pasang

Merencanakan Rekreasi Keluarga Tanpa Biaya

Merencanakan Rekreasi Keluarga Tanpa Biaya
Ritme kehidupan melaju seperti kereta KRL. Mungkin juga seperti kapal feri Merak - Bakauheni. Hiruk pikuk, desak - desakan sesama penumpang, antri, capek, penat adalah makanan sehari - hari.
Sehari - hari bertebaran di seluruh penjuru bumi untuk menjemput rezeki agar roda perekonomian keluarga bisa terus melaju mengejar lajunya kehidupan.

Bahkan, sekedar mengurus Kartu Keluarga dan akte kelahiran juga cukup melelahkan loh..

Ayah lelah mencari nafkah. Ibu lelah mengurus rumah. Anak - anak lelah bersekolah.

Begitu semangatnya, obsesi, dan target yang dikejar, sering membuat sebagian kita lupa untuk istirahat. Refreshing. Memberi kesempatan pada badan dan pikiran untuk melakukan pemulihan. Ibarat mesin yang sekali - kali perlu juga diservice, agar performanya tidak menurun, dan tetap produktif.

Beberapa orang enggan / melupakan sesi refreshing bersama keluarga karena masalah biaya. Mereka berpikir, sayang buang - buang uang hanya untuk pelesiran yang tidak produktif.
Lalu, benarkah jika anda tidak memiliki budget untuk refreshing berarti anda tidak bisa rekreasi?

Berikut ini jenis rekreasi yang tidak memerlukan banyak biaya. Sebelumnya saya ingin mengingatkan kembali, bahwa rekreasi di sini dalam artian "menyegarkan kembali badan dan pikiran" dari segala bentuk kecapekan, kelelahan, kebosanan, penat, target, tagihan, tuntutan, dan lain - lain.


Apa saja jenis rekreasi sedikit biaya itu ?

  1. Mendekatkan diri kepada Tuhan. Ini yang paling pokok. Sisakan dari waktu sibuk anda untuk mendekat kepada Tuhan, beribadah, menyerahkan diri kepada- Nya dan lakukan hal - hal baik kepada orang lain sebagai wujud ibadah kita kepada Tuhan. Tersenyumlah dan cintailah sesama. Inilah sumber ketenangan jiwa dan kesegaran badan. 
  2. Bermain bersama keluarga di halaman rumah. Ajak seluruh anggota keluarga untuk melakukan permainan sederhana di halaman rumah. Main bola, main engklek, main kelereng, main layang - layang, dan banyak lagi. Intinya permainan yang menyenangkan yang memungkinkan setiap anggota keluarga terlibat dan saling berinteraksi secara langsung.
  3. Pergi ke rumah kakek/nenek . Termasuk di sini adalah berkunjung ke rumah saudara. Sebuah kunjungan keluarga. Saling bertukar cerita, bermain, bercanda antar keluarga akan menyegarkan pikiran dan mempererat hubungan kekerabatan. Kami juga pernah melakukannya di Liburan ke rumah nenek di Kulon Progo. Bisa juga dengan sedikit biaya mengadakan acara "lotisan" bersama. Tahu "Lotisan" ? Itu loh, aneka buah - buahan seperti mangga, pepaya, kedondong, bengkoang, dan sebagainya di potong- potong bersama - sama, lalu dimakan bersama - sama dengan sambal gula merah.
  4. Berkunjung ke Perpustakaan. Berkunjung ke perpustakaan bisa juga sebagai alternatif rekreasi keluarga yang tidak memerlukan banyak biaya. Bacalah buku - buku yang tidak berat. Anda bisa membaca buku - buku ensiklopedia, fiksi, atau majalah. Menambah wawasan sekaligus menyegarkan pikiran.
  5. Bersepeda pagi bersama. Tidak usah jauh - jauh. Cukup bersepeda keliling desa / kampung.  Badan sehat pikiran segar. 
  6. Memasak bersama. Ketika liburan, tidak ada  salahnya anda mengajak seluruh anggota keluarga berbagi tugas membuat sebuah masakan lezat favorit keluarga. Ada yang mencuci sayur, ada yang memotong bawang, ada yang membuat adonan, dan lain - lain. Intinya semua anggota keluarga melakukan aktifitas bersama. Kegitan lain yang sejenis ini adalah berkebun bersama di pekarangan rumah.
Masih banyak lagi bentuk rekreasi yang tidak memerlukan banyak biaya yang bisa anda kerjakan bersama sekeluarga. Ayo, ceritakan pengalamanmu rekreasi bersama keluarga di sini, agar bisa dijadikan referensi keluarga lainnya. Semoga keluarga anda semakin bahagia dan harmonis. 

Untuk keharmonisan keluarga, baca juga "Cara Menghindari Perceraian dalam Pernikahan".

Comments

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sponsored By

This Blog is protected by DMCA.com

Kontak Kami

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Cara Mudah Pengaduan dan Keluhan Pelanggan Listrik PLN

CARA CAT MELAMIN DAUN PINTU

Cara dan Syarat Mengurus Perubahan Data Kepesertaan BPJS Kesehatan

Cara dan Persyaratan Mengurus Pernikahan dan Surat Nikah di KUA Dilengkapi Gambar Alurnya

Cara Mudah Mengecat Rak dari Kayu dan Triplek Untuk Pemula

Modus Penjualan Penjual Cat Sisa Proyek

Cara Mengasah Gergaji Potong yang Benar