pasang

Persiapan Membuka Toko Sembako Rumahan

 Membuka Toko Sembako Rumahan
Salah satu peluang usaha yang menjanjikan dan mudah dijalankan adalah dengan membuka toko sembako kecil - kecilan di rumah. Anda bisa menjadikan usaha ini bisnis utama ataupun sekedar usaha sampingan di rumah.

Tentunya, kita harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan perencanaan yang baik sebelum mulai membuka usaha toko sembako rumahan ini. Ada beberapa persiapan yang harus anda ketahui dalam membuka toko sembako rumahan

  1. Tempat usaha. Sebagai sebuah usaha rumahan, tentu anda harus menyediakan bagian khusus dari rumah anda untuk dijadikan tempat usaha, meskipun kecil. Pastikan bagian yang paling strategis, menghadap jalan utama dan mudah diakses oleh pelanggan. Jangan campur antara tempat usaha dengan kegiatan keluarga di rumah anda. Jika anda memliki modal berlebih, tidak ada salahnya anda membangun kios tersendiri di depan rumah anda sebagai tempat usaha toko sembako anda.
  2. Peralatan Toko. Meskipun hanya toko kecil - kecilan, hendaknya toko kecil sembako anda memiliki peralatan yang memadai yang dapat menunjang kegiatan operasional di toko anda. Peralatan ini meliputi, kalkulator untuk menghitung, timbangan, etalase / rak untuk memajang dagangan dengan rapi, Kantong plastik, dan lain - lain.
  3. Kelengkapan barang dagangan. Dalam membuka toko sembako di rumah, kelengkapan dagangan sangatlah penting. Jangan sampai anda sering membuat kecewa pelanggan karena mereka tidak mendapatkan apa yang sedang mereka butuhkan di toko anda. Sebagai konsumen, pelanggan anda tentu ingin bisa memenuhi beberapa kebutuhannya dari satu tempat saja tanpa harus mondar - mandir mencari ke beberapa toko. Jika toko sembako anda lengkap, tentu para pelanggan akan menjadikan toko anda sebagi langganan tempat di mana mereka bisa memenuhi segala keperluan sehari - hari.
  4. Harga jual produk. Harga jual suatu produk sembako sangat menentukan laku tidaknya toko sembako anda. Ada dua pendekatan yang bisa anda pakai dalam menentukan harga jual produk toko sembako anda. Pertama pendekatan produksi. Anda tetapkan harga jual produk anda dari jumlah biaya produksi ditambah sedikit keuntungan yang anda inginkan. Pendekatan yang kedua adalah pendekatan harga pasar. Dalam menentuka jumlah keuntungan pada harga jual produk sembako anda, anda juga harus memperhatikan harga pasar. Tetapkanlah harga yang kompetitif dengan harga pasar, Pelanggan toko sembako akan sangat memperhatikan selisih harga antara toko sembako  yang satu dengan toko sembako yang lain,walupun hanya selisih seratus duaratus rupiah saja.
  5. Untuk manajemen stok barang dan transaksi yang lebih baik, anda bisa mencoba memakai aplikasi pertokoan MiniMart.  Aplikasi yang memudahkan anda sebagai pemilik toko untuk mengecek stok barang yang telah kurang atau habis.
Itulah beberapa hal yang harus anda ketahui dalam persiapan membuka toko sembako rumahan. Jangan lupa untuk melayani pelanggan sepenuh hati ramah dan murah senyum. Semoga dengan toko sembako rumahan ini bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga anda.

Comments

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sponsored By

This Blog is protected by DMCA.com

Kontak Kami

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Cara Mudah Pengaduan dan Keluhan Pelanggan Listrik PLN

Cara dan Persyaratan Mengurus Pernikahan dan Surat Nikah di KUA Dilengkapi Gambar Alurnya

CARA CAT MELAMIN DAUN PINTU

Cara Mengasah Gergaji Potong yang Benar

Cara dan Syarat Mengurus Perubahan Data Kepesertaan BPJS Kesehatan

Cara Bertahan Hidup Dengan Gaji Pas-pasan 1 (satu) Juta Saja

Cara Mendaftar Sebagai Pasien di Puskesmas