pasang

4 Penyebab Kesulitan Hidup Karena Himpitan Ekonomi dan Cara Mengatasinya.

4 Penyebab Hidup Terasa Kejam dan Cara Mengatasinya.
Halo bapak ibu semuanya... Apa kabar? Semoga semakin sukses saja. Hidup ini terkadang terasa berat bagi orang - orang yang sedang dirundung kesulitan hidup. Salah satu kesulitan hidup ini adalah masalah ekonomi. Inilah masalah yang banyak dialami manusia. Seakan - akan hidup ini "kejam".

Kesulitan dan himpitan ekonomi memiliki banyak penyebab. Terkadang penyebab - penyebab ini terkumpul pada hidup seorang manusia. Sehingga tidak jarang yang berakhir dengan bunuh diri. Dia merasa sudah mustahil menemukan jalan keluar untuk semua permasalahannya.

 Lalu apa saja penyebab kesusahan hidup itu?

4 Penyebab kesulitan hidup terasa "kejam" antara lain :
  1. Bangkrut. Ini adalah salah satu penyebab seseorang mengalami himpitan ekonomi dan kemiskinan. Mungkin pada awalnya dahulu dia adalah seorang pengusaha yang sukses. Hingga pada suatu saat terjadi musibah yang menyebabkan usahanya bangkrut. Usaha bangkrut dan hutang menumpuk. Ini seperti yang pernah dialami salah seorang rekan kami, sebut saja Pak X. Seorang pengusaha mesin genset yang pernah gagal dalam proyek dan mengalami kerugian ratusan juta. Ekonomi keluarga menjadi terseok - seok. Rumah, mobil dijual untuk menutupi hutang - hutangnya.
  2. Penyakit / Gangguan Kesehatan. Apalah gunanya harta anda melimpah tetapi tubuh anda tidak sehat. Harta anda sedikit demi sedikit akan habis untuk biaya pengobatan. Segala jerih payah anda di masa muda untuk mencari uang, menabung dan berinvestasi seakan - akan tidak artinya karena semuanya habis untuk biaya pengobatan. Hal ini tentu akan memengaruhi ekonomi keluarga. Akhirnya anda akan mengalami himpitan ekonomi dan kesusahan hidup. Untuk itu jagalah kesehatan anda sejak masih muda. 
  3. Karir. Pernahkah anda membayangkan jika tiba - tiba anda dipecat dari tempat kerja anda? Tempat di mana anda mencari nafkah untuk keluarga anda. Ketika anda dipecat, seakan - akan anda kehilangan sumber pemasukan pokok ekonomi keluarga anda. Akhirnya anda harus mengalami himpitan ekonomi dan kesusahan hidup. Atau barangkali anda baru saja lulus menyelesaikan studi anda, akan tetapi tidak juga mendapatkan pekerjaan. Tentu saja hal ini akan membuat anda terpuruk dalam himpitan ekonomi dan kesusahan hidup karena anda tidak memiliki pemasukan. Atau bisa saja anda memiliki pekerjaan, tetapi anda mendapatkan gaji yang jauh di bawah standar. Inipun bisa membuat  anda merasa bahwa hidup ini penuh penderitaan.
  4. Keluarga tidak harmonis. Anda boleh saja memiliki harta melimpah. Akan tetapi jika keluarga anda penuh dengan pertengkaran, maka rumah anda terasa seperti neraka. Hingga akhirnya terjadilah perceraian. Terlebih bagi seorang wanita, ketika dia bercerai dari suaminya, orang yang selama ini menopang perekonomian keluarga, membuat  sang isteri menjadi janda yang tidak memiliki pemasukan lagi. Akhirnya hal inipun menjadi salah satu penyebab terjadinya himpitan ekonomi dan kesusahan hidup. 
Lalu apa yang harus kita lakukan  untuk mengatasi himpitan ekonomi dan kesusahan hidup?

Pertolongan Pertama Pada Kesulitan Hidup Karena Himpitan Ekonomi:

  1. Tetap berpikiran dan beraktifitas positif. Keterpurukan mungkin telah mengahabiskan seluruh energi dan motifasi kita untuk menjalani kehidupan. Tapi sampai kapan anda akan terpuruk? Anda harus segera bangkit dan bersemangat lagi. Anda boleh bersedih, tetapi akan sampai kapan? Semakin anda bersedih, maka akan semakin terpuruk hidup anda. Baca juga cara bertahan hidup dengan gaji pas-pasan .
  2. Cari teman curhat. Carilah teman yang anda percaya untuk sekedar tempat curhat, 'melepas' beban hidup. Siapa tahu teman anda memiliki solusi untuk masalah anda. Anda bisa juga ikut forum curhat kami di curhat online keluarga , yah sekedar melepas beban, mencari "second opinion", barangkali ada yang punya solusi.
  3. Medekatkan diri kepada Allah dan memperdalam ilmu agama.
  4. Lakukan pekerjaan apa saja yang penting halal untuk menambah pemasukan ekonomi keluarga.  Jangan malu dan minder walaupun anda harus menjadi pemulung. Hidup ini sementara, buat apa malu? Tetap bekerja dan tingkatkan kualitas diri. Dengan tetap bekerja dan mendapat penghasilan, maka kekalutan anda bisa berkurang. Jangan diam menganggur. Atau anda ingin berwira usaha, anda bisa mencoba usaha produksi aneka snack.
  5. Anda bisa mempertimbangkan untuk mengajukan mendapat BPJS Kesehatan PBI. BPJS PBI biaya iurannya ditanggung pemerintah. Sehingga bisa meringankan keuangan anda terutama ketika ada anggota keluarga yang sakit.
Barangkali ada yang memiliki pengalaman menjalani kerasnya hidup akibat himpitan ekonomi, silahkan corat - coret di komentar.

Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Post a Comment

Jika komentar anda / jawaban komentar tidak muncul, klik tulisan "loading" atau tulisan "load more" sampai komentar anda muncul. Atau silahkan bertanya lewat "Kontak Kami"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sponsored By

Kontak Kami

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Cara Mudah Pengaduan dan Keluhan Pelanggan Listrik PLN

Cara Mengasah Gergaji Potong yang Benar

Cara dan Persyaratan Mengurus Pernikahan dan Surat Nikah di KUA Dilengkapi Gambar Alurnya

CARA CAT MELAMIN DAUN PINTU

Cara Mendaftar Sebagai Pasien di Puskesmas

Cara dan Syarat Mengurus Perubahan Data Kepesertaan BPJS Kesehatan

Cara Bertahan Hidup Dengan Gaji Pas-pasan 1 (satu) Juta Saja

Cara Mudah Mengecat Rak dari Kayu dan Triplek Untuk Pemula