pasang

CARA CAT MELAMIN DAUN PINTU


Berikut ini adalah cara mengecat melamin kayu tahap demi tahap yang telah kami praktikan. Di sini kami menggunakan kuas sebagai alat mengecat, bukan memakai kompressor karena memang kami tidak punya. 
Asal teknik kuasnya benar, hasilnya tidak kalah dengan yang pakai kompresor. 

Teknik menggunakan kuas, celupkan kuas ke dalam cat, kuaskan ke bidang kerja searah dari atas ke bawah satu kali saja, dan jangan bolak - balik. Ingat, 1 kali saja dan jangan diulang pada bagian yang sama. 
Jika memang harus diulang, maka ulangilah mencelupkan kuas ke dalam cat juga, lalu kuas sekali saja dari atas ke bawah. Setelah itu, ulangilah untuk menguas sebelahnya dengan cara yang sama sampai semua bagian bidang kerja telah dicat. Lakukanlah dengan telaten dan ketebalan yang sama.

Apakah di antara anda ada yang ingin mencoba mengecat mebel kayu anda dengan melamin tetapi belum tahu bagaimana caranya? Kebetulan kali ini kami punya proyek mengecat daun pintu rumah kami dengan melamin. Kami memiliki 5 daun pintu baru yang terbuat dari kayu jati muda. Kami akan mengecatnya dengan melamin impra.

Baik, mari kita simak tahapan - tahapan teknik mengecat melamin kayu....
Sebenarnya ini lebih tepatnya bukan merupakan sebuah tutorial, tetapi sekedar berbagi pengalaman, dalam hal mengecat melamin kayu.

Akhirnya bisa meluangkan waktu untuk menulis apa yang sedang kami kerjakan, yaitu mengecat melamin daun pintu kayu.

 Ketika pertama kali membeli dan memasangnya, kami tidak langsung mengecatnya. Kami tunggu kira-kira 3 bulan. Sebenarnya penundaan ini awalnya hanya karena saya saja yang sedang ga mood alias males dan capek. Eh,ternyata ada manfaatnya juga.

Jadi, ketika kita membeli perabotan kayu baru dan belum dicat sama sekali, ditunggu semakin lama malah semakin bagus untuk pengecatan, karena kayu jadi lebih kering.

Mari kita mulai proyek cat melamin ini dengan menyiapkan alat dan bahan.
Alat-alat yang dibutuhkan:

1.Masker hidung
2.Kacamata safety
3.Amplas no 240 dan no 400.
4. Kuas
5.Lap kain kering

Siapkan juga bahan-bahan berikut:


  1. Dempul kayu, saya memakai impra wood filler,
  2. Cat impra melamin sanding sealer
  3. Seharusnya juga memakai melamin wood stain sebagai pewarnanya setelah sanding sealer, tetapi saya tidak memakainya. It's OK juga kok..
  4. Cat impra melamin lack clear gloss,
  5. Thinner.

 Semua alat dan bahan bisa dibeli di toko besi dan bangunan. Jangan ke tempat lain.

Langkah Kerja Melamin Kayu

1. Pertama-tama, keselamatan kerja! Pakailah kacamata safety, atau pakai kacamata renang juga boleh. Intinya mata kita terlindung dari paparan serbuk kayu halus yang berhamburan waktu kita amplas/haluskan. Begitu juga pernafasan. Pakailah masker atau kain untuk menutupi hidung anda. Tujuannya agar serbuk kayu tidak masuk saluran pernafasan anda. Nanti takutnya lama-lama bisa terserang infeksi paru-paru.

2. Mulailah mengamplas bidang kerja yaitu daun pintu kayu anda. Perhatikan arah serat kayu. Amplaslah dengan amplas no.240 searah dengan serat kayu. Kuncinya adalah:sabar dan telaten. Amplaslah sampai benar-benar halus. Idealnya adalah sampai corak-corak gambar serat kayu terlihat jelas. Semakin jelas coraknya akan semakin bagus hasilnya.
cara mengamplas kayu untuk dicat melamin

3.Setelah diamplas, bersihkanlah permukaan bidang kerja dari sisa-sisa serbuk kayu dengan menggunakan lap kain kering.

4. Menyiapkan dempul kayu. Campurlah dempul impra wood filler dengan thinner dengan perbandingan 2:1. 
dempul impra melamin
5.Kuaskan larutan impra wood filler tadi ke seluruh permukaan bidang kerja. Lalu tunggu 24jam sampai benar-benar kering.

6.Bersihkan bidang kerja yang telah dilapisi impra wood filler dengan cara diamplas memakai amplas no.400 sampai benar-benar bersih. Tak ada dempul yang tersisa. Bersih dan halus.6. 

Selanjutnya adalah menyiapkan campuran melamin sanding sealer+thinner+hardener dengan perbandingan 9:6:1. Hardener anda dapatkan ketika anda membeli impra melamine sanding sealer. Sudah satu paket dengan hardener. 

7. Setelah siap, kuaskan tipis-tipis campuran melamin sanding sealer di no 6  tadi ke seluruh permukaan bidang kerja. Caranya kuaskan searah arah serat. Perlahan-lahan dan jangan terburu-buru.

8. Tunggu sampai benar-kering, kalau saya,24 jam. Jangan lupa, bilas kuas dengan thinner setelah digunakan sampai bersih, agar besok bisa dipakai lagi dan tidak mengeras.

9. Amplas tipis bidang kerja yang telah mengering. Amplas ambang kertas. Agar pori-pori kayu terbuka lagi dan menghaluskan permukaan yang kemarin dikuas, mungkin ada yang tidak rata.
10. Ulangi langkah no.5 - no.8 sekali lagi.

(Seperti yang sudah saya bilang di awal, setelah tahap ini anda juga bisa memakai Impra Wood Stain terlebih dahulu sebagai pewarna. Saya tidak memakainya)

11.Siapkan campuran melamine lack clear+thinner+hardener dengan perbandingan 9:6:1 secukupnya.

12. Kuaskan campuran no.10 ke seluruh permukaan bidang kerja searah serat kayu. Kali ini searah saja ya, jangan bolak-balik. Jika arah serat vertikal, kuaskan dari atas ke bawah. Jika arah serat horisontal, kuaskan dari kanan ke kiri saja atau kiri ke kanan saja, jangan bolak-balik.

13. Tunggu sampai kering,dan Ta da.. Jadi dech..

 CARA CAT MELAMIN DAUN PINTU



Rincian Biaya

Dalam proyek saya mengecat melamin daun pintu kayu rumah saya , saya menghabiskan biaya:

  1. Melamin Sanding Sealer-sebagai cat dasar......................................Rp 43.500,00
  2. Melamin Lack ML 131 Clear (gloss)-sebagai cat penutup..............Rp 43.500,00
  3. Impra Wood Filler WF-115-sebagai dempul kayu...........................Rp 26.000,00
  4. Kuas Eterna no 633 ukuran 2,5".......................................................Rp 10.000,00
  5. Amplas 240 dan 400 @ Rp 3200/lbr x 15.........................................Rp 48.000,00
  6. Thinner 3liter.....................................................................................Rp 36.000,00
Total biaya yang saya keluarkan..................................................................Rp207.000,00
Dengan biaya itu saya mampu menyelesaikan 3 buah daun pintu @ ukuran 80cm x 200cm serta gawang pintunya.

Demikianlah cara mengecat melamin daun pintu kayu memakai cat impra yang telah saya kerjakan.
Untuk perawatan mebel kayu yang telah anda cat melamin agar tidak cepat kusam, anda bisa membaca cara merawat mebel kayu agar awet dan tidak cepat kusam. semoga pengalaman ini membantu anda. Selamat mencoba...

Saya juga baru saja menyelesaikan proyek mengecat kayu lainnya, tapi tidak memakai teknik melamin. Silahkan baca di Cara Mengecat Rak Kayu.

Silahkan baca juga proyek saya Cara Mengecat Tembok Baru

Up-date kondisi daun pintu kayu yang saya cat melamin di atas setelah berlalu hampir 2 tahun
hasil cat melamin setelah 2 tahun
Daun pintu saya setelah hampir 2 tahun
Anda bisa lihat sendiri, bahwa kondisi daun pintu kayu saya, yang saya cat melamin ini  masih tetap mengkilap dan relatif masih dalam kondisi bagus. 
Untuk perawatan, saya hanya mengelapnya satu bulan sekali dengan kain lembut yang dibasahi cairan Pledge. 
Cairan pembersih pledge bisa anda beli di minimarket terdekat.
Filing Cabinet / Lemari Arsip
Filing Cabinet / Lemari Arsip


Comments

  1. gan kalau untuk penggunaan IMPRA WOOD STAIN itu sebelum atau sesudah IMPRA SENDING SEALER krna setiap kali sy menggunakan IMPRA WOOD STAIN sesudah wood filler itu hasilnya tidak bisa sempurna tlong panduanya gn dan trimaksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. impra wood stain itu sebagai warna dasar, pemakaiannya sesuai petunjuk pengecatan cat impra adalah setelah wood filler dan sebelum pengecatan dengan sanding sealer. Saya sendiri belum pernah memakai wood stain, karena saya membiarkan warna kayu apa adanya. Pewarnaan dengan wood stain yang kurang sempurna mungkin karena faktor jenis kayunya juga, barangkali kayunya masih terlalu lembab.

      Delete
  2. Muantab mas bror, aku pengen njajal ah

    ReplyDelete
  3. Mas...bro mau tanya kalo pakai Impra Wood Filler WF-115-sebagai dempul kayu trs dilanjutkan pakai lankote yg dgn pengencer air apa bisa diaplikasikan? karena secara bahan pengencernya kan sudah beda yg Impra Wood Filler WF-115-sebagai dempul kayu menggunakan thinner sedangkan lankote menggunakan air mohon masukannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf, saya juga belum pernah mencoba yang seperti itu...

      Delete
  4. Syukran mas, nambah ilmu nih.. bisa di aplikasikan buat pintu di rumah ah.., :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, semoga bermanfaat, ini hanya penglaman saya kemarin, saya ceritakan kembali.

      Delete
  5. Makasih ilmunya jadi panduan buat saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, sama - sama. itu cuma pengalaman aja kok..

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  6. Mas..setelah sending sealer..kemudian di amplas lagi..
    Cara amplas nya gimana?
    Sampai timbul permukaan kayu lagi atau sekedar aj.

    ReplyDelete
    Replies
    1. diamplas sekedarnya saja, amplas ringan. Kalau diusap , terasa agak licin. Cuma sekedar untuk membuka pori-pori saja agar lapisan selanjutnya kuat menempel.

      Delete
  7. bang klo kusennya sendiri saja habis berapa itu ya?

    ReplyDelete
  8. keren nih info nya gan, terimakasih
    silahkan baca juga http://www.ahlibeton.co.id/2015/09/floor-hardener.html untuk pembuatan floor hardener

    ReplyDelete
  9. Keren, gan.
    Kalo butuh Melamic Clear Gloss harga bersaing bisa hubungi ane di 0859 7274 6634. Thx.

    ReplyDelete
  10. Mz kalau jendelanya ada yang bolong itu nutupinnya pakai apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kayu yang bolong bisa anda tambal dengan dempul kayu. Berbeda dengan wood filler yang berfungsi untuk menutup pori - pori kayu.
      Dempul kayu bisa anda beli di toko bahan bangunan.
      Atau maksud anda bolong tembus, anda bisa mencampur lem kayu dengan serbuk kayu, lalu anda tambalkan ke kayu yang bolong tadi. Anda bisa memakai lem kayu epoxy misalnya.

      Delete
    2. Ok terima kasih atas infonya.. trus mnta penjelasan yg perbandingan2 mksdnya gmana ya? mnta tlong mnta hitung2annya...

      Delete
    3. perbandingan yang mana ini? misalnya ada perbandingan 2:1 untuk wood filler dengan tiner. Maksudnya jika kita mencampur 2 cangkir wood filler, berarti tinnernya 1 cangkir (separuhnya wood filler).

      Delete
  11. Untuk kayu yang bolong bisa anda tambal dengan dempul kayu. Berbeda dengan wood filler yang berfungsi untuk menutup pori - pori kayu.
    Dempul kayu bisa anda beli di toko bahan bangunan.
    Atau maksud anda bolong tembus, anda bisa mencampur lem kayu dengan serbuk kayu, lalu anda tambalkan ke kayu yang bolong tadi. Anda bisa memakai lem kayu epoxy misalnya.

    ReplyDelete
  12. Caranya gmna mas pk dsran apa, bwt meja mkn yg prnah d cat pk wrna hitam, supaya biar jdi mngkilap kya foto daun pintu di atas,dn bhn2 yg dprlukan apa aja mas,biar bisa mengkilap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk cat melamin pada kayu yang pernah di cat sebelumnya, maka cat yang sebelumnya harus dibersihkan sampai bersih terlebih dahulu.
      Caranya : diamplas pakai amplas no 240 sampai cat sebelumnya hilang dan kelihatan serat kayunya lagi. Setelah bersih, baru di cat melamin sesuai langkah langkah yang telah saya uraikan di artikel. Alat dan bahan sudah saya jelaskan di artikel.

      Delete
  13. Wah mantap ini mas,saya rencana mau bikin meja panjang buat warnet,rencana mau bikin sendiri,kalau di upahkan ke tukang prabot mgkin ga kuat modal sayanya..semoga langkah langkah di atas bisa saya terapkan..1 pertanyaa mas,apakah sama fungsi melamin dengan politur? soalnya kemaren saya menggunakan politur sebagai pengkilap,tapi tidak tahan mas,politurnya menggelupas terkena keringat dang menhitam seperti kotoran..kebetulan yang saya politur meja,jadi setiap hari tangan saya beraktifitas di atas meja tersebut,dan politurnya pudar menjadi kehitam hitaman,dan kotor...

    ReplyDelete
    Replies
    1. melamin sebenarnya sama dengan politur, yaitu berfungsi melapisi kayu dengan warna transparan. Keindahan serat kayu yang ditonjolkan. Bedanya, kalau melamin hasilnya lebih halus, dan prosesnya pun tahap demi thap, tidak sekali jadi. Seperti yang saya kerjakan di atas, ada beberapa lapisan cat yang saya kerjakan untuk obyek yang sama, setiap tahap lapisan saya beri jeda 1 hari sebelum berlanjut ke lapisan selanjutnya. Sehingga relatif lebih awet.

      Sebenarnya dua-duanya memiliki kelemahan yang sama, yaitu tidak tahan air. Untuk pembersihan dilap dengan kain yang dibasahi cairan pledge(bukan air).
      Saya juga ada meja yang di cat melamin, sejauh ini (sekitar 2 tahun) masih baik - baik saja, belum mengelupas.

      Delete
  14. Tipsnya sangat mantap dan membantu sekali..

    ReplyDelete
  15. maaf, mau bertanya sedikit keluar dari topik. Cara mengatasi getah jati yang selalu keluar dan menimbulkan noda menguning saat di cat duco gimana ya?

    ReplyDelete
  16. Permisi mz...
    Bagai mana caranya kalau kita membuat warna pintu yang kita inginkan?...
    Contoh nya warna merah,kuning,biru,atau warna yang lain nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. anda bisa memakai melamin wood stain sebagai pewarnanya setelah sanding sealer, sebelum diberi melamin clear (setelah langkah 10 pada artikel di atas)

      Delete
  17. makasih mas infonya...mau tanya juga klo untuk menonjolkan urat kayu pakai bahan apa ya?...makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahan untuk menonjolkan urat kayu, saya juga tidak tahu. Agar urat kayu terlihat jelas, anda harus mengamplasnya dengan telaten sampai benar - benar licin permukaan kayunya, maka serat kayu akan tampak lebih kelihatan.

      Delete
  18. untuk cat impra sanding sealernya yg mana ya karna ada 3 jenis impra sanding sealer yaitu doff/soft gloss/gloss

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahuku yang ada gloss dan doff itu melamin clear ( diaplikasikan setelah sanding sealer) ..warna gloss lebih mengkilap, sedangkan doff lebih redup.

      Delete
  19. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. please, advertise here http://ibuani.blogspot.co.id/p/pasang-iklan.html

      Delete
  20. Gan, klo memakai clear melamine gloss pada media jati belanda setelah di bakar gimana agar kilap

    ReplyDelete
  21. Bermanfaat bgt ulasannya.. Untuk thinnernya pake yang A/B mas?

    ReplyDelete

Post a Comment

Jika komentar anda / jawaban komentar tidak muncul, klik tulisan "loading" atau tulisan "load more" sampai komentar anda muncul. Atau silahkan bertanya lewat "Kontak Kami"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sponsored By

Kontak Kami

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Cara Mudah Pengaduan dan Keluhan Pelanggan Listrik PLN

Cara dan Syarat Mengurus Perubahan Data Kepesertaan BPJS Kesehatan

Cara dan Persyaratan Mengurus Pernikahan dan Surat Nikah di KUA Dilengkapi Gambar Alurnya

Cara Mengasah Gergaji Potong yang Benar

Cara Mendaftar Sebagai Pasien di Puskesmas

Cara Mudah Mengecat Rak dari Kayu dan Triplek Untuk Pemula

Cara Mudah Memasang Instalasi Lampu Rumah