Setahun ibuani.blogspot.com : Behind the Scene


Halo agan dan aganwati semuanya... Apa kabar? Assalamu'alaikum.
Wah, sudah pada mandi semua nih, cakep - cakep seger -seger... Tumben nih judulnya pake bahasa Inggris. Iya,kan biar keren gitu.

 Apa itu maksud behind the scene? Apa ya, ane juga lupa. Gini aja, agan pernah nonton film kan? Pas filmnya udah selesai, biasanya kan ada tuh, tayangan cuplikan - cuplikan bagaimana proses pembuatan film  tadi.

Sering kan kejadian, di mana ada cuplikan para pemeran sedang melakukan rekaman adegan - adegan yang gagal, lucu deh lihatnya. Waktu kita nonton filmnya aja sampe tegang gitu, ternyata pas pembuatan/perekaman adegannya, para pemeran cengengesan.

Nah begitu juga artikel ane kali ni, yah itung - itung buat selingan pelepas lelah. Jadi ini tentang suka duka ane bangun blog ini. Bagaimana proses pengumpulan bahan tulisan, menemui narasumber, praktek langsung, dan masih banyak lagi.

 Wah, sudah kayak wartawan aja ane.. Ok, kalau agan semua udah pada mandi, duduk yang manis dan mari kita ikuti ceritanya.

Setahun Ngeblog
Tidak terasa sudah satu tahun blog ini hadir di dunia maya ini... ada suka , ada duka, ada - ada saja yang bisa kami posting di blog ini.

Semua ini tentu atas seizin Allah dan dukungan para pembaca sekalian. Terima kasih atas responnya, ada komentar, ada pertanyaan, bahkan ada yang bermurah hati membagikan pengalamannya.. Semoga amal kebaikan agan semua diterima.

Kedua, saya juga berterimakasih  kepada para narasumber langsung maupun tidak langsung yang telah bekontribusi memberikan ilmu dan pengalamannya yang berharga untuk di posting di blog ini.

Loh  kok ada narasumber tidak langsung? Iya gan, maksudnya dia ga sadar kalo ane jadikan nara sumber, contohnya saja pas ane ngobrol kesana - kemari sama orang lain, kadang apa yang diomongin lawan bicara ane bisa ane sulap jadi sebuah artikel loh.
Contoh lebih spesifiknya nanti ya di bawah.

Alasan Ngeblog : Ngapain Ente Nulis Blog Segala?

Mengawali semua ini, ane ajukan pertanyaan mewakili agan semua, pertanyaannya : Ngapain lu ngeblog? Kurang kerjaan? Emang..  Nyari sensasi?
 Bisa jadi.  
Bakat menulis? Gak juga, cuman hobi. Atau...pengen nyari duit ya?...Sst jangan keras - keras, ntar pada ikut-ikutan ngeblog lagi!

Yah, intinya ane juga ga bisa pastikan mana dari alasan - alasan itu yang paling membuat ane mau menulis di blog.
Prinsip ane simpel saja sebenarnya, aksi apa saja yang bisa mendatangkan manfaat bagi diri sendiri maupun orang lain, dan ane mampu untuk itu, kenapa kacang? Why nut?
pengalaman ngeblog
acak - acakan, tanda kalo ane hobi baca-tulis!


Ibuani? Mengapa namanya ibu ani?
Suka - suka ane lah... Itu nama istri ane. Meskipun hampir semua artikel di blog ini ane yang nulis, tapi ada 2 artikel tulisan isteri ane di blog ini. Yang mana? Cari aja sendiri... :)

Bagaimana ente nulis alias ngisi blog ini?

Pertanyaan selanjutnya : bagaimana ente nulis artikel di blog ini? Nah inilah bagian yang akan ane singgung sesuai judul artikel ini,behind the scene!

Cerita suka duka lika - liku, jatuh-bangun, kesana - kemari ngejar "setoran" buat posting artikel di blog kesayangan ini. Ane tentu saja tidak akan menceritakan latar belakang "pembuatan" semua judul artikel yang sudah ane posting di blog ini secara spesifik, karena di samping capek,memang ga semua artikel ada kisah yang melatarbelakanginya.
kisah sukses ngeblog
tempat ane nulis artikel


Cara cat melamin kayu, behind the scene...

Ini nih artikel kesukaan ane, berdasarkan pengalaman real ane , skill bicara di artikel ini. Artikel yang berhasil nongkrong di halaman pertama pencarian google berbulan - bulan (hampir setahun) dengan kata kunci 'cara cat melamin', cat melamin' ,teknik melamin kayu', dan berbagai kata kunci terkait lainnya.

Bagaimana ceritanya bisa sampai ada artikel ini? Semuanya berawal ketika kami baru saja memasang pintu rumah kami. Pintunya terbuat dari jati muda. Ada 7 daun pintu baru dan 2 jendela yang juga baru.

Jadi kondisinya masih polos, belum dicat.  Ini terjadi pas awal- awal blog ini dibikin. Ane berencana akan mengecat semua ini sendiri, ane yang berbuat, ane juga yang akan mengecatnya, itu prinsipnya.

Berbekal pengetahuan singkat dari teman ane yang tukang cat profesional, ane beranikan diri ane, mengerjakan semua ini sendiri. Jadi ane pagi kerja, sore ngecat, malamnya ngeblog! Gila! Kapan tidurnya? Capek!

Sambil ngecat, sambil foto - fotoin juga tahap demi tahap proses pengecatan buat bahan nulis artikel malamnya. Cekrek..!

Selama proses pengecatan, ada tetangga yang lihat, ih jadi malu. Beberpa tetangga kasih masukan tentang cara mengecat yang baik dan benar, sesuai ejaan yang telah disempurnakan...!
Tetangga ane kan mayoritas tukang bangunan.

Hari berganti hari, akhirnya kelar  juga proyek ngecat ane. Hasilnya?  wow! Ya, ente harus bilang wow..! Sambil jingkrak - jingkrak juga boleh, tapi ga usah salto ya..bahaya. Diluar ekspektasi. Hasilnya keren abis.
Tetangga aja sampai heran, geleng- geleng kepala mungkin. Ternyata bisa ngecat juga ane...
Mak ane berhasil!

Kerennya lagi, selang sekitar satu bulan saja artikel ane ini langsung nangkring di halaman pertama pencarian google.. Lumayan, untuk blog ane yang masih baru bikinan pemula dan tanpa SEO yang rumit  sudah bisa mendatangkan kunjungan 20- 30 orang per hari dari mesin pencari waktu itu.
kisah sukses blogger
halaman pertama google


cat melamin
hasil ngecat ane














Pernah juga ane nemenin tukang lisrik yang lagi pasang instalasi di rumah, ane temenin sambil ane curi ilmunya, hingga jadilah artikel ane Cara Memasang Lampu di Rumah.

Kemudian pernah juga, ane dapat triplek sisa proyek bangunan, ada 1 lembar triplek panjang 2 meter lah. Lalu ane dapat ide untuk menjadikannya rak sepatu. Langsung ane buat rak sepatu, sambi foto - foto tiap tahap pembuatannya. Jadilah artikel Cara Membuat Rak Sepatu Gantung.

Hasilnya, banyak dari artikel - artikel itu yang nangkring di halaman pertama pencarian google.
Setelah itu ane jadi semangat ngeblog gan. Ane tiap malam begadang.
Lagian, paketan internet ane juga paket malam hari, jam 12 malam sampe jam 6 pagi. Gimana lagi, itu paketan paling murah yang bisa ane beli. Selain itu, kalo siang atau sore, ane ga mungkin ngeblog, banyak "gangguan " di rumah.

Pernah ane nyoba ngetik artikel di sore hari. "Pak, ntu si kecil berantem sama kakaknya", ga jadi ngetik. "Pak main gim dong" Ga jadi ngetik lagi. "Pak, ke pasar yuk.." Batal lagi. Pokoknya ribet dah kalo ngeblog selain malam hari.

Begadang Ngeblog
Ngeblog di malam hari pun tidak semudah membalik dua telapak tangan dan telapak kaki sekaligus, apalagi sambil pegang telinga. Musuh terberat tentu saja, ngantuk. Tapi ane harus berusaha.

Kadang ditemani kopi, kadang ditemani mi instan, kadang ada camilan juga. Selepas isya, ane buru - buru tidur gan, ane pasang alarm jam 2 pagi. Ane ngeblog sampe pagi. Siangnya tinggal ngantuknya aja hehehe.....
sukses menulis blog
teman begadang ane

Pengalaman paling berkesan selama ngeblog?
Apa ya...kayaknya ga ada yang berkesan, biasa aja. Cuman seneng aja jika ada pembaca blog yang merasa terbantu dengan adanya blog ini..

Bagaimana respon pembaca?

Responnya lumayan lah, banyak juga yang mengajukan pertanyaan mengenai masalah yang mereka hadapi, tentu saja yang ada kaitannya dengan isi blog ini.

Terkadang ane sampai merasa kayak pegawai kelurahan, ditanya banyak hal mengenai birokrasi cara - cara mengurus ktp, kartu  keluarga, skck, dan lain - lain.

Pernah juga dalam rangka menjawab pertanyaan dari pembaca , ane bela - belain bawa daftar pertanyaan dari pembaca blog untuk ane tanyakan di kantor instansi pemerintah.

Ane waktu itu ikut nunggu ngantri di Kantor BPJS kesehatan selama 4 jam, sebelum akhirnya dipanggil untuk mendapatkan pelayanan . Nah, pada kesempatan itulah ane berondong tuh petugas BPJS Kesehatan dengan daftar pertanyaan yang telah ane siapkan.
Kejadian ini ketika ane menyempurnakan artikel ane yang berjudul Cara merubah data kepesertaan BPJS. Di sana ada beberapa pertanyaan dari pembaca yang harus dijawab, jadi ane tanyakan langsung ke petugas BPJS. Terimakasih bapak petugas BPJS.
Kok baik banget sampe segitunya? Ah , enggak juga, soalnya waktu itu kebetulan saya juga memang mau mengurus perubahan data BPJS isteri saya. Jadi sekalian saja.

Ente Ngeblog, jangan - jangan ente jarang keluar rumah bersosialisasi dan hobi di  kamar terus.

Memang saya tipe orang yang tidak terlalu suka pergi main ke luar rumah. Tapi bukan berarti saya gak pernah keluar rumah sama sekali. Ane tetap bermasyarakat kok, ikut kegiatan kampung, ikut kerja bakti, aktif di kegiatan ronda malam dan sekedar say hello sama tetangga  terdekat  sebagainya.

Tapi secara keseluruhan memang ane jarang keluar rumah , takut tambah item.
.
ane kerja bakti juga kok

Apa yang ente dapatkan dari kegiatan ngeblog selama ini?

Kalau dari sisi finansial, bisa dikatakan belum begitu fantastis. Ada sih pendapatan yang masuk, tapi nominalnya masih kecil.
Pendapatan itu berasal dari beberapa iklan yang ane pasang di blog ini. Iklan lokal aja kok, soalnya belum ketrima jadi penayang iklannya google, walaupun sudah apply berkali - kali. Di situ kadang saya merasa sedih... huhuhu...

Tapi lumayanlah, buat penyemangat membangun blog ini. Selain ngeblog, ane kan punya toko online juga, nah, dari situlah ane dapat tambahan uang jajan :) .

Selain dari segi finansial , dengan membangun blog ini ane juga mendapatkan banyak pengalaman baru, menambah banyak kenalan, bisa sedikit membantu orang lain yang mendapat manfaat dari artikel blog ini. Itu semua lebih dari sekedar hasil secara finansial.

Segitu aja dulu ya ceritanya, sudah capek ngetiknya... Terima kasih.




Comments

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kontak Kami

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Cara Share Lokasi Rumah Saat tidak Berada di Rumah

Panduan Pemasangan Kabel Pada Stop Kontak (Dengan Gambar Step By Step)

Cara Mengasah Gergaji Potong yang Benar

Cara Mengurus Pembuatan Kartu Keluarga (KK) Baru

Cara dan Persyaratan Mengurus Pernikahan dan Surat Nikah di KUA Dilengkapi Gambar Alurnya

Cara Mudah Pengaduan dan Keluhan Pelanggan Listrik PLN

Aplikasi Pertokoan "MiniMart"

Cara Merawat Mesin Cuci Agar Awet 10 Tahun Lebih

Cara Mengurus Pembuatan SIM C di Polres Sleman