pasang

Cara Mudah dan Praktis Membersihkan AC Rumah Sendiri

Cara Mudah dan Praktis Membersihkan AC Rumah Sendiri
indoor unit
Kategori rumah dan bangunan kali ini akan membahas cara mudah dan praktis membersihkan Ac rumah sendiri .

 Di lingkungan sekitar kita mungkin sudah banyak rumah dan gedung yang menggunakan AC (air conditioner) sebagai penyejuk ruangan. Akan tetapi, di antara sekian banyak pengguna AC, berapa banyak orang yang peduli dengan perawatan dan kebersihan AC nya.
Mengingat menjaga kebersihan AC adalah bagian dari perawatan yang harus kita lakukan dengan rutin.

AC yang jarang dibersihkan tentu saja menimbulkan akibat yang tidak baik bagi kita. AC yang kotor karena jarang dibersihkan dapat mengakibatkan adanya bakteri dan virus yang secara terus - menerus menyebar ke seluruh ruangan kita, dan membahayakan penghuninya.

AC yang jarang dibersihkan juga bisa berakibat terjadinya kebocoran. Bagaimana hal ini terjadi? Seperti yang terjadi di tempat kami bekerja, AC yang jarang dibersihkan lama - lama akan ditumbuhi lumut pada selang saluran pembuangan airnya. Lumut yang semakin banyak akan menyumbat saluran pembuangan. Akibatnya air hasil kondensasi tidak bisa terbuang secara maksimal dan terkumpul di dalam AC yang lama kelamaan akan terjadi kebocoran pada AC. Air hasil kondensasi akan keluar dari lubang lain selain pipa saluran pembuangan air, karena saluran pembuangan yang tersumbat kotoran.

Lalu bagaimana cara mudah membersihkan AC yang ada di rumah kita?

Siapkan dulu alat kerjanya:

  • obeng plus dan obeng minus
  • sikat halus
  • selang air
  • lap
  • stik kayu untuk membersihkan selang pembuangan
Langkah kerja

  1. Pertama dan yang anda tidak boleh lupa adalah, putus/ matikan aliran listrik yang menuju ke unit AC anda. Mungkin anda perlu membuka buku manual AC anda untuk mengetahui dengan pasti, mana letak power switch AC anda.
  2. Bersihkan filter/ penyaring udara AC rumah anda. Caranya buka dulu filter AC anda, tarik secara perlahan, lalu dengan kuas atau kain lap yang agak sedikit dibasahi, bersihkanlah sela - sela filter yang berdebu. Setelah bersih dari debu, pasanglah kembali filter dengan hati - hati.
  3. Selain membersihkan filter, hal lain yang bisa anda bersihkan sendiri adalah selang saluran pembuangan air hasil kodensasi. Lepas selang, semprot dengan air bertekanan atau dengan batang kayu yang anda bungkus dengan kain. Masukkan dalam selang saluran pembuangan, bersihkan sampai lumutnya hilang.
  4. Bersihkan juga bagian indoor unit yang lainnya,  yaitu evaporator.  Sebenarnya bagian ini tidak dibersihkan tidak masalah, cukup membersihkan filternya saja, karena debu yang masuk tersangkut di filter yang cukup rapat. Jadi cukup filternya saja. Akan tetapi jika anda ingin tetap membersihkannya, maka siapkanlah plastik penampung air. Buka bagian penutup indoor unit, pasang plastik penampung air, agar air tidak menetes kemana - mana, hati - hati, semprotkan air bertekanan pada bagian evaporator jangan sampai air mengenai rangkaian yang berada di sebelah kanan evaporator. Setelah itu bersihkanlah juga blower dan saluran pembuangan air dengan air bertekanan sampai bersih. Sekali lagi jangan lupa, pastikan listrik telah dimatikan  sebelum membersihkan AC anda.
  5.  
    Cara Mudah dan Praktis Membersihkan AC Rumah Sendiri
    outdoor unit
    Membersihkan outdoor unit. Bagian outdoor adalah bagian dari AC anda yang dipasang di luar ruangan. Pada bagian outdoor unit ini terdapat kondensor, yang berfungsi untuk membuang panas yang diserap oleh evaporator. Kondensor adalah bagian dari outdoor unit AC anda yang berbentuk seperti sayap baling - baling yang biasanya terbuat dari aluminium. Pada outdoor unit ini juga terdapat fan yang berfungsi untuk mempercepat sirkulasi udara yang membantu proses pembuangan panas. Cara membersihkan bagian ini adalah dengan menyemprotkan air bertekanan ke sela - sela kondensor dan fan sampai bersih, bila perlu, gunakan sikat.
  6. Jika semua sudah anda bersihkan, maka tunggu sampai semua kering , lalu pasang kembali AC yang telah anda bongkar.
  7. Lakukan pembersihan AC ini cukup 2 - 3 bulan sekali.
Dengan pembersihan AC yang teratur, tentu akan membuat AC anda bisa berfungsi secara optimal.
Demikianlah cara mudah dan praktis membersihkan AC sendiri di rumah anda, nantikan tips mudah kami lainnya.

Comments

  1. artikel yang menarik dan sangat membantu. trims infonya
    http://serviceac-pasangac-malang.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. nice artikel gan. saya jadi lebih ngerti cara ngebersihin ac. mungkin bisa saya coba dirumah. thx infonya

    ReplyDelete

Post a Comment

Jika komentar anda / jawaban komentar tidak muncul, klik tulisan "loading" atau tulisan "load more" sampai komentar anda muncul. Atau silahkan bertanya lewat "Kontak Kami"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sponsored By

Kontak Kami

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Cara Mudah Pengaduan dan Keluhan Pelanggan Listrik PLN

Cara dan Syarat Mengurus Perubahan Data Kepesertaan BPJS Kesehatan

Cara dan Persyaratan Mengurus Pernikahan dan Surat Nikah di KUA Dilengkapi Gambar Alurnya

Cara Mengasah Gergaji Potong yang Benar

CARA CAT MELAMIN DAUN PINTU

Cara Mendaftar Sebagai Pasien di Puskesmas

Cara Mudah Mengecat Rak dari Kayu dan Triplek Untuk Pemula

Cara Mudah Memasang Instalasi Lampu Rumah