Cara Mudah Buka Usaha Sampingan Modal Kecil 1 (Satu) Juta tanpa Hutang Bank

cara buka usaha online modal kecil
jualan modal kecil
Bagaimana caranya membuka usaha sampingan dengan modal cuma 1(satu) juta saja? Apa mungkin?
Pada beberapa waktu yang lalu kami pernah membagikan kepada anda tentang bagaimana caranya menikah modal 1 juta.

Kemudian ada orang yang meragukan. Kalau menikahnya saja pas - pasan, bagaimana nanti akan menjalani kehidupan setelah pernikahan ?
Dengan penghasilan pas - pasan apa mungkin? Apa tidak sebaiknya berusaha mapan dulu baru menikah?

Akhirnya kami bisa menjawab keraguan sebagian orang itu dengan menurunkan tulisan "Cara Bertahan Hidup dengan Gaji Pas - pasan". Di sana kami rincikan bagaimana mengatur keuangan keluarga yang sangat pas - pasan.

Dua judul tulisan di atas bukan sekedar teori belaka ya.. Tetapi itu adalah pengalaman nyata kami. Sebuah tulisan yang kami rangkum dari kasus nyata. Baik yang kami alami sendiri maupun beberapa kenalan kami. Sebagai bukti, bahwa semua itu mungkin saja.

Karena sesuatu yang baik seperti menikah tidak selalu harus ditunda hanya karena takut miskin.

Tulisan ini mungkin bisa dikatakan sebagai pertanggungjawaban kami atas dua tulisan terdahulu tadi.

Katakanlah sebagai jawaban dari pertanyaan, "Pak saya sudah menikah modal pas - pasan seperti saran anda. Lalu dengan gaji saya yang pas - pasan saya mencoba bertahan hidup bersama istri seperti saran anda juga. Sekarang bagaimana lagi agar saya tidak pas - pasan terus?"

" Bagaimana agar keluarga saya tidak hidup apa adanya terus?"

Sebenarnya jawabannya mudah, "Jangan minta solusi, kekayaan dan kecukupan hidup pada saya maupun manusia lainnya. Karena saya dan manusia lainnya juga orang butuh, hahaha."

Lalu?
"Mintalah solusi, kecukupan, dan kekayaan pada Yang Maha Kaya, Allah ".

Kemudian di sini kami hanya ingin sedikit memberi contoh bagaimana anda bisa menambah penghasilan keluarga melalui sebuah usaha sampingan, yang praktis dan modal kecil.

Agar pendapatan dan belanja keluarga anda meningkat setidaknya ada tiga cara:
  1. Bekerja lebih giat agar bisa berprestasi di tempat kerja sehingga bos anda akan menaikkan gaji anda.
  2. Pindah kerja ke tempat yang gajinya lebih tinggi.
  3. Membuka usaha kecil sendiri.
Sesuai judul, saya akan memberikan contoh cara mudah dan praktis membuka usaha modal 1 juta.
Praktis di sini maksudnya usaha sampingan ini tidak terlalu menyita waktu dan tenaga anda. Anda masih bisa tetap bekerja di tempat anda bekerja.

Dengan modal kecil pun anda tetap bisa membuka usaha. Walaupun anda harus promosi sendiri, menyiapkan produk sendiri, memasarkan produk sendiri, melayani pelanggan sendiri, dan lain sebagainya sendiri.

Anda belum mampu membayar orang untuk mendelegasikan tugas - tugas tadi.

Semua hal itu juga kami alami dan juga teman- teman kami alami. Saya kira orang lain juga seperti itu.

Cara mudah memulai usaha modal 1 juta.
  1. Jangan hutang bank, kita hanya butuh satu juta . Karena hutang anda akan berbunga, dan ketika anda terlambat mengangsur anda kena denda. Usaha anda belum pasti memberi keuntungan, tetapi anda harus secara pasti memberi bunga pinjaman tiap bulan. Enak saja mereka.
  2. Modal bisa anda tabung sendiri dari gaji. Satu bulan nabung 100 ribu misalnya. Atau anda jual sebagian barang berharga anda, kalau ada. Tapi jangan jual rumah anda satu-satunya. Jangan juga jual motor anda satu-satunya. Jangan jual hp anda satu2nya. Karena semua itu akan anda butuhkan dalam membuka usaha.
  3. Tentukan produk anda. Cari yang tidak butuh modal besar. Yang tidak perlu sewa tempat. Tidak perlu membeli peralatan yang mahal.
  4. Untuk pemasaran anda tidak perlu sewa tempat. Anda bisa pasarkan secara titip jual ke pedagang di pasar, anda juga bisa jual di grup jual beli di facebook, di OLX dan yang semisalnya.
  5. Oiya, anda juga bisa memanfaatkan aplikasi pertokoan MiniMart gratis ini untuk membantu anda dalam usaha kecil anda. Mendata stok barang, laporan, katalog, pencetakan label barang : barcode, price tag dan lain-lain. 
Itu saja. Mudah kan.
Untuk lebih rinci mari kita buat contoh lain.
Mencari produk dari pasar.
Anda punya tabungan 1 juta. Mari kita cari kira - kira produk apa yang bisa anda dapatkan untuk anda jual kembali. Karena waktu anda terbatas, pagi anda kerja , sore untuk keluarga. Kita cari yang praktis - praktis saja.

Mengapa kita harus kulakan  dan tidak dropship saja? Karena menurut kami lebih baik kulakan stok barang, agar kita bisa menjual sesuatu yang sudah kita miliki sendiri. Barang dan kualitasnya kita sudah tahu secara langsung. Lebih mudah dalam penjualan dan pengiriman barang kepada pelanggan karena barang sudah di tangan kita.

Sebagai contoh, mari kita buka internet, cari di marketplace seperti tokopedia atau bukalapak. Kira - kira produk apa yang laku dijual lagi. Mengapa di sana?
  1. Gratis
  2. Ada banyak penjual dengan harga grosir.
  3. Karena banyak penjual, harga bersaing.
  4. Anda bisa mengetahui rekam jejak penjual sebelum anda memutuskan transaksi dengan mereka.

Nah, sekarang coba anda pikirkan :
  1. Produk apa yang kira - kira laku dijual di kota anda dan anda bisa dapatkan harga grosir dengan budget anda yang hanya 1 juta. Kalau bisa anda keluar modal 500 ribu saja. Agar anda punya cadangan untuk memulai lagi dengan cara yang lebih baik jika anda gagal pada percobaan pertama. Sebagai contoh misalnya anda mendapatkan produk timbangan digital gantung di tokopedia. Cek berapa minimal pembelian untuk dapat harga grosir.
    cara buka usaha online
    cari produk grosir di tokopedia

    cara buka usaha online
    harga grosir
  2. Dari tokopedia di atas kita tahu, dengan uang 500 ribu kita sudah bisa kulakan timbangan digital dengan harga grosir sebanyak 20 pcs yaitu seharga Rp 24.800,- / pcs 
  3. Total biaya kulakan, harga 20 produk timbangan gantung digital plus ongkos kirim Rp 522.480,- . Sisa modal bisa anda gunakan untuk keperluan packing dan lain - lain.
    lebih baik check list asuransi tidak usah anda centang, spekulatif
  4. Sekarang anda survei di pasar sekitar anda. Ada berapa banyak pesaing. Kalau anda malas berkeliling pasar di dunia nyata, cukup survei saja di OLX.
  5. Jika anda sudah bisa menentukan produk apa yang kira - kira laku dari tokopedia, lalu anda survei di OLX area kota anda ternyata persaingan masih sedikit, anda bisa mulai bisnis kecil anda. Kulakan di tokopedia dengan harga grosir, lalu jual secara lokal di kota anda melalui OLX, grup jual beli di facebook, atau kalau anda tidak malas keluar rumah anda bisa tawarkan produk anda ke kerabat, tetangga, teman, dan sebagainya.
    cara buka usaha online modal kecil
    jual kembali secara lokal di OLX
  6.  Di OLX timbangan digital tadi bisa anda jual kembali dengan harga 50 ribu. Jika produk anda terjual semua 20 item, anda mendapatkan 20 x 50 ribu = 1.000.000,- Jadi keuntungan anda 1.000.000 - 530.000 = 470.000
  7. Tinggal anda bisa menjual 20 item itu dalam berapa hari? Jika terjual dalam 1 minggu, artinya anda sebulan (4 minggu) bisa dapat 4 x 470.000 = 1.880.000
  8. Jika anda sebulan hanya menjual 30 pcs ( 1 hari laku 1 pcs) maka anda mendapat keuntungan 1.500.000 - 530.000 = 970.000 . Sangat lumayan untuk sebuah usaha sampingan.
  9. Itu saja. Anda sekarang sudah mulai bisnis modal kecil dengan penghasilan 1,8 juta per bulan.
  10. Tapi itu semua baru  asumsi. Tinggal anda yang harus membuktikan bahwa asumsi di atas bisa terwujud. Produk bisa anda improvisasi sendiri tergantung tingkat permintaan dan persaingan di kota anda.
Sebagai tambahan , untuk mengetahui seberapa besar tingkat permintaan akan suatu produk di internet, anda bisa menggunakan google keyword planner. 
Apa itu? 

Anda googling saja dengan mengetik kata kunci di pencarian "google keyword planner". Di sana anda bisa mengetahui seberapa banyak permintaan akan suatu produk.

Ini link nya  https://ads.google.com/home/tools/keyword-planner/

Misalnya di google keyword planner anda mengetik "jual timbangan gantung digital jogjakarta" . Nanti anda akan mendapatkan data seberapa banyak pencarian kata kunci tersebut, khususnya di kota anda, Jogjakarta misalnya.

Itu artinya anda bisa mengetahui tingkat permintaan produk timbangan gantung digital di kota anda.
menentukan permintaan produk usaha
mengetahui banyaknya pencarian timbangan gantung digital dengan google keyword planner

Kemudian untuk mengetahui bagaimana cara mendapatkan produk dengan harga terbaik di tokopedia, bisa anda dapatkan di internet. Sudah bertebaran artikel yang membahasnya. 

Jika ada waktu, kami juga akan mengulas dua hal di atas secara lebih rinci di blog ini. Termasuk bagaimana mengetahui tingkat persaingan di OLX, dan bagaimana cara survei di google keyword planner.

Apakah cara diatas berhasil? Apakah cara di atas lolos "uji dapur"?

Kami pernah berhasil menggunakan cara di atas. Kami pernah mencoba beberapa kali dengan produk yang berbeda. Beberapa kali memang tidak berhasil, tetapi ada 2 percobaan yang berhasil dan sampai sekarang menjadi salah satu penghasilan kami.

Cara memasang iklan produk kamu di facebook 

Meski tidak selalu kami kulakan di tokopedia dan kami jual di OLX. Itu hanya contoh saja. Tergantung permintaan di tempat anda dan tingkat persaingan. Kami memberi contoh, anda improvisasi sendiri.

Selamat mencoba. Semoga berhasil.



Comments

Post a Comment

Jika komentar anda / jawaban komentar tidak muncul, klik tulisan "loading" atau tulisan "load more" sampai komentar anda muncul. Atau silahkan bertanya lewat "Kontak Kami"
Berkomentarlah dengan kalimat yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kontak Kami

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Cara Share Lokasi Rumah Saat tidak Berada di Rumah

Panduan Pemasangan Kabel Pada Stop Kontak (Dengan Gambar Step By Step)

Cara Mengasah Gergaji Potong yang Benar

Cara Mengurus Pembuatan Kartu Keluarga (KK) Baru

CARA CAT MELAMIN DAUN PINTU

Cara dan Persyaratan Mengurus Pernikahan dan Surat Nikah di KUA Dilengkapi Gambar Alurnya

Cara Mudah Pengaduan dan Keluhan Pelanggan Listrik PLN

Kriteria Pemilik KMS (Kartu Menuju Sejahtera) Yogyakarta 2016

Cara Memasang Instalasi Air Bersih di Rumah dengan Pipa PVC