pasang

Cara Merawat Mesin Cuci Agar Awet 10 Tahun Lebih

Berikut ini adalah cara merawat mesin cuci anda agar awet lebih dari 10 (sepuluh) tahun.

Kunci pokok keawetan mesin cuci
  1. Mempercayakan pemasangan mesin cuci baru Anda kepada utusan dari pihak toko atau jasa profesional.
  2. Selalu patuhi instruksi pemakaian agar tidak merusaknya.
  3. Biarkan pintu mesin cuci Anda terbuka sampai benar benar kering setelah digunakan untuk mencegah jamur tumbuh di dalamnya.
  4. Untuk perawatan dan perbaikan mesin cuci wilayah Jogjakarta dan sekitarnya anda bisa menghubungi Jaya Teknik, jasa service mesin cuci profesional di Jogjakarta.
    Setelah Anda mempelajari cara pengoperasian di dalam buku petunjuk yang diberikan pada saat pembelian beserta kartu garansi, selanjutnya Anda tidak akan lagi menemui kesulitan yang berarti.

    Artikel ini membahas bagaimana cara pemakaian mesin cuci secara benar agar awet tahan lama hingga puluhan tahun 😀😀😀

    Jika Anda baru saja membeli mesin cuci pertama Anda, sangatlah wajar saja jika Anda memiliki banyak pertanyaan tentang cara pemakaiannya untuk mendapatkan hasil terbaik.

    Jangan khawatir, artikel ini telah kami rangkum sedemikian rupa agar anda sebagai pengunjung blog mendapatan informasi yang berguna.

    Cara mencuci dengan mesin cuci otomatis front loading mempermudah segalanya. Anda cukup memasukkan pakaian ke dalam tabung mesin cuci, menambahkan deterjen, pewangi dan memencet tombol On lalu Start atau program pencucian lalu start beres deh... Cucian bersih wangi hingga kering.

    Tapi ingat, bila anda menggunakan mesin cuci otomatis usahakan menggunakan deterjen cair yang tidak menimbulkan banyak busa. Busa yang banyak seperti detergen bubuk akan menimbulkan kerak pada tabung sebelah dalam dan dapat mempercepat as tabung keropos walaupun bahan tabung terbuat dari logam stainless, tetapi as tabung dalam mungkin tidak.

    Bagian mesin cuci front loading
    Mesin cuci semi otomatis ( top loading ) juga merupakan peralatan yang bisa menghemat tenaga dan waktu untuk setiap rumah tangga khususnya bagi ibu dirumah. Dengan tipe ini, Anda masih memiliki banyak kendali atas prosesnya.

    Masukkan pakaian kotor, tambahkan deterjen dalam takaran yang sesuai dan air bersih, kemudian mesin cuci akan mulai memeras menggilas pakaian Anda untuk melepaskan kotoran yang melekat dari serat-seratnya.

    Meskipun demikian, ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan.

    Cara Merawat Mesin Cuci Agar Awet 10 Tahun Lebih
    Mesin cuci semi automatis / top loading dengan tombol manual

    Mesin cuci jenis ini hampir sama dengan mesin cuci otomatis top loading, perbedaannya hanya pada tombol pengoperasian seperti mesin cuci 2 tabung sedangkan otomatis top loading menggunakan panel digital.


    Langkah-langkah pemakaian mesin cuci agar awet
    1. Untuk mesin cuci otomatis (front loading), masukkan pakaian kotor dan deterjen ke dalam tabung mesin cuci. Anda memiliki banyak pilihan deterjen untuk membantu menghilangkan berbagai jenis noda dan kotoran.
    2. Jika Anda menggunakan mesin cuci bukaan atas otomatis, sesuai instruksi manual yang diterbitkan produsen, tambahkan deterjen ke dalam laci mesin cuci. Pilih tombol on lalu pengaturan yang sesuai dengan jenis pakaian atau anda bisa memilih ketinggian air dengan memencet tombol water level bila cucian hanya sedikit untuk menghemat air dan terakhir pencet tombol start, lalu mesin cuci akan mengerjakan proses selanjutnya.
    3. Untuk pencucian pakaian menggunakan mesin cuci semi otomatis, ikuti langkah-langkah berikut ini. 
      • Bacalah terlebih dulu dan ikuti petunjuk yang diberikan. Buku petunjuk penggunaan berisi banyak tips mesin cuci yang bermanfaat.
      • Sebagai awal, percayakan pemasangan mesin cuci kepada pihak yang ditunjuk oleh produsen mesin cuci Anda. 
      • Setelah mesin cuci siap dipakai, masukkan pakaian kotor dan deterjen ke dalam tabung mesin cuci.
      • Isi tabung dengan air bersuhu sesuai kebutuhan. Untuk menentukan volume air yang sesuai, mengaculah pada buku manual mesin cuci.
      • Jalankan siklus pencucian. Semakin banyak muatan mesin cuci, semakin panjang pula waktu yang diperlukan untuk mencucinya.
      • Setelah siklus pencucian selesai, keluarkan airnya melalui selang yang tersedia pada bagian belakang mesin dengan memutar tombol drain.
      • Isi kembali tabungnya dengan air bersih yang sebelumnya telah menutup terlebih dahulu dengan mengembalikan putaran tombol drain, lalu jalankan siklus pembilasan.
      • Selesai siklus pembilasan, pakaian Anda semestinya sudah bersih. Pada mesin cuci semi otomatis, pindahkan cucian dari drum pencucian ke dalam drum sebelahnya yaitu tabung pengeringan ( spin ) untuk membuang sisa-sisa air berlebihan yang terserap kain.
      • Segera keluarkan cucian dari mesin cuci dan gantung untuk mengeringkannya.
    Pengaturan umum mesin cuci agar awet
    Kebanyakan mesin cuci hadir dengan sejumlah pilihan pengaturan. Baca petunjuk cara mencuci pakaian dengan mesin cuci pada label masing-masing pakaian guna mengetahui siklus mana yang sesuai.

    Pengaturan ini antara lain untuk pakaian yang menyebutkan ‘hand wash only’ atau ‘delicates’ pada labelnya. Kedua jenis pakaian ini sebaiknya dicuci menggunakan air dingin dan deterjen lembut.

    Siklus pencucian normal bisa dipakai untuk kain-kain yang lebih kuat, misalnya katun atau poliester.
    Gunakan air hangat bersuhu 60C-90C untuk mencuci pakaian putih. Sedangkan pakaian berwarna sebaiknya dicuci terpisah dari pakaian putih pada suhu 30C-40C.

    Kiat Perawatan Mesin Cuci Agar Awet
    Selesai menggunakan mesin cuci, biarkan pintunya terbuka sehingga bagian dalamnya bisa mengering secara alami.

    cara membersihkan mesin cuci
    perawatan mesin cuci : membersihkan karet pintu
    Bersihkan karet pintu cukup dengan kain hangat, ingat jangan menggunakan bahan pembersih lainnya yang mengakibatkan karet cepat mengeras dan sobek.
    Cara Merawat Mesin Cuci Agar Awet 10 Tahun Lebih
    membersihkan filter air mesin cuci



    Bersihkan filter air ( selenoid water inlet ) bila anda rasa tekanan air mulai berangsur mengecil dengan memutar kearah kebalikan jarum jam.
    Langkah-langkah pemakaian mesin cuci agar awet
    mencabut filter dengan tang



    Cabut filter menggunakan tang secara berlahan agar filter tidak rusak. Sebagian besar filter terbuat dari bahan plastik.
    Langkah-langkah pemakaian mesin cuci agar awet
    mencuci filter mesin cuci



    Bersihkan filter air dengan menggunakan sikat dan air. Lalu jangan lupa untuk pasang kembali. Fungsi filter ini adalah untuk menyaring air dari lumut yang biasa menempel pada selang atau bak penampungan air untuk melindungi kerusakan pada selenoid water inlet.

    Membersihkan filter air masuk berlaku untuk tipe mesin cuci automatis bukaan depan ( front loading ) dan mesin cuci automatis bukaan atas ( top loading ).

    Langkah-langkah pemakaian mesin cuci agar awet

    Mengontrol atau membersihkan saringan air pembuangan pada mesin cuci tipe front loading secara berkala, hal ini perlu anda lakukan walaupun mesin cuci beroperasi dengan baik.

    Mesin cuci memompa air untuk proses pembuangan air dari tabung ( drain ) dengan bantuan motor pumpa, bila kotoran sisa cucian atau ada sesuatu seperti uang logam, bross, kancing baju, peniti yang masuk kedalam filter saluran pembuangan bila dibiarkan akan menganggu putaran motor kipas pompa bahkan bisa saja merusaknya.

    Operasikan mesin cuci tanpa pakaian dan deterjen sekitar 2 minggu sekali untuk menghilangkan sisa sisa sabun dan kerak yang menempel pada bagian tabung sebelah dalam mesin cuci.
    Langkah-langkah pemakaian mesin cuci agar awet
    pakailah rol kabel yang direkomendaasikan



    Hindari menggunakan rol kabel yang tidak direkomendasikan, selain kendor juga dapat terbakar.
    Untuk sambungan stop kontak yang benar dan aman, anda bisa membaca Panduan Pemasangan Kabel Pada Stop Kontak.

    Demikian cara menggunakan dan merawat mesin cuci agar awet terhindar dari jasa service mesin cuci.

    Jika anda menemui kerusakan ataupun gangguan pada mesin cuci anda, silahkan anda bisa berkonsultasi kepada Jaya Teknik, Jasa Service Mesin Jogja.

    Comments

    Post a Comment

    Jika komentar anda / jawaban komentar tidak muncul, klik tulisan "loading" atau tulisan "load more" sampai komentar anda muncul. Atau silahkan bertanya lewat "Kontak Kami"

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

    Sponsored By

    Kontak Kami

    Name

    Email *

    Message *

    Popular posts from this blog

    Cara Mudah Pengaduan dan Keluhan Pelanggan Listrik PLN

    Cara dan Syarat Mengurus Perubahan Data Kepesertaan BPJS Kesehatan

    Cara dan Persyaratan Mengurus Pernikahan dan Surat Nikah di KUA Dilengkapi Gambar Alurnya

    Cara Mengasah Gergaji Potong yang Benar

    CARA CAT MELAMIN DAUN PINTU

    Cara Mendaftar Sebagai Pasien di Puskesmas

    Cara Mengurus Surat Keterangan Tinggal Sementara (SKTS)

    Cara Bertahan Hidup Dengan Gaji Pas-pasan 1 (satu) Juta Saja