pasang

Memulai Bisnis Kecil Sampingan Ibu di Rumah, Solusi Menambah Pemasukan Keluarga



Memulai Bisnis Sampingan di Rumah



Apa kabar ayah bunda semua? Semoga segala sesuatunya berjalan sebagaimana yang kita harapkan. Langsung saja ke topik yang akan kami bagikan kepada ayah bunda semua… Memulai bisnis sampingan yang bisa dijalankan dari rumah. 

Mengapa kita harus memulai bisnis sampingan dari rumah ibu – ibu? Semua yang akan saya bagikan di sini adalah berdasarkan pengalaman nyata keluarga kami, semoga menginspirasi.

Kita sekarang hidup di zaman yang semakin keras, persaingan hidup tak terhindarkan. Ketika pertumbuhan ekonomi Negara kita tidak menggembirakan, di mana nilai tukar rupiah kian jatuh terhadap dolar AS , banyak industri gulung tikar, berakibat banyaknya terjadi PHK (Pemutusan Hubungan Kerja). Pada saat yang sama harga – harga kebutuhan pokok terus saja merangkak naik di saat daya beli masyarakat kian merosot.

Ketika banyak pencari kerja tidak juga mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan harapan mereka karena ketatnya persaingan kerja, sebagian dari mereka memilih menjadi pengangguran dan menjadi beban masyarakat. Sebagian yang lain mencoba realistis menerima pekerjaan apa saja yang penting mereka tetap mendapat penghasilan walaupun tidak memadai. 

Bagaimanapun juga kita harus tetap bersyukur berapapun penghasilan suami kita. Kondisi perekonomian pada umumnya memang sedang sulit. Maka dari pada kita capek memaki – maki pemerintah ataupun demo di jalanan menuntut kenaikan upah pekerja, mari kita alihkan energi kemarahan kita ke hal – hal yang lebih positif dan produktif. 

Saya ingin mengajak ibu – ibu semua untuk mencoba mengatasi penghasilan suami yang belum mencukupi dengan memulai usaha sampingan yang mudah di jalankan dari rumah oleh semua ibu rumah tangga dan dengan modal yang tidak terlalu besar. Lalu usaha apa saja yang bisa dijalankan oleh seorang ibu rumah tangga dari rumahnya? Saya akan berikan contohnya.

Ini hanya contoh loh ya, masih banyak yang lain, tapi setidaknya ini adalah yang telah kami jalankan saat ini, dan hasilnya lumayan.

1.       Berjualan pulsa elektrik
Ini adalah cara yang paling mudah dalam memulai usaha sampingan di rumah bagi  ibu rumah tangga. Untuk memulai bisnis ini, ibu – ibu hanya membutuhkan modal awal tidak lebih dari seratus ribu rupiah saja sebagai deposit awal dan pendaftaran. 

Ibu – ibu bisa mendatangi agen penjualan pulsa terdekat yang menawarkan deposit pulsa sehingga bisa di jual kembali. Di samping itu tentu saja kita juga harus mempunyai hp, sederhana saja yang penting bisa untuk sms, untuk bertransaksi penjualan pulsa nantinya.

Prospek usaha
Usaha ini sangat menjanjikan , karena sekarang ini hampir semua orang memiliki telepon seluler. Lagi pula pulsa yang kita jual juga tidak hanya untuk pengguna telepon seluler, tetapi juga bisa melayani pulsa listrik dan data.  Jika dalam setiap transaksi kita mengambil untung Rp. 500 saja, maka jika sehari ada 20 tansaksi saja, kita sudah mendapatkan penghasilan Rp. 10.000 sehari tanpa harus bekerja berat. Apalagi jika kita bisa mendatangkan 100 pembeli perharinya.

2.       Membuka jasa laundry
Untuk membuka usaha jasa laundry, maka anda membutuhkan modal untuk membeli mesin cuci seharga kira – kira 5 juta. Anda juga butuh setrika.  Akan tetapi jika anda sudah memilikinya di rumah, maka tinggal digunakan saja. Lalu anda tinggal membeli plastik pembungkus, deterjen, pewangi dan pelembut pakaian.

Prospek usaha
Mengingat masyarakat sekarang ini semakin serba instan, dan sibuk dengan pekerjaannya, maka usaha jasa laundry cuci setrika ini cukup menggiurkan. Apalagi jika anda tinggal di pemukiman padat penduduk. 

Saat ini pengguna jasa laundry tidak hanya anak kos yang kuliah saja, tetapi ibu rumah tangga yang juga bekerja membantu keuangan suami mereka, cukup sibuk untuk mencuci pakaian keluarga mereka sendiri. Sehingga segmen konsumen dari usaha ini semakin meluas. 

Kunci dari usaha laundry ini adalah kualitas, kebersihan, kerapian, keharuman dan tepat waktu.
Untuk tarif laundry Rp. 3000 / kg , maka jika sehari anda bisa menyelesaikan 50 kg pakaian , maka omset anda per hari adalah Rp 150.000. jika laba sebesar 20%, maka pemasukan anda dari bisnis ini Rp 30.000 per hari. Lumayan bisa buat beli bumbu dapur...

3.       Membuka usaha kamar kos
Untuk menjalankan usaha kamar kos ini, anda harus mengeluarkan banyak modal , kecuali anda sudah memiliki satu atau dua kamar kosong di samping rumah anda. Seperti yang keluarga kami jalankan saat ini, kami memiliki 3 kamar yang kami sewakan, setiap kamar kami pasang tarif 1,5 juta per bulan. Maka setiap 6 bulan kami menerima pemasukan 4,5 juta tanpa harus bekerja.

Itu semua adalah jenis usaha yang selama ini telah saya jalani. Lumayan buat menutupi kekurangan penghasilan suami dan sedikit bisa menabung setiap bulannya. 

Masih banyak jenis usaha lainnya yang bisa kita jalankan. Kami hanya menceritakan apa yang telah kami praktekkan saja.


Cara Mempromosikan Usaha Kecil Sampingan Keluarga
Salah satu cara berpromosi yang paling efektif dan efisien bagi seorang ibu rumah tangga pengusaha kecil pemula adalah dengan internet. Berikut ini promosi online yang telah dan sedang kami lakukan. Hasilnya? It works banget lah!

  • Anda bisa mendaftarkan bisnis anda di Google Bisnisku. Dengan mendaftarkan usaha anda di google bisnisku, bisnis anda akan muncul di pencarian google, google map pada lokasi sekitar . Anda bisa membuatnya gratis.
  • Anda juga bisa membuat blog sederhana untuk mengenalkan bisnis kecil anda. Blog sederhana tetapi memiliki konten berkualitas tentang segala informasi yang orang banyak butuhkan dan berkaitan dengan produk anda. Anda bisa membuatnya gratis di blogger. Ini contoh blog laundry kami Aniah Laundry.
  • Memasarkan produk anda di berbagai grup jual beli di media sosial.  

 Mengarungi hidup berumah tangga dengan penghasilan pas – pasan memang rentan depresi dan mudah sekali memicu konflik rumah tangga. Untuk itu kita harus menyikapinya dengan positif,mencari jalan keluar dengan tenang dan senantiasa berdoa kepada Allah. 

Kemarahan dan keputus asaan tidak menyelesaikan apapun dan tidak menghasilkan apapun. Semoga artikel kami kali ini benar – benar memberi manfaat bagi kehidupan berkeluarga ibu – ibu semua.

Comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Post a Comment

Jika komentar anda / jawaban komentar tidak muncul, klik tulisan "loading" atau tulisan "load more" sampai komentar anda muncul. Atau silahkan bertanya lewat "Kontak Kami"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sponsored By

Kontak Kami

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Cara Mudah Pengaduan dan Keluhan Pelanggan Listrik PLN

Cara dan Syarat Mengurus Perubahan Data Kepesertaan BPJS Kesehatan

Cara dan Persyaratan Mengurus Pernikahan dan Surat Nikah di KUA Dilengkapi Gambar Alurnya

Cara Mengasah Gergaji Potong yang Benar

CARA CAT MELAMIN DAUN PINTU

Cara Mendaftar Sebagai Pasien di Puskesmas

Cara Mengurus Surat Keterangan Tinggal Sementara (SKTS)

Cara Bertahan Hidup Dengan Gaji Pas-pasan 1 (satu) Juta Saja