Tips Aman dari Pencopet Ketika Bepergian Menggunakan Angkutan Umum

Tips Aman dari Pencopet Ketika Bepergian Menggunakan Angkutan Umum

Halo bapak ibu muda semuanya? Apa kabar? Mudah - mudahan segala sesuatunya berjalan lancar. Di tengah sibuknya kita beraktivitas, tentu kita ingin ada waktu - waktu tertentu untuk bersantai, refreshing. Salah satu bentuk refreshing yang sering kita lakukan adalah dengan bepergian mengunjungi tempat - tempat wisata, museum, ke luar kota, dan sebagainya.

Salah satu destinasi untuk refreshing adalah Kota Yogyakarta. Di sini anda bisa mengunjungi museum, Kraton, pantai, wisata adukatif, atau bahkan sekedar berbelanja di Malioboro. Salah satu yang harus kita ketahui ketika kita berencana untuk mengunjungi suatu daerah adalah angkutan umum.

Pada beberapa waktu yang lalu, kita pernah mengulas sedikit mengenai jalur bus kota di Yogyakarta. Nah , kali ini kami ingin membahas tentang Tips Aman Menghindari Copet Ketika berada di angkutan umum. Berikut tips aman dari gangguan pencopet :


  1. Simpanlah barang berharga anda di tempat yang paling aman. Akan lebih baik jika pakaian anda memiliki saku tersembunyi, khusus untukmenyimpan barang - barang berharga. Anda bisa meminta tolong tikang jahit untuk membuatkannya.
  2. Jika anda membawa tas, taruh  atau selempangkan di sebelah depan tubuh anda, dan pastikan anda bisa mengawasinya dengan mudah. Jika ditaruh di sebelah belakang badan,bisa saja si pencopet  merobeknya tanpa kita ketahui.
  3. Wapadalah saat terjadinya naik  turun penumpang yang berdesak - desakan. Saat berdesak - desakan akan keluar atau masuk ke bus, orang bisa saja terlena dan tidak sempat mengawasi barang bawaannya. Kesempatan inilah yang bisa dimanfaatkan pencopet untuk melancarkan aksinya.
  4. Jangan memakai perhiasan yang berlebihan. Termasuk dalam hal ini adalah jangan mengeluarkan telepon seluler yang mewah di dalam angkutan umum. Barang - barang tersebut sangatlah menggoda para pencopet/penjambret. Mudah dijual lagi dengan harga yang tinggi.
  5. Cepat -cepatmenghindar jika didekati 3 - 5orang dengan gelagat yang mencurigakan. Salah satu trik yang dilakukan gerombolan pencopet adalah dengan menjatuhkan sesuatu di depan anda, untuk membuyarkan konsentrasi anda, dengan begitu temannya yang lain bisa melancarkan aksinya dengan lebih mudah.
  6. Usahakan tidak pergi sendirian, terutama wanita. Para pencopet akan semakin berani dengan orang yang sendirian dan wanita. Dengan pergi bersama teman , anda bisa saling mengawasi, dan pastinya pencopet akan mempertimbangkan lebih dalam lagi untuk memutuskan mencopet anda.
  7. Jangan memasuki bus kosong yang lagi ngetem di terminal. Anda akan menjadi sasaran empuk bagi orang yang berniat jahat. Anda sendirian, dan mereka bergerombol.
  8. Berpenampilanlah secara bersahaja.
Itulah di antara bentuk kewaspadaan kita tatkala kita bepergian menggunakan angkutan umum. Jangan mudah percaya dengan orang asing, bersikaplah ramah tetapi penuh kewaspadaan.

Demikian tip aman dari pencopet didalam bus, semoga bermanfaat.

Comments

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kontak Kami

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Cara Share Lokasi Rumah Saat tidak Berada di Rumah

Cara Mengurus Surat Keterangan Tinggal Sementara (SKTS)

CARA CAT MELAMIN DAUN PINTU

Panduan Pemasangan Kabel Pada Stop Kontak (Dengan Gambar Step By Step)

Cara Mudah Mengecat Rak dari Kayu dan Triplek Untuk Pemula

Cara Mengurus Pembuatan Kartu Keluarga (KK) Baru

Cara Mengasah Gergaji Potong yang Benar

Cara Mudah Pengaduan dan Keluhan Pelanggan Listrik PLN

Cara Mudah dan Praktis Membersihkan AC Rumah Sendiri