).

Sebelum melanjutkan pembahasan ini, maka tidak ada salahnya kita mengetahui pentingnya mendaftarakan pernikahan ke KUA. Lalu apa pentingnya? Jelas sangat penting bapak ibu semua..

Dengan mendaftarkan pernikahan ke KUA , maka sama saja anda mendaftarkan pernikahan anda agar diakui secara hukum negara. Anda akan mendapatkan surat nikah sebagai bukti bahwa anda telah menikah dan bukti pengakuan negara atas pernikahan anda.

Tanpa surat nikah ini, bagaimana anda akan membuat dokumen penting lainnya kelak, seperti membuat kartu keluarga, KTP, akte kelahiran anak anda dan seterusnya.

Tanpa mendaftarkan pernikahan anda ke KUA mungkin pernikahan anda tetap sah secara agama, tetapi jika tidak diakui negara, anda sendiri yang akan kerepotan nantinya.

Biaya akad nikah di KUA gratis, selama jam kerja dan tidak akad di rumah.

Silahkan anda baca juga cara menikah modal pas - pasan.

Persiapan dan Perlengkapan Surat - surat Untuk Mendaftarkan Pernikahan  ke KUA

Untuk Pria

  1. Pas foto berwarna 2 x 3 =  5 lembar dan 3 x 4 = 8 lembar. Siapkan foto dengan jumlah yang lebih dari yang disebutkan tadi, untuk jaga - jaga siapa tahu ada perubahan aturan penambahan jumlah foto.
  2. Foto kopi KTP minimal 4 lembar,
  3. Keterangan status masih perjaka bermaterai 6 ribu, biasanya RT setempat sudah menyediakan.
  4. Foto copy Kartu Keluarga (KK)
  5. Foto copy Akte Kelahiran
Foto copy ijazah terakhir  atau akte kelahiran sangat penting , karena akan digunakan untuk verifikasi data pribadi , yang akan dimasukkan dalam daftar pemeriksaan atau yang biasa disebut NB, dan akan digunakan sebagai dasar penulisan dalam buku nikah.

Untuk Wanita

Untuk kelengkapan calon wanita tidak jauh berbeda dengan persiapan yang dilakukan oleh pria. Hanya saja untuk pengurusan rekomendasi nikah bila ingin nikah di luar wilayah, calon pengantin putri dan walinya harus terlebih dahulu untuk dilakukan pemeriksaan data dan keabsahan wali sebelum mendapat rekomendasi. Syarat lainnya untuk calon pengantin wanita :


    1. Bukti imunisasi TT(Tetanus Toxoid) I calon pengantin wanita, Kartu imunisasi, dan Imunisasi TT II dari Puskesmas setempat.
    2. Fotokopi KTP,
    3. Foto copy Akte Kelahiran & C1 (Kartu KK) pengantin.
    4. Fotokopi Kartu Imunisasi TT
    5. Pas Foto latar biru ukuran 2 X 3 masing-masing calon pengantin 5 lembar.
    6. Akta Cerai dari PA bagi janda/ duda cerai.
    7. Dispensasi Pengadilan Agama bila usia kurang dari 16 tahun dan 19 tahun.
    8. Izin atasan bagi anggota TNI/ POLRI
    9. Surat Keterangan Kematian Ayah bila sudah meninggal
    10. Surat Keterangan Wali jika Wali tidak sealamat dari Kelurahan setempat
    11. Dispensasi Camat bila kurang dari 10 hari
    12. N5 (surat izin orang tua) bila usia calon pengantin kurang dari 21 tahun.
    13. N6 (Surat Kematian suami/istri) bagi janda/duda meninggal dunia.

    Alur Pengurusan Nikah di KUA

    Calon Suami


    1. Calon pengantin laki - laki  mendatangi RT/RW setempat untuk meminta surat pengantar yang akan di bawa ke kantor kelurahan.
    2. Mendatangi Kantor Kelurahan untuk mengurus surat pengantar nikah yang akan dibawa ke KUA kecamatan
    3. Mendatangi kantor KUA Kecamatan setempat tempat dilangsungkannya akad nikah untuk mendaftarkan pernikahan. Karena anda calon suami dan akad dilangsungkan di KUA calon istri, akad nikah dilaksanakan tidak di KUA setempat (tempat anda), sehingga anda mengurus surat pengantar rekomendasi nikah untuk di bawa ke KUA Kecamatan tempat dilaksanakannya akad nikah (KUA istri).
    4. Jika akad nikah akan dilaksanakan dalam waktu kurang dari 10 hari kerja, maka anda harus ke Kantor Kecamatan tempat akad nikah untuk memohon dispensasi nikah 
    5. Biaya pernikahan gratis jika akad nikah dilaksanakan di KUA. Tetapi jika dilaksanakan di luar Kantor KUA, maka harus membayar Rp 600.000,00 di Bank persepsi yang ada di wilayah KUA tempat menikah. Lalu menyerahkan slip setoran bea nikah di KUA tempat akad nikah.
    6. Pemeriksaan data nikah calon pengantin dan wali nikah  di KUA tempat akad nikah.
    Calon Istri

    1. Pengantar RT-RW dibawa ke Kelurahan setempat (istri) untuk mendapatkan Isian Blangko N1, N2, N3 & N4.
    2. Datang ke KUA setempat (KUA istri) untuk mendaftarkan Nikah dan pemeriksaan administrasi (bersama Wali dan calon suami). Bawa juga semua berkas persyaratan yang dibutuhkan.
    3. Calon Suami dan Calon Istri sebelum pelaksanaan nikah akan mendapatkan Penasihatan Perkawinan dari BP4.

    Untuk lebih jelasnya, mari kita saksikan gambar alur pendaftaran pernikahan di KUA berikut:

    gambar alur pendaftaran pernikahan di KUA
    bimaislam.kemenag.co.id

    Bisakah melangsungkan pernikahan di bawah umur? Apa syarat pernikahan di bawah umur?
    Jika umur calon pengantin kurang dari 19 tahun bagi calon suami dan 16 tahun bagi calon istri, maka KUA setempat akan menerbitkan surat penolakan (N9) . Surat Penolakan tersebut, kemudian dibawa menuju Pengadilan Agama (PA). Setelah mendapatkan dispensasi , maka KUA kemudian berhak menikahkan.


    Calon Suami Istri Beda Propinsi, Menikah di luar domisili istri
    Maka calon suami harus membawa surat rekomendasi nikah. Syaratnya:

    1. KTP dan fotokopinya (1 lembar)
    2. KK dan fotokopinya (1 lembar)
    3. Fotokopi akte kelahiran ( 1 lembar)
    4. Fotokopi buku nikah orang tua ( 1lembar)
    5. Pas foto 2 x 3 , 3 x 4 (cetak dan file dalam CD) dengan latar foto biru (5 lembar)
    6. Akte cerai bagi duda atau janda 
    7. Surat izin kawin bagi TNI / Polri
    8. Pengantar dari dukuh
    9. Berkas nikah calon suami
    Lalu yang bersangkutan ke kepala desa /lurah sesuai KTP untuk mendapatkan kelengkapan sebagai berikut, dan meminta surat keterangan untuk menikah di luar tempat tinggal.
    • Surat keterangan untuk Nikah (N1)
    • Surat Keterangan asal usul (N2)
    • Surat persetujuan mempelai (N3)
    • Surat Keterangan tentang orang tua (N4)
    • Surat izin orang tua bagi yang berumur kurang dari 21 tahun (N5)
    • Surat keterangan kematian bagi duda/ janda tinggal mati (N6)
    • Surat Keterangan wali
    • Surat pengantar imunisasi ke puskesmas
    Setelah itu , ke KUA tempat domisili calon pengantin perempuan untuk mendapatkan rekomendasi atau pemberitahuan nikah di luar domisili perempuan.

    Terakhir mendaftarkan pernikahan di KUA di mana akan dilaksanakan pernikahan.


    Nikah di KUA tanpa Akte kelahiran bisa?
    Barangkali ada yang sejak kecil memang belum dibuatkan akte kelahiran. Atau sudah pernah punya akte kelahiran tetapi hilang. Bagaimana jika akan ngurus nikah di KUA tetapi tidak memiliki akte kelahiran?

    Tadi siang saya hubungi kantor KUA desa saya, menanyakan hal ini via telepon. Kata petugas di telepon, bisa saja ngurus nikah di KUA tanpa akte kelahiran. Kalau memang tidak punya akte kelahiran, bisa membawa ijazah sebagai gantinya.


    Demikianlah alur tatacara mengurus pendaftaran pernikahan di Kantor KUA dan persyaratannya. Semoga artikel ini membantu pasangan yang akan menikah atau orang yang akan menikahkan anaknya...

      Comments

      1. Replies
        1. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

          1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
          – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
          – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
          – Drop out takut dimarahin ortu
          – IPK jelek, ingin dibagusin
          – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
          – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
          – Dll.
          2. PRODUK KAMI
          Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
          SARJANA (S1, S2)..
          Hampir semua perguruan tinggi kami punya
          data basenya.
          UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
          UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
          UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
          UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
          UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
          UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
          UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
          AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
          UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
          INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
          STIE SUKABUMI YAI
          ISTN STIE PERBANAS
          LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
          STIMIK UKRIDA
          UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
          UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
          UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
          UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
          UNIVERSITAS SAHID DLL

          3. DATA YANG DI BUTUHKAN
          Persyaratan untuk ijazah :
          1. Nama
          2. Tempat & tgl lahir
          3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
          4. IPK yang di inginkan
          5. universitas yang di inginkan
          6. Jurusan yang di inginkan
          7. Tahun kelulusan yang di inginkan
          8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
          9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
          10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
          11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
          4. Biaya – Biaya
          • SD = Rp. 1.500.000
          • SMP = Rp. 1.500.000
          • SMA = Rp. 2.000.000
          • D3 = 6.000.000
          • S1 = 7.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
          • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
          • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
          (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
          • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
          (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
          • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

          Delete
      2. bagaimana klo ijasah terakhir tidak ada ( hilang ) ?

        ReplyDelete
        Replies
        1. fotokopiannya juga sudah tidak ada?

          Delete
        2. Bagaimana kalau brlum memiliki e-ktp?

          Delete
      3. Kakek saya tidak punya surat nikah, dan sekarang sudah meninggal..ayah saya mau balik nama sertifikat tanah jadi bingung, adakah solusinya ?

        ReplyDelete
      4. kalo tidak ada akta kelahiran gimanaa? bisa pake ijazah terakhir saja atau harus keduanya?

        ReplyDelete
        Replies
        1. Akte kelahiarannya tidak ada karena hilang atau gimana? kalau hilang, bisa coba dimintakan dulu kutipan II aktenya ke instansi tempat akte kelahiran anda diterbitkan dulu.

          Delete
        2. Umur saya 24 th,
          Sy lahir dngan nenek sy sendiri,
          Gmna ngurus akte ny gan bro.?
          Tq

          Delete
        3. masih ada kartu keluarga, buku nikah ortu?

          Delete
      5. Klo data ayah bagi cpp gk ada gmn..
        Surat cerai orng tua g ada gmn?

        ReplyDelete
      6. Untuk nikah beda provinsi, dan diluar domisili, yg perempuan syaratnya apa saja?

        ReplyDelete
        Replies
        1. .fotokopi kk calon pria dan wanita
          .fotokopi ktp calon pria dan wanita
          .fotokopi akte kelahiran calon pria dan wanita
          .fotokopi surat keterangan belum menikah di kelurahan
          .pas foto 3 x 4 dan 2 x 3 (sebanyak mungkin agar tidak kurang )
          .fotokopi ijazah terakhir calon pria dan wanita
          .surat pengantar rt/rw

          semua paersyaratan yang fotokopi, difotokopi sebanyak mungkin, agar tidak kurang . prosesnya sama dengan calon suami, setelah pengantar rt/ rw, ke kelurahan, ke kua asal buat minta surat rekomendasi numpang nikah, lalu ke kua tujuan.

          Delete
      7. klo akt kelahiran blm buat msh bs nikah g gan..apa wajib punya akta dulu biar bs nikah ??

        ReplyDelete
        Replies
        1. berdasarkan pengalaman saya sendiri waktu nikahan dulu, saya dimintai akte kelahiran.
          membuat akte kelahiran sekarang tidak sulit kok gan... paling kena denda 50rb aja karena telat.

          Delete
        2. Untuk akte lahirKlo punya tapi hilang, ada foto copyan nya? Gmn?

          Delete
        3. saya dulu pas nikah juga cuma punya foto kopiannya, yang asli hilang. bisa. ga tau sekarang..

          Delete
        4. UP date. saya kemarin telepon ke kantor KUA tempat saya tinggal. Menurut petugas, ngurus nikah di KUA ga pakai akte kelahiran boleh dan bisa saja, jika memang tidak punya akte. Bisa memakai ijazah.

          Delete
      8. Pak saya mau tanya.
        Ortu saya menikah siri dan lahirlah saya, tapu akte saya ikut nama mantan suami yg pertama. Kalau nama bin yg tertulis dalam buku nikah harus mengikuti akte atau bisa dirubah menggunakan ayah kandung saya dari pernikahan siri ortu saya.

        ReplyDelete
        Replies
        1. nama bin di surat nikah mengacu pada akte kelahiran.

          Delete
      9. Aslmkum pak ktp saya hilang tapi saya sudah mengurus surat kehilangannya dan clon wanita ktp nya blm jadi msh brbntuk resi. Apakah saya dan calon saya bisa menikah sah di KUA? Mhon jwbn nya lgsg k wa saya ya pak saya bner2 bth jwbn nya. Chat wa saya di 08980990801. Di tunggu

        ReplyDelete
        Replies
        1. maaf, saya belum bisa menjawab dengan cepat, karena kantor KUA nya saya telepon berkali - kali ga segera diangkat.

          Delete
        2. pa sya dri indramayu, sya mau tanya clon istri sya orang palembang, tpi dia sudah pindah ke tanggerang & ktp tanggerang, tpi nanti pas akad nikah mau di palembang di kdiaman ortunya, syaratnya apa ja? & 1 gi pa, sya ga punya ijazah, tpi klu akte kelahiran sya pnya, tu bisa bkin srat pengantar ga pa klu ga pnya ijazah

          Delete
        3. berarti anda dan calon istri akan melangsungkan pernikahan di luar domisili istri, caranya sudah saya tulis di artikel di atas. Untuk ijazah, tidak pakai tidak apa - apa.

          Delete
        4. apakah ketika ijab si naib membacakan pendidikan kita klo kita lampirkan ijasah permasalahan nya ijasah sekolah saya yg terakhir hilang
          tlng jawabannya ya pk k wa 089661816268 bth penjelasan skrg pk
          terimakasih

          Delete
      10. This comment has been removed by the author.

        ReplyDelete
      11. This comment has been removed by the author.

        ReplyDelete
      12. Pak , kalo buku nikah hilang (sudah pernah digunakan untuk perubahan status ktp dan akta kelahiran anak) , dan saat ini sudah pindah domisili .
        Ketika mau meminta duplikat buku nikah , ternyata data tidak ditemukan di KUA tempat menikah .
        Jika ingin mengajukan isbat nikah untuk perceraian , bagaimana dan dimana saya bisa mengurusnya ?
        Karena domisili saat ini beda provinsi dengan tempat menikah dulu .
        Mohon penjelasannya . Terimakasih

        ReplyDelete
      13. Pak , kalo buku nikah hilang (sudah pernah digunakan untuk perubahan status ktp dan akta kelahiran anak) , dan saat ini sudah pindah domisili .
        Ketika mau meminta duplikat buku nikah , ternyata data tidak ditemukan di KUA tempat menikah .
        Jika ingin mengajukan isbat nikah untuk perceraian , bagaimana dan dimana saya bisa mengurusnya ?
        Karena domisili saat ini beda provinsi dengan tempat menikah dulu .
        Mohon penjelasannya . Terimakasih

        ReplyDelete
      14. Kalo ada perbedaan nama orang tua pada KTP sama KK apakah perlu diperbaiki atau ga?

        ReplyDelete
      15. Saya mau ngurus n1n2n4..klo orang tua(ayah) sudah meninggal..apa harus dilampirin surat ketetangan kematian?

        ReplyDelete
        Replies
        1. jika ayah calon mempelai wanita meninggal, ya, harus dilampiri surat keterangan kematian.

          Delete
        2. Bagaimana jika ayah calon mempelai pria, apa harus cantumkan jg?

          Delete
        3. Pak mau tanya kalo surat kematian dari calon istri tidak ada bagaimana ya pak? Tetapi di KK sudah tertulis (alm)

          Delete
      16. Pak kalo mau nikah di K.U.A tapi lelaki nya umur 19 thn bisa gak ya? Minimal berapa sih umur untuk yg lelaki?

        ReplyDelete
        Replies
        1. laki - laki minimal 21 tahun, kalau masih 19 tahun harus memakai surat izin orang tua , yaitu formulir n5 dan surat dari pengadilan agama. lebih rincinya, konsultasi dulu ke kua setempat.

          Delete
      17. Pak mau tanya kalau nama di ktp sma kk beda apakah harus di ganti ?
        Saya dan calon suami nama di ktp sma kk beda, dari pihak KUA di suruh betulin ke kecamatan.
        Kalau seperti itu apakah harus sama smua nama tgl lahir di akta, ijazah, ktp sma kk?
        Mohon penjelasan'y?
        Terima kasih

        ReplyDelete
        Replies
        1. memang nama di kk dan ktp seharusnya sama, karena kk sebagai dasar pembuatan ktp. dan nama di akte juga seharusnya sama. ketika mendaftar sekolah, seseorang anak menggunakan kk dan aktenya, jadi yang diijazah seharusnya juga sama. lebih jelasnya anda konsultasikan saja dengan kecamatan. Jika cuma diminta menyamakan nama di kk dan ktp, ya anda urus yang kk dan ktp.

          http://ibuani.blogspot.co.id/2015/06/cara-mengurus-pembuatan-kartu-keluarga.html.

          Delete
      18. Gan ane mau nanya nih, kalau menikah tanpa persetujuan calon mertua ibu gimana? Syarat2 dari calon wanita hanya punya fotocopyan kk sm ijasah.. Mohon penjelasannya

        ReplyDelete
      19. Gan ane mau nanya nih, kalau menikah tanpa persetujuan calon mertua ibu gimana? Syarat2 dari calon wanita hanya punya fotocopyan kk sm ijasah.. Mohon penjelasannya

        ReplyDelete
        Replies
        1. menikah sah jika dengan persetujuan wali perempuan, yaitu bapak kandung pengantin perempuan. Kalau ibunya ga kasih persetujuan, tetap sah.
          Untuk persyaratan lengkap, sudah saya tulis di artikel di atas..

          Delete
      20. pak saya mau menikah tetapi surat nikah org tua saya sudah hilang,dan juga ayah saya sudah tidak tahu ada dimana,belum sempat bercerai..tolong dibantu untuk solusinya terimakasih

        ReplyDelete
      21. Assalamu'alaikum.wr.wb
        Maaf pa numpang nanya. Apa sekarang syarat nikah harus ad akta lahir. Soalnya punya salah nama m tanggal gak sesuai ijazah.
        Terus kalau alm bp meninggal d cilacap sedangkan saya nikahnya di purworejo gmna it pak.
        Makasih

        ReplyDelete
        Replies
        1. wa'alaikum salam wr wb..
          Informasi dari KUA di sini, tenpa akte lahir bisa, bisa diganti dengan ijazah.
          Yang salah nama dan tanggal apanya?
          Untuk bapak yang sudah meninggal-rahimahullah.. setahu kami asal ada surat kematiannya bisa anda gunakan di purworejo.

          Delete
        2. Kalau saya ngurus surat nikah kok syarat2nya beda ya. sudah mengumpulkan fotokopi akta, KK, ktp saya dan ortu, ijazah S1. Tapi pihak KUA masih meminta ijazah SMA saya, alasannya krn di ijazah S1 tidak ada nama orang tua saya. ijazah sma, diminta tujuannya untuk verifikasi nama orang tua saya, padahal kan udah ada KK dan KTP ortu saya. Apakah memang syarat2nya tiap daerah beda2 ya?

          Delete
        3. mungkin memang beda di setiap daerah, saya juga sangat menyayangkan jika ini membuat birokrasi menjadi berbelit - belit dan ruwet. Kemarin saya tanya ke KUA sini, bahwa jika tidak punya akte kelahiran, bisa pakai ijazah. Apakah anda ada akte kelahiran kemarin waktu ke kua?

          Delete
        4. Kalau orang yang kawin Lari ,apakah bisa menikah di KUA... Alasannya salah satu keluarga mempelai ada yang tidak setuju kalo pasangan tersebut menikah

          Delete
        5. yang penting bapak kandungnya calon mempelai wanita merestui, dan melengkapi semua persyaratan administrasi di atas, bisa menikah di kua

          Delete
        6. ass..pa saya mau tanya, saudara saya dulu nya nikah siri terus mau nikah lagi di KUA utk nikah resmi karna sudah punya anak, apakah persyaratan nikahnya sama dgn yg biasanya, atau mungkin ada hal lain yg harus di sertai?

          Delete
      22. This comment has been removed by the author.

        ReplyDelete
      23. Misi gan mau tanya.katany persyaratanya jg harus pakek fc ijazah ya?soalny ijazah ny ilang.blum keurus lagi.

        ReplyDelete
        Replies
        1. berdasarkan informasi dari KUA di sini, jika sudah ada akte kelahiran, tidak pakai ijazah tidak apa- apa. tetapi kadang beda kua beda kebijakan. coba tanyakan langsung ke kua setempat saja. terima kasih.

          Delete
      24. This comment has been removed by the author.

        ReplyDelete
      25. Kalau 1 kecamatan, tapi calon suami tidak ada ijazah dan akta kelahiran, bagaimana?

        ReplyDelete
      26. Assalamuallaaikum,, saya mau tanya jika wanitanya mau menikah tapi tidak di restui. Karena tidak setuju calon laki2 ya beda agama tetapi masuk Islam. Tapi orangtuanya menyerahkan keputusan itu pada anak wanitanya Dan mau menikah di KUA pakai wali hakim KUA lalu tanpa syarat surat penghantar dari RT/RW dan kelurahan apa itu bisa karena wanitanya tinggal di jakarta . Misalkan perempuannya hanya ada akte lahir KTP dsb. Hanya kurang satu itu saja apa boleh ?? Karena ngurusnya agak ribet. Tolong di jawab ya gan tq.

        ReplyDelete
        Replies
        1. wa 'alaikum salam.. untuk menikah di kua harus ada pengantar rt/ rw dan seterusnya. maaf, menyinggung masalah restu orang tua wanita, saya sarankan lebih baik tidak menikah tanpa restu dari wali calon mempelai perempuan(bapaknya si wanita ini).. pertimbangkan untuk jangka panjangnya.

          Delete
        2. om, kalau salah satu calon pengantin gak ada akte gimana?

          masih bisa lanjut kan?

          Delete
        3. berdasarkan informasi yang saya dapat dari kantor KUA di tempat saya tinggal, jika tidak adaakte kelahiran, bisa diganti memakai ijazah.

          Delete
      27. Assalamualaikum gan ane mau tanya kalo
        Ane mau nikah tapi orang tua ane ngelarang gimana ? Sedangkan dari pihak calon istri ane udah setuju semua ..
        apakah bisa nikah di KUA
        Harus pakai keterangan rt rw? Atau langsunf ke KuA ?

        ReplyDelete
        Replies
        1. Wa'alaikum salam.. selama anda memenuhi segala persyaratan yang saya tulis di atas, anda tetap bisa nikah di KUA. Untuk ke KUA tetap pakai pengantar rt/rw.

          Delete
      28. Kalo nama di akte beda sama di KTP apakah bisa untuk daftar ke KUA?

        ReplyDelete
      29. Mau tanya, calon isteri saya KTP nya di Jakarta selatan, KK nya masuk ke jakarta utara karena keluarganya broken home itu gimana yah, saya nikah nanti di KUA jakarta selatan atau yg di utara?

        ReplyDelete
      30. Assalamu'alaikum , saya mau tanya pak , sayakan sudah menikah dibawah tangan , saya menikah dibawah tangan disebabkan suami saya masih 16 tahun, apakah bisa menikah dikua? Atau harus bikin ktp dahulu? Terimakasih.

        ReplyDelete
      31. Pak.Saya ada bbrp problem.mengurus dokumen nikah.
        1. KTP n KK maupun Akte Kelahiran data nya sama.sedangkan di ijazah Beda Tgl lahir dan Nama Org Tua Saya Salah dan saya baru sadar kl selama ini ternyata ijazah saya data nya salah.
        bagaimana caranya agar ttp bisa proses kua dgn masalah tersebut. apakah ijazah Wajib ?

        2. KTP saya hilang dalam proses pengurusan surat nikah., saya baru urus pengantar Rt/RW saja. tapi saya ada scan ktp dan copy nya. yang saya ingin tanyakan apa bisa dengan menggunakan copy ktp.saja. atau saya harus urus ktp dulu.sedangkan Kl urus KTP hanya Resi saja yg di dapat dikarenakan ada kasus korupsi kemarin.

        mohon pencerahanya pak mengingat pernikahan saya 2bulan lagi.

        Thanks Pak

        ReplyDelete
      32. Assalamualaikum pak?
        Mau tanya kalo calon pengantin perempuan ada perbedaan data bagaimana ya?
        Soalnya data tanggal lahir di KK beda dengan yg di KTP sama di akte kelahiran.
        Apa bisa pake surat keterangan dari kelurahan dulu baru nanti kalo udah selesai nikah diganti?
        Soalnya waktunya udah mepet takut gak sempet

        ReplyDelete
      33. gan mau tanya, kata ente kan syarat nikah itu penting ya untuk FC akte atau FC Ijazah, nah itu harus salah satu atau harus dua duanya ? misal cuman fc ijazah aja atau fc akte aja . bisa milih salah satu atau harus dua duanya terlampir. makasih gans .

        ReplyDelete
        Replies
        1. saya pernah menanyakan langsung ke kua tempat domisili saya, bahwa menurut kua , ijazah dipakai jika tidak ada akte kelahiran. jadi pakai akte kelahiran saja sudah cukup. itu keterangan yang saya peroleh dari KUA tempat tinggal saya. Tetapi saya juga heran, ada kua di tempat lain yang mengharuskan tetap ada ijazah, walaupun sudah ada akte kelahiran.

          Delete
      34. Kalau saya mempelai perempuan mau nikah tapi ortu di akta bukan ortu kandung, dan bapa kandung masih ada. Nah itu gimana sistem nya?

        ReplyDelete
        Replies
        1. maaf, saya juga tidak tahu kalau itu. Karena secara agama, yang sah menjadi wali tetaplah bapak kandung mempelai perempuan. Tetapi secara negara, yang tertulis di akte bukan bapak kandungnya. Saya juga belum tahu bagaimana solusinya.

          Lebih baik anda konsultasikan langsung saja ke KUA setempat.

          Delete
      35. Pak, saya mau nanya.. Klo menikah d tempat numpang nikah (tempat calon istri), tp tanpa surat pengantar dari daerah sendiri bisa gak ya? Krna ngurus2 surat2 pengantar itu ribet..

        ReplyDelete
        Replies
        1. hahaha...ya ga bisa mas. Anda tetap harus mengurus pengantar dari KUA kecamatan tempat anda tinggal dulu. Ribet dikit ga apa - apalah, sekali seumur hidup ini..

          Delete
      36. Pak mau tanya kalo memasukkan persyaratan buat nika dendanya berapa ya ..

        ReplyDelete
      37. Pak mau tanya. Istri saya diluar kota. Apa kah mengurus nikah dsna harus mesti lewat kadus ga bsa lngsung kekelurahan. Saya nanya katanya prosedurnya bgtu. Dan biaya lumayan 2x lipat dr biaya kua kerumah. Mohon petunjuknyabdong

        ReplyDelete
        Replies
        1. untuk di pedesaan biasanya sebelum kelurahan memang harus lewat kadus / dukuh.. tapi setahu saya -setidaknya di tempat tinggal saya, kadus/ dukuh nya tidak meminta pungutan sama sekali / gratis. kalau di tempat lain ada pungutan seperti itu saya tidak tahu.

          Delete
      38. Maaf pak mau tanya nih,,saya kan mau nikah,,kira2 perlu ktp ortu ga yah?soalnya skrg domisili ortu dibandung dan saya di jakarta...sama satu lagi yang mau saya tanya,karna ortu saya pindah ke bandung mereka bikin surat pindah dan KK nya pindah ke bandung cuma nama saya tidak ada di KK baru ortu saya ,saya masuk ke kK nenek saya yg dijakarta,jd nanti pada saat saya mau ngurus ke kua saya pakai KK yg mana yah?yg punya nenek saya atau KK lama ortu saya?kebetulan masih ada yg lama,mohon infonya pak,terima kasig

        ReplyDelete
      39. Mau daftar nikah pakai ktp sementara boleh tak?

        ReplyDelete
      40. Assalamu'alaikum
        Pak saya mau tanya, apabila calon istri pernah menikah tapi secara agama dan cerai secara agama, apakah bisa menikah lagi lewat kua dan bagaimana cara pengurusan surat2nya? Terima kasih

        ReplyDelete
      41. Kalo nama ortu di kk sama akte beda nanti daftarnya pake nama ortu yg dimana?

        ReplyDelete
      42. Saya nikah siri pada umur saya 18 tahun dan kemudian mempunyai seorang anak . Apakah bila saya mengajukan sidang isbat akan diterima

        ReplyDelete
        Replies
        1. bisa atau tidaknya tergantung pengadilan agama nantinya. dicoba saja dulu pak.

          Delete
      43. Assalamualaikum wrwb, Pak Saya janda , tapi belum ada Akta Cerai dari Pengadilan Agama , Sementara di KTP Status belum Kawin ( Belum Gabung KK dengan suami) ,

        Pertanyaanya :
        Apakah Saya Bisa menikah lagi denagn Pria lain , Di KUA yang sama atau Numpang Nikah ditempat lain , Dengan Tanpa Surat Cerai dari Pengadilan Agama Tanpa masalah karena status KTP Belum Kawin

        ReplyDelete
      44. Assalamualaikum wrwb, Pak Saya janda , tapi belum ada Akta Cerai dari Pengadilan Agama , Sementara di KTP Status belum Kawin ( Belum Gabung KK dengan suami) ,

        Pertanyaanya :
        Apakah Saya Bisa menikah lagi dengan Pria lain , Di KUA yang sama atau Numpang Nikah ditempat lain , Dengan Tanpa Surat Cerai dari Pengadilan Agama Tanpa masalah karena status KTP Belum Kawin

        ReplyDelete
      45. pak, apakah syarat pernikahan beda provinsi akan terkena denda, jika tidak melengkapi berkas 2 bulan sebelum nikah ?

        ReplyDelete
      46. This comment has been removed by the author.

        ReplyDelete
      47. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

        1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
        – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
        – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
        – Drop out takut dimarahin ortu
        – IPK jelek, ingin dibagusin
        – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
        – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
        – Dll.
        2. PRODUK KAMI
        Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
        SARJANA (S1, S2)..
        Hampir semua perguruan tinggi kami punya
        data basenya.
        UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
        UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
        UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
        UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
        UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
        UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
        UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
        AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
        UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
        INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
        STIE SUKABUMI YAI
        ISTN STIE PERBANAS
        LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
        STIMIK UKRIDA
        UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
        UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
        UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
        UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
        UNIVERSITAS SAHID DLL

        3. DATA YANG DI BUTUHKAN
        Persyaratan untuk ijazah :
        1. Nama
        2. Tempat & tgl lahir
        3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
        4. IPK yang di inginkan
        5. universitas yang di inginkan
        6. Jurusan yang di inginkan
        7. Tahun kelulusan yang di inginkan
        8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
        9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
        10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
        11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
        4. Biaya – Biaya
        • SD = Rp. 1.500.000
        • SMP = Rp. 1.500.000
        • SMA = Rp. 2.000.000
        • D3 = 6.000.000
        • S1 = 7.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
        • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
        • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
        (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
        • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
        (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
        • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

        ReplyDelete
      48. Assalamualaikum maaf pak, klo mau nikkah ngga ada surat cerai, adanya surat keterangan sudah bukan suami istri bisa apa tidak digunakan sebagai syarat menikah?

        ReplyDelete
      49. Gan mw tanya kan saya mau buat surat pindah nikah ke magetan , kata kua calon istri harus pakai fc.surat nikah buku nikah orang tua sedangkan buku nikah orang tua saya hilang apa masih bisa gan n harus ganti fc.buku nikah orang tua itu apa , mohon info donk

        ReplyDelete
      50. Gan klau kk sudah mati alias kk lama ..blum sempat di perbarui status nya masih perawan sedangkan orangnya sudah jandah sdah dapet surat janda apakah bisa pake surat pernyata.an dari desa setempat utk menikah ke KUA..utk menganti kk yg blum sempat di perbarui

        ReplyDelete
        Replies
        1. berarti dulu sewaktu menikah belum diperbarui juga ya KK nya? mohon maaf, saya juga tidak tahu, konsultasikan saja langsung ke KUA setempat.

          Delete
        2. cuma heran saja, atas dasar apa desa mengeluarkan surat keterangan janda, sedangkan anda belum memperbarui KK dan ktp anda.

          Delete
      51. Min mau tanya kalau misal ktp saya depok dan KK nya Depok. Tapi ibu saya ktp pekalongan. Itu gmn ya min? Tolong pe cerahannya

        ReplyDelete
        Replies
        1. saya juga tidak tahu. sepertinya tidak masalah, tetap mengurus di domisili sesuai ktp dan kk anda. Untuk kepastian, konsultasikan saja langsung ke kua setempat.

          Delete
      52. Pak mau tanya, jika surat kematian orang tua bapak dri mempelai wanita tidak ada bagaimana ya pak? Tetapi di KK sudah tertulis (alm)

        ReplyDelete

      Post a Comment

      Jika komentar anda / jawaban komentar tidak muncul, klik tulisan "loading" atau tulisan "load more" sampai komentar anda muncul. Atau silahkan bertanya lewat "Kontak Kami"

      Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

      Sponsored By

      Kontak Kami

      Name

      Email *

      Message *

      Popular posts from this blog

      Cara Mudah Pengaduan dan Keluhan Pelanggan Listrik PLN

      Cara dan Syarat Mengurus Perubahan Data Kepesertaan BPJS Kesehatan

      Cara Mengasah Gergaji Potong yang Benar

      CARA CAT MELAMIN DAUN PINTU

      Cara Mendaftar Sebagai Pasien di Puskesmas

      Cara Mudah Mengecat Rak dari Kayu dan Triplek Untuk Pemula

      Cara Mudah Memasang Instalasi Lampu Rumah