Cara Bertahan Hidup Dengan Gaji Pas-pasan 1 (satu) Juta Saja

Cara Bertahan Hidup Dengan Gaji Pas-pasan 1 (satu) Juta SajaHalo bapak ibu semua, apa kabar.... Kita patut bersyukur karena masih bisa ketemu lagi .  Cara bertahan hidup dengan gaji pas-pasan satu juta saja- ini adalah kelanjutan dari tulisan kami sebelumnya mengenai cara menikah dengan modal satu juta.

Kok serba sejuta sih? Sebagai gambaran saja.
Maksud utama tulisan ini adalah ingin membagikan kepada anda semua pengalaman bagaimana teknis untuk bisa bertahan hidup dengan uang seadanya. Gaji pas - pasan. Catat : teknisnya!

Ini juga bukan sekedar teori ekonomi, tetapi pernah kami praktekkan di kehidupan nyata.

Terlepas dari bagaimana anda nantinya akan mencari penghasilan tambahan, atau bahkan berganti pekerjaan, maka ada saatnya anda benar - benar harus mengalami situasi dimana anda hanya berpenghasilan minim , tetapi harus membiayai hidup anak dan isteri anda.

Kepada para istri , kami berpesan, anda tetap harus selalu berterimakasih kepada suami walaupun penghasilannya tidak seberapa. Berikanlah motivasi (jangan malah dimarahi) agar suami tetap bekerja dengan giat dan tidak murung lalu menyerah pada kehidupan.

Teknis Bertahan Hidup ketika Ekonomi Terpuruk
Mungkin banyak yang telah menulis tentang bagaimana cara hidup sederhana, bagaimana menghadapi kesulitan hidup dan sebagainya.

Akan tetapi bagaimana teknisnya menjalani hidup sederhana itu, bagaimana membelanjakan uang yang tidak seberapa untuk hidup selama sebulan sekeluarga, mungkin belum banyak yang membahasnya.

Barangkali anda juga pernah membaca tulisan mengenai pengaturan keuangan keluarga. Tetapi kebanyakan yang mereka bahas adalah keuangan keluarga yang telah mapan. Penghasilan di atas UMR. Bisa menganggarkan untuk rekreasi seminggu sekali, bisa mencicil rumah, bisa membayar asuransi pendidikan, ada uang tak terduga, dan itu pun masih ada sisa untuk ditabung.

Pengaturan Keuangan Keluarga di Bawah UMR
Tulisan ini mencoba menghadirkan sesuatu yang agak beda. Kami ingin membahas pengaturan keuangan keluarga yang penghasilannya di bawah UMR. Keluarga kelas menengah ke bawah banget.

Kami bukan ahli keuangan, hanya menulis berdasarkan pengalaman mengarungi kerasnya hidup. Pengalaman sendiri kami padukan dengan pengalaman dari teman - teman kami lainnya.

Jalannya hidup ini penuh ketidak pastian, ada kalanya seseorang berada dalam keadaan serba kecukupan, tapi di saat yang lain bisa saja dia jatuh dalam kebangkrutan.

 Di tengah ketatnya persaingan kerja dan bisnis, bisa saja anda suatu saat akan mengalami masa - masa jatuh. Masa ketika anda mengalami kesulitan hidup.

Sebagian orang tenggelam dalam kenestapaan meratapi kemalangan hidupnya. Penghasilan kecil, biaya hidup banyak, tanggungan banyak. Tiada hari tanpa mengeluh.

Mungkin belum pernah anda pikirkan sebelumnya , bagaimana menjalani kehidupan dengan pemasukan yang tidak seberapa.

Seperti yang sudah saya sebutkan, inilah cara bertahan hidup dengan gaji pas - pasan:

  1. Buatlah pembagian semua kebutuhan hidup anda, pilah berdasarkan tingkat prioritasnya, bedakan sebagai berikut: 
    • Kebutuhan pokok, dimana tanpa terpenuhinya kebutuhan ini hidup anda akan terancam.
    • Kebutuhan penting tapi tidak pokok, kebutuhan yang penting untuk anda usahakan agar tetap terpenuhi meskipun kalau tidak terpenuhi pun, anda tidak akan mati (sadis banget bahasanya...). Contoh : listrik, pendidikan anak.
    • Kebutuhan pelengkap. Kebutuhan yang tidak begitu penting, dan selama anda berada dalam keterpurukan ekonomi, untuk sementara kebutuhan ini bisa diabaikan dulu. Contoh: rekreasi yang mahal, gadget, alat-alat elektronik, fashion, gaya - gayaan dan sejenisnya. Saran, untuk rekreasi cari yang tidak keluar biaya.
  2. Sementara waktu, singkirkanlah semua kebutuhan selain kebutuhan pokok untuk menghemat pengeluaran. Usahakan kebutuhan penting juga tetap terjaga. Intinya anda bisa bertahan hidup , jadi jangan memikirkan gaya hidup  dulu.
  3. Buatlah semacam rancangan anggaran kebutuhan pokok keluarga selama sebulan ke depan.
Contoh rancangan anggaran belanja kebutuhan pokok bulanan keluarga budget satu juta
Pertama - tama mari kita hitung berapa pengeluaran harian maksimal kita. Kita kurangi gaji kita yang cuma 1 juta itu dengan pengeluaran bulanan.

  1. Listrik satu bulan Rp. 100.000,00
  2. Beras satu bulan Rp 10.000/kg x 20 kg =Rp 200.000,00
  3. Bensin satu bulan Rp 100.000,00
  4. Pendidikan anak Rp 100.000,00
Total pengeluaran bulanan Rp 500.000,00
Jadi gaji kita tinggal Rp 1.000.000,00 - Rp 500.000,00 = Rp 500.000,00

Jika dalam 1 bulan ada 30 hari, maka untuk setiap harinya pengeluaran kita tidak boleh lebih dari Rp 500.000,00 : 30hari = Rp 16.000,00 per hari.
Dengan uang yang hanya Rp 16.000,00 per hari itu kita bisa belanja:

  1. Lauk , misalnya telur 3 butir seharga Rp 3.000,00
  2. Sayur , misalnya 2ikat bayam seharga rp 4.000,00
  3. Bumbu bawang merah, bawang putih dan cabe seharga Rp 5000,00
  4. Minyak goreang 1/4 liter seharga Rp 4.000
Itulah contoh sederhana bagaimana membelanjakan uang 1 juta dalam sebulan. Hanya sebagai gambaran. Anda bisa menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anda.

Ingat, ini adalah anggaran darurat. Kami tidak ingin anda bertahan dengan anggaran darurat ini selamanya, kemudian menyerah tidak berdaya. Lakukan usaha - usaha kecil untuk memulai kemajuan.

Jangan patah semangat. Sebisa mungkin anda mencari tambahan penghasilan, baik mencari pekerjaan sampingan maupun menjalankan bisnis rumahan.

Sedikit solusi dari kami atas gaji pas - pasan anda
  1. Silahkan anda juga bisa baca buka usaha sampingan modal kecil atau  Peluang usaha rumahan aneka snack.
  2. Jika anda ingin memulai usaha rumahan kecil - kecilan dengan modal yang minim, ada baiknya anda membaca artikel kami Cara Pemasaran Usaha Kecil dari Google Bisnisku.
  3. Atau anda bisa mempertimbangkan untuk mendaftar program BPJS PBI, untuk meringankan beban hidup keluarga anda khususnya ketika harus berobat. 
  4. Anda juga bisa mendapatkan sedikit tambahan pemasukan dengan mengubah sampah menjadi uang. 
  5. Anda belum bekerja? lihat di lowongan pekerjaan ini.
  6. Ingat, menjadi kaya dan miskin itu bukan ukuran kemuliaan. Kemuliaan adalah mensyukuri apapun yang Tuhan anugerahkan kepada anda. Tidak banyak mengeluh dan selalu optimis. 
  7. Hindarilah berhutang. Ini alasannya : Hidup Bahagia Tanpa Hutang 
Jika anda memiliki pengalaman bertahan hidup dengan ekonomi yang sulit, silahkan bagikan pengalaman anda di komentar, agar pengalaman anda bermanfaat bagi orang banyak.
Anda juga bisa membaca Cukupkah Uang Belanja Sehari 50 ribu?

Mudah - mudahan artikel ini bermanfaat..Tetap semangat , mensyukuri apa yang ada dan berpikiran positif menatap hari depan!

Boleh saja sekarang anda terpuruk. Tetapi anda tidak boleh menyerah pada keadaan.
Satu hal yang tidak boleh anda lupakan adalah selalu memperbaiki ibadah anda , perbaiki hubungan anda dengan Allah ar Razzaq Maha Memberi rezeki.  Berdoa dan mintalah kepada Allah agar dimudahkan  dalam mencari rezeki yang halal. Tanpa pertolongan Allah maka hal - hal teknis yang kami uraikan tadi tidak ada gunanya.
Semoga sukses!

Baca juga : Grup WA wali murid sekolah anak berisik dan mengganggu.



Referensi :
  1. Pengalaman pribadi 
  2. Pengalaman teman - teman

Comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  2. pembagian kebutuhan itu penting bangt gan, thanks :)
    baca juga : cara mengatur keungan https://goo.gl/9DrCKT

    ReplyDelete
  3. Bertahan dengan gaji super mepet dulu pernah saya alami mbak. Meski di Jogja semua serba murah, namun banyak barang-barang pokok yang harganya sama saja dengan kota besar lainnya. Bahkan di Jogja, harga tanah gila-gilaan. Memang butuh strategi tepat untuk bertahan dengan haji pas-pasan mbak. Misalnya, irit jajan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mba, di saat saat susah, kita harus pintar2 mengatur keuangan..

      Delete
  4. Nampak-nya mudah, tapi kenapa ya? aku merasa selalu kurang terus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, itulah kita, itulah manusia, selalu kurang... maka jadikan merasa selalu kurang itu sesuatu yang positif, yaitu semangat untuk maju!

      Delete
  5. Mba, saya seorang mahasiswa, saya setiap bulan mendapat kiriman dari org tua saya terkadang 700 atau kadang hampir 1 juta tapi saya selalu khabisan akal untuk mengatur keuangan saya, bnyak hal yg saya lakukan dan juga saya lakukan untuk menghemat tapi tetap saja pada tgl 22 atau kadang tgl 19 saya sudah kehabisan uang,, bgaimana cara nya agar saya bisa hemat?? Karna trik yg di artikel juga sudah pernah saya coba,, terima kasihh😊😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah mengikuti tips di atas, jangan bawa uang di dompet anda levih dari yg boleh di blanjakan sehari.

      Segerakan bayar listrik, kos, air, asuransi, beras

      Setelah itu anda akan terbiasa...

      Delete
  6. Alhamdullillah skrg lg menikmti gji hmpir 900rb/bln n masih cukup buat menghidupi kluarga pun masih bs menyisihkan min 10% untuk tabngn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah.. semoga kita bisa selalu bersyukur.. hebat mba, masih bisa nabung.. semoga sukses..😊

      Delete
    2. Boleh donk minta cara prmbagiaanya bisa menghidupi dg gaji hampir 900rb?.. Saya sedang mengalaminyaa soalnyaa.. Supaya saya bisa belajar

      Delete
  7. Aku bingung kok aku gk bisa ngirit ya uang 6 juta gk sampe sebulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga usah bingung gan, kalau pemasukan lebih dari 6juta sebulan, kan gak masalah kalau pengeluaran 6juta lebih juga. Jadi masalah kalo pengeluaran 6juta, pemasukan 3 juta. . Hidup sesuai kemampuan saja..😆

      Delete
  8. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  9. apapun trik jitu yang ada tapi kalau saat pendapatan di dawah satu juta perbulan belumampu untuk keluar dari krisis itulah pengalaman saya, tapi walaupun begitu saya belajar dari para pemulung walaupun dipandang sebelah mata tapi kenyataan itulah yang membantu ekonomi keluarga,
    allhamdulillah bisa mencicil rumah murah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul gan.. boleh tahu secara lebih rinci tentang apa yang anda pelajari dari seorang pemulung sehingga anda bisa mencicil rumah? Siapa tahu cerita anda berguna bagi pembaca yang lain.
      Terimakasih atas kunjungannya.

      Delete
  10. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  11. Makanya jangan suka jajan😆

    ReplyDelete
  12. Mba suamiku jual beli . Kepasar hanya 1minggu 2kali, seminggu mungkin dapat uang 300rb . Bagaimana baiknya saya membagi-bagi uang ? Soalnya kan ngga perbulan tuh dapat uangnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba nasib saya dengan mba hampir sama, saya jadi ikut sedih dan prihatin. Mungkin ini sudah takdir kita mba, sudah dikasih segitu sama suami. Apalagi yang dikasih suami, uang kotor mba jadi ngak semuanya. Sabar saja ya mba, mungkin Allah punya maksud lain

      Delete
  13. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  14. harus pinter-pinter nyari tambahan soalnya kadang ada kebutuhan mendadak yang jumlahnya ga sedikit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali. Yang penting usaha halal disertai dengan tawakal dan bertakwa pasti akan berhasil.

      Delete
  15. Ya ampun baca artikel ini di taun 2021 😅 t

    ReplyDelete
  16. Baca ini di 2021, bulan depan mulai bayar cicilan kpr pertama dengan sisa penghasilan yg ada semoga bisa survive di tengah kebutuhan yg makin naik

    ReplyDelete
  17. Klo gajinya diatas 1jt perhitungannya gmn y?
    Perinciannya agar bertahan hidup dan sehari dpt brp y kira2?😐

    ReplyDelete

Post a Comment

Jika komentar anda / jawaban komentar tidak muncul, klik tulisan "loading" atau tulisan "load more" sampai komentar anda muncul. Atau silahkan bertanya lewat "Kontak Kami"
Berkomentarlah dengan kalimat yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kontak Kami

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Cara Share Lokasi Rumah Saat tidak Berada di Rumah

Panduan Pemasangan Kabel Pada Stop Kontak (Dengan Gambar Step By Step)

Cara Mengasah Gergaji Potong yang Benar

Cara Mengurus Pembuatan Kartu Keluarga (KK) Baru

CARA CAT MELAMIN DAUN PINTU

Cara dan Persyaratan Mengurus Pernikahan dan Surat Nikah di KUA Dilengkapi Gambar Alurnya

Kriteria Pemilik KMS (Kartu Menuju Sejahtera) Yogyakarta 2016

Cara Memasang Instalasi Air Bersih di Rumah dengan Pipa PVC

Cara Mudah Pengaduan dan Keluhan Pelanggan Listrik PLN