Strategi dan Peluang Usaha Rumahan Aneka Snack



Peluang Usaha Rumahan Aneka SnackBapak –bapak ibu – ibu, salah satu bisnis sampingan yang mudah dijalankan dari rumah dengan modal kecil adalah dengan membuka usaha produksi aneka snack. 

Semua orang bisa memulai usaha ini karena proses pembuatannya yang mudah dan modalnya yang tidak terlalu besar. Kami pun juga pernah menjalani bisnis ini, sebelum akhirnya harus kami tutup karena kami pulang kampung ke luar pulau dalam waktu yang lama. 

Pada waktu itu kami mendapatkan keuntungan yang lumayan untuk menambah uang belanja, walau usaha kami masih skala rumahan. Artinya jenis usaha ini cukup prospektif juga asal menerapkan strategi yang tepat. 

Strategi bagaimana mengatasi ketatnya persaingan dari jenis usaha ini, maklum, karena usaha ini terbilang mudah dijalankan, jadi banyak pelaku usaha baik yang skala rumahan maupun yang skala besar menerjuni bisnis ini.

Strategi Memulai Usaha Snack Rumahan

1.       Pahami kondisi pasar snack popular. 

Amatilah tingkat persaingan usaha. Siapa saja yang ‘bermain’ pada jenis usaha ini disekitar rumah anda. Kenali dengan baik pesaing anda, apa kelebihan produk mereka, bagaimana cara pemasaran mereka, dan segmentasikan konsumen mereka. 

Dengan mengetahui hal itu, pikirkanlah bagaimana anda akan membuat suatu produk yang bisa bersaing dengan produk mereka, berikanlah nilai lebih pada produk anda dibandingkan dengan produk mereka.

 Kemudian yang tidak kalah penting adalah bagaimana anda akan memasarkan barang anda. Apakah anda akan memasarkannya di pasar modern, ataukah di pasar tradisional, memakai system konsinyasi (titip jual) ataukah beli-putus  atau apakah anda akan memasarkannya secara online.
Amati juga tren yang sedang berkembang. Produk snack apa yang paling laku di pasaran. Bagaimana cara pengemasan pesaing – pesaing anda. 

2.       Berikan perbedaan unik pada produk anda

Di tengah ketatnya persaingan usaha, ciptakanlah keunikan pada produk anda. Apa kelebihan yang bisa anda berikan sehingga konsumen tertarik dan memilih produk anda.

3.       Menentukan target pasar yang akan digarap

Menentukan target pasar berarti memiliki tujuan akhir untuk memperbesar skala usaha. Dengan mengetahui target pasar yang jelas, memudahkan kita untuk menetapkan besar investasi dan biaya yang akan dikeluarkan. Target pasar hendaknya disesuaikan dengan sumber daya yang anda miliki.

4.       Menghitung investasi peralatan yang dibutuhkan

Dengan mengetahui pasar dan segmentasinya, anda harus menghitung kebutuhan investasi yang diperlukan. Penentuan besarnya investasi akan berkaitan dengan harga jual produk anda. Usaha snack rumahan ini bisa anda mulai dengan modal kurang dari lima juta asalkan omset dan segmentasinya anda sesuaikan dengan biaya yang anda miliki.

5.       Mencari lokasi usaha yang tepat

Dalam usaha kuliner, lokasi usaha memiliki peran yang penting atas kelangsungan usaha anda. Lokasi yang tepat dan strtegis bisa menjadi pilihan untuk mendekati pembeli potensial. Akan tetapi jika anda menggunakan pemasaran on line, maka lokasi usaha menjadi tidak bagitu penting asalkan anda mahir dalam memasarkannya secara on line. Lihat juga artikel kami ‘Dagangan Paling Laris di Internet'.

6.       Perhatikan kualitas produk anda.

Dalam usaha kuliner, rasa adalah hal utama yang membuat konsumen memilih produk anda. Mungkin produk anda sedikit lebih mahal dibandingkan dengan pesaing anda, akan tetapi jika kualitas rasa produk anda lebih baik, konsumen tidak akan keberatan membayar lebih mahal. Disamping kualitas rasa , anda juga harus memperhatikan stadarisasi proses pembuatan produk anda, sehingga produk anda aman dikonsumsi. Ikutilah pelatihan –pelatihan  dalam meningkatkan kualitas produk anda.

7.       Melakukan promosi yang tepat.

Ada banyak media berpromosi, sesuaikan dengan kemampuan dan target pasar anda. Anda bisa menyebar brosur, memberikan sampel produk gratis kepada calon konsumen, iklan di radio sampai mempromosikannya di situs jual beli on line.

Salah satu cara berpromosi yang paling efektif dan efisien bagi seorang pengusaha kecil pemula adalah dengan internet. Berikut ini promosi online yang telah dan sedang kami lakukan. Hasilnya? It works banget lah!

  • Misalnya anda bisa mendaftarkan bisnis anda di Google Bisnisku. Dengan mendaftarkan usaha anda di google bisnisku, bisnis anda akan muncul di pencarian google, google map pada lokasi sekitar . Anda bisa membuatnya gratis.
  • Anda juga bisa membuat blog sederhana untuk mengenalkan bisnis kecil anda. Blog sederhana tetapi memiliki konten berkualitas tentang segala informasi yang orang banyak butuhkan dan berkaitan dengan produk anda. Anda bisa membuatnya gratis di blogger.
  • Memasarkan produk anda di berbagai grup jual beli di media sosial.  

Akhirnya, usaha apapun yang anda lakukan, diperlukan ketelatenan dan kegigihan untuk mencapai keberhasilan. Sedikit artikel Strategi dan Peluang Usaha Rumahan Aneka Snack ini mudah –mudahan membantu anda untuk memulai usaha sendiri di rumah. Semoga sukses.

Comments

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kontak Kami

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Cara Share Lokasi Rumah Saat tidak Berada di Rumah

Cara dan Persyaratan Mengurus Pernikahan dan Surat Nikah di KUA Dilengkapi Gambar Alurnya

Cara Mengurus Surat Keterangan Tinggal Sementara (SKTS)

CARA CAT MELAMIN DAUN PINTU

Panduan Pemasangan Kabel Pada Stop Kontak (Dengan Gambar Step By Step)

Cara Mengasah Gergaji Potong yang Benar

Cara Mengecat Tembok Dinding Baru Untuk Pemula

Cara Mengurus Pembuatan Kartu Keluarga (KK) Baru

Cara Mudah Pengaduan dan Keluhan Pelanggan Listrik PLN