pasang

Mencoba Bijak Menyikapi Kenaikan Tarif Dasar Listrik Rumah Tangga 900 VA

Menyikapi Kenaikan Tarif Dasar Listrik Rumah Tangga 900 VA
Petugas PLN
Tarif listrik bulan ini bagi rumah tangga pelanggan 900va kembali naik. Tidak tanggung - tanggung, kenaikannya jika diakumulasikan sejak Januari 2017 bisa lebih dari 100 %. Jika biasanya listrik habis Rp 90.000,00 - Rp100.000,00 per bulan, pada bulan Juni ini kena Rp 220.000,00 untuk pemakaian yang sama seperti biasanya.

Pemerintah memang telah mencabut subsidi listrik untuk "rumah tangga mampu" dengan daya 900VA mulai 1 Januari 2017, kemudian secara bertahap 1 Maret, 1 Mei, dan 1 Juli.

Pemerintah menilai bahwa dari sekitar 23 juta pengguna listrik rumah tangga 900VA, hanya 4,1 juta pelanggan saja yang masih layak untuk menikmati subsidi listrik. Sisanya dinilai sudah mampu untuk membayar tarif listrik sesuai dengan harga keekonomian.

Dengan dicabutnya secara bertahap subsidi listrik ini, artinya akan terjadi kenaikan tarif listrik golongan 900VA secara bertahap juga.

Tahap kenaikan tarif dasar listrik rumah tangga 900VA

  1. 1 Januari 2017 terjadi kenaikan sebesar sekitar 35%, dari Rp 605,00 per kwh naik menjadi Rp 790,00 per kwh.
  2. 1 Maret 2017 terjadi kenaikan sebesar 38 %, tarif menjadi Rp 1.090,00 per kwh
  3. 1Mei 2017 terjadi kenaikan 24%, besar tarif menjadi Rp 1.352,00 per kwh
  4. 1 Juli 2017 tarif listrik 900 VA akan sama dengan golongan 1300 VA , yaitu ikut tariff adjusment, artinya besarnya tarif menyesuaikan fluktuasi harga minyak dan kurs dollar Amerika. Bisa naik, bisa turun.

Apa yang harus dilakukan rumah tangga 900 VA yang dianggap mampu oleh pemerintah, akan tetapi merasa berat menanggung besarnya kenaikan tarif?

  1. Instrospeksi diri. Pemerintah mungkin anda angap kurang bijak dalam hal pencabutan subsidi listrik anda. Akan tetapi, sebelum anda menyalahkan pemerintah, ada baiknya anda instrospeksi diri. Jangan - jangan anda memang keluarga dengan ekonomi cukup sehingga tidak layak mendapat subsidi. Anda bisa membeli paket internet ratusan ribu setiap bulan. Anda memiliki mobil dan beberapa sepeda motor dengan anggaran untuk pembelian BBM  mencapai 1 juta. Anda memakai banyak alat elektronik mewah, pendingin ruangan, PC, mesin cuci, kulkas, main PS, dan sebagainya. Meski dalam hati kecil saya, apakah mungkin pemakai listrik 900VA di rumah bisa menghidupkan semua alat elektronik mewah tadi? Logikanya kalau seseorang memakai listrik yang hanya 900  VA, mana mungkin dia bisa memakai alat - alat elektronik mewah tadi di rumahnya sehingga dia dianggap keluarga mampu oleh pemerintah.
  2. Jika anda bisa menerima bahwa anda termasuk keluarga "mampu" yang tidak layak menikmati subsidi listrik, maka anda harus melakukan penghematan besar - besaran. Ingat, tarif listrik anda juga akan naik besar - besaran. Sementara penghasilan anda tidak terjadi peningkatan yang signifikan. Kurangi main PS, matikan lampu jika tidak digunakan, kurangi nonton TV, apa lagi ya yang harus di hemat? Matikan AC mungkin, buka jendela rumah anda. Biarkan sirkulasi udara alami masuk ke rumah anda. Perasaan sejak dulu sudah sehemat mungkin...Mungkin ini saatnya merubah gaya hidup.
  3. Jika anda merasa bahwa anda layak dapat subsidi, maka jalan yang bisa anda tempuh adalah melakukan pengaduan kepada pemerintah.
    • Pengaduan disampaikan ke kantor desa atau kelurahan setempat.
    • Anda mengisi formulir pengaduan yang disediakan oleh kelurahan.
    • Perangkat desa /kelurahan akan meneruskannya ke tingkat kecamatan.
    • Kecamatan secara online akan meneruskan ke Posko Pengaduan Pusat.
    • Selengkapnya bisa anda lihat di http://subsidi.djk.esdm.go.id/ 
Hindari tindakan kontra produktif menyikapi pencabutan subsidi ini. Berhati - hatilah dalam menumpahkan kekesalan kenaikan tarif ini di media sosial. Bisa - bisa anda berurusan dengan hukum .
Jika memang anda merasa layak dapat subsidi, lakukanlah pengaduan melalui jalur yang benar. 
Mudah - mudahan anda mendapat respon yang baik jika beruntung.

Kami sendiri termasuk warga masyarakat yang merasa keberatan dengan pencabutan subsidi ini. Saya pelanggan 900 VA. Saya tidak menjelaskan terperinci, tapi saya merasa sebagai rakyat kecil yang layak dapat subsidi. 
Layak dapat subsidi kok punya komputer buat ngeblog? Yah, komputer rakitan murahan ini, gaji umr nabung 500 ribu tiap bulan,  4-5 bulan juga bisa beli.
Punya motor? Ada, dua malah. Dua - duanya motor bekas harga 2 jutaan.

Apakah Kami melakukan pengaduan ? Tidak. Kenapa? Malas. Punya komputer, ada motor bekas, ada mesin cuci bekas, nanti disurvei, ujung - ujungnya ditolak! 
Lalu?
Kami sabar saja, tetap bekerja keras supaya bisa mengejar kenaikan tarif PLN 900 VA.

pengaduan kenaikan tarif llistrik pln
Bekerja keras mengejar kenaikan tarif  PLN 900 VA




Referensi :
  1. Pengalaman pribadi
  2. http://solo.tribunnews.com/2017/05/12/keberatan-subsidi-listrik-900va-anda-dicabut-lakukan-pengaduan-dengan-cara-ini
  3. http://subsidi.djk.esdm.go.id/portal/informasi/alur_proses;jsessionid=-Xy4geWZ-KOWLMSIEUJl_bc-P6Weu554PgW6d08Ixuv7nNIMWly8!784355982

Comments

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sponsored By

Kontak Kami

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Cara Mudah Pengaduan dan Keluhan Pelanggan Listrik PLN

Cara dan Syarat Mengurus Perubahan Data Kepesertaan BPJS Kesehatan

Cara dan Persyaratan Mengurus Pernikahan dan Surat Nikah di KUA Dilengkapi Gambar Alurnya

Cara Mengasah Gergaji Potong yang Benar

CARA CAT MELAMIN DAUN PINTU

Cara Mendaftar Sebagai Pasien di Puskesmas

Cara Mudah Mengecat Rak dari Kayu dan Triplek Untuk Pemula

Cara Mudah Memasang Instalasi Lampu Rumah