pasang

Cara Mudah Menjaga Kebersihkan Kaca Jadi Mengkilap Seperti Baru

Membersihkan kaca berdebu dengan stik kaca adalah salah satu cara yang ampuh untuk membuat kaca anda kembali mengkilap. Bagaimana caranya? Ok, kita akan bahas bersama.

Pada zaman ini, membangun rumah bukan sekedar tempat berteduh dari panas dan hujan.Rumah sudah menjadi gaya hidup, media aktualisasi diri dari yang punya rumah. Oleh karena itu, banyak sekali model - model desain rumah yang menawan dengan aneka furniturnya. Ada rumah yang dibangun dengan gaya tradisional, sehingga sebagian besar furnitur dan material rumahnya terbuat dari kayu jati yang dicat melamin. Ada juga yang bergaya minimalis.

Salah satu material yang banyak dipakai untuk mempercantik tampilan rumah adalah kaca. Saya pernah melihat, ketika dapat proyek jasa kebersihan rumah di salah satu dosen di Jogja, rumah dengan hampir 50% materialnya terbuat dari kaca.

Rumahnya sangat megah. tetapi sayang sekali, banyak kaca jendela dan dinding kaca yang tidak terawat, sehingga berdebu dan berkerak. Seakan kemegahan rumah jadi berkurang nilainya. Setelah kaca terlanjur berkerak karena jarang dibersihkan, maka untuk mengatasinya membutuhkan penanganan khusus. Di sini saya ingin berbagi mengenai cara membersihkan kaca yang berdebu, tetapi belum sampai berkerak.

Menjaga kebersihkan kaca berdebu sebenarnya tidaklah sulit, cukup di bersihkan dengan sulak ataupun kain lap. Akan tetapi untuk membersihkan kaca berdebu hingga mengkilap, itu tidak semudah yang anda kira. Kain lap ataupun sulak memang bisa membuat kaca menjadi bersih, tetapi tidak bisa membuat kaca mengkilap seperti baru. Bagaimana caranya untuk menjaga kebersihan kaca mengkilap seperti baru?

Caranya adalah dengan bantuan stik pembersih kaca. Jika anda membersihkan kaca dengan kain lap, memang kaca akan kembali bersih. Tapi perhatikanlah, lama - lama akan menjadi kusam. Apalagi jika lapnya sudah mulai kotor. 
Mengapa? karena kain lap pada dasarnya tidak bisa mengangkat semua debu yang menempel pada kaca, akan tetapi hanya mengusap saja, dan hanya sedikit debu yang berhasil terangkut oleh kain lap.

Stik kaca adalah sebuah stik/gagang yang di bagian salah satu sisinya tertempel karet kedap air seperti pada pengusap air yang ada di kaca depan mobil. Dengan alat ini kita tidak hanya mengusap sebagian debu, tetapi mengalirkan semua debu dengan air pembersih kaca, sehingga tidak ada sedikitpun debu yang tersisa.
Caranya?
Alat kerja
  1. Kain lap
  2. Stik kaca, biasanya ada 2 buah, yang satu  untuk meratakan cairan pembersih dan menggusap debu, yang satunya lagi sebagai pengalir cairan pembersih, sehingga semua debu terangkat bersama cairan pembersih.
  3. Botol penyemprot, sebagai wadah cairan pembersih dan sebagi penyemprot cairan pembersih ke permukaan kaca.
Bahan
  1. Cairan pembersih kaca, saya memakai mr muscle glass cleaner, bisa dibeli di mini market.
Langkah kerja
  1. Berdirilah dihadapan kaca yang akan anda bersihkan debunya. Lihat diri anda di kaca, jika anda terlihat lebih cakep, berarti memang sudah saatnya bagi anda untuk membersihkan kaca... 
  2. Semprotkan cairan pembersih ke permukaan kaca secara merata.
    cara mudah membersihkan kaca jadi mengkilap
  3. Usap dan ratakan dengan stik pengusap kaca.
    cara mudah membersihkan kaca jadi mengkilap
  4. Lalu dengan stik kaca, tempatkan stik kaca pada bagian teratas kaca, lalu tari ke bawah. Penting untuk diingat, pastikan anda memberikan tekanan yang sama dan konstan pada sepanjang stik pembersih kaca, karena jika tidak, akan ada sisa cairan pembersih yang tidak terangkut. Jika nanti sudah kering, sisa cairan yang tidak terangkut ini akan tampak kotor. Maka pastikan tidak ada cairan yang tersisa.
    cara mudah membersihkan kaca jadi mengkilap
  5.  hasilnya.....
    cara mudah membersihkan kaca jadi mengkilap
Nah, sekarang kaca anda jadi bersih mengkilap seperti baru, siap  mencerminkan wajah anda yang sebenarnya... ;-)
Kunci dalam perawatan kaca ataupun furnitur rumah lainnya adalah teratur dibersihkan. minimal satu bulan sekali, sehinngga kotoran dan debu tidak sampai berkerak dan susah dihilangkan kecuali dengan obat pembersih  keras yang tidak ramah lingkungan.

Jika kaca jarang dibersihkan,maka kaca jadi berjamur dan akan sulit mengatasinya walaupun dengan obat pembersih kaca sekalipun. Berdasarkan pengalaman kami, obat pembersih kaca tetap tidak sanggup mengkilapkan kaca yang sudah terlanjur berjamur kembali seperti baru.

Jamur pada kaca ini berasal dari cipratan air - cipratan air yang tidak segera di lap, maka akhirnya membentuk jamur pada kaca.  Akan tetapi jika memang hal itu terjadi, Cara terakhir untuk mengatasi kaca yang sudah berjamur dan membandel adalah dengan kita kerik secara manual menggunakan cutter. Hati - hati, jangan sampai menggores kaca anda. Kerikkan cutter pada jamur dengan posisi miring, agar kaca tidak tergores.

Demikianlah cara mudah menjaga kebersihkan kaca jadi mengkilap seperti baru, semoga bermanfaat, dan anda jadi betah tinggal di rumah yang bersih dan mengkilap.

Comments

Post a Comment

Jika komentar anda / jawaban komentar tidak muncul, klik tulisan "loading" atau tulisan "load more" sampai komentar anda muncul. Atau silahkan bertanya lewat "Kontak Kami"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sponsored By

Kontak Kami

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Cara Mudah Pengaduan dan Keluhan Pelanggan Listrik PLN

Cara dan Syarat Mengurus Perubahan Data Kepesertaan BPJS Kesehatan

Cara dan Persyaratan Mengurus Pernikahan dan Surat Nikah di KUA Dilengkapi Gambar Alurnya

Cara Mengasah Gergaji Potong yang Benar

CARA CAT MELAMIN DAUN PINTU

Cara Mendaftar Sebagai Pasien di Puskesmas

Cara Mudah Mengecat Rak dari Kayu dan Triplek Untuk Pemula

Cara Mudah Memasang Instalasi Lampu Rumah