pasang

Cara Membuat Rak Sepatu Gantung Sedehana dan Mudah Dibuat

Cara Membuat Rak sepatu Gantung Sedehana dan Mudah DibuatBerikut ini akan saya bagikan cara membuat rak gantung sederhana sebagai solusi mengatasi rumah kita yang sempit. Kelebihan rak gantung ini adalah bahwa rak ini bisa dikatakan sebagai cara membuat rak gantung yang paling mudah, tanpa kayu dan gergaji, bahkan tanpa keahlian pertukangan sekalipun. Bisa dibuat oleh siapa saja, bahkan ibu rumah tangga.
Proyek membuat rak gantung ini adalah berdasarkan apa yang baru saja aku lakukan kemarin , yakni membuat rak sepatu gantung dari bahan limbah sisa proyek renovasi rumah. Selain menghemat tempat dan mengatasi rumah yang sempit, dengan adanya rak gantung ini, kita juga telah mampu menjadikan limbah tak terpakai menjadi barang yang berguna.

Memiliki rumah yang sempit memang bukan impian kita. Idealnya rumah tempat tinggal kita adalah rumah yang luas dan asri. Rumah yang mampu menampung semua perabotan yang selalu ingin dibeli oleh isteri kita, lagi dan lagi. Ya.. namanya juga wanita, bapak ibu semua... sudah punya piring masih tergiur ingin beli piring lagi, sudah punya sepatu bagus, masih beli sepatu lagi. Apalagi kalau ada promo, wah..bisa gawat! Tetapi kita memang harus maklum, memang begitulah hukum alamnya. Laki-laki tergila-gila pada wanita, wanita gila pada belanja :)

Kembali ke topik, dengan memiliki rumah yang sempit, tentu akan menjadi permasalahan sendiri manakala perabotan rumah kita semakin banyak. Nah, daripada kita meratapi rumah kita yang sempit dan tidak cukup dana untuk beli rumah lagi, mari kita coba berfikir kreatif menyiasatinya dengan membuat rak sepatu gantung sederhana dari bahan limbah yang tidak terpakai lagi. Mari langsung saja kita siapkan alat dan bahannya.

Alat Kerja

  1. cutter
  2. paku penggaris
  3. palu
  4. pensil
Bahan

  1. triplek sisa limbah proyek ketebalan 3mm
  2. tali kawat / kenur

Langkah kerja

  1. Siapkan lembaran triplek yang sudah tidak terpakai, atau kalau tidak punya, bisa beli triplek di toko . Harganya sekitar 30 ribuan ukuran 1,2m x 2,2m tebal 3mm.
  2. Buatlah pola kotak - kotak dengan pensil dan penggaris pada lembaran triplek. Ukuran silahkan sesuai selera anda. Kami mengambil ukuran kotak persegi panjang 30cm x 12 cm sebanyak 4 buah. 
  3. Potonglah pola tadi dengan bantuan cutter dan penggaris. Caranya, tempelkanlah penggaris pada garis pola, lalu potonglah dengan cutter di sepanjang garis pola yang telah ditempeli penggaris. 
    Cara Mengtasi Rumah yang Sempit dengan Membuat Rak Gantung
    Cara Membuat Rak Gantung Sedehana dan Mudah Dibuat
    membuat pola bidang rak
  4. Tumpulkan setiap sudut pola papan triplek yang telah terpotong, agar terlihat rapi dan tidak melukai tangan.
  5. Berilah lubang dengan paku pada semua sudut pola papan triplek persegi panjang yang telah kita potong. Sesuaikan besar lubang dengan besar tali/ kawat yang akan kita pakai.
  6. Rangkailah tali kawat/kenur memasuki lubang di setiap sudut seperti gambar di bawah ini. 
    skema Cara Membuat Rak Gantung Sedehana dan Mudah Dibuat
    merangkai tali rak
  7. Berilah simpul penahan di setiap bagian bawah lubang pada papan triplek.
  8. Gantungkanlah rak yang sudah jadi pada dinding seperti ini. 
    Cara Membuat Rak Gantung Sedehana dan Mudah Dibuat
    rak sepatu sederhana
Waktu dan biaya
Estimasi waktu yang diperlukan untuk membuat rak gantung ini adalah 1(satu) jam.
Biaya:
1 lembar triplek ukuran 1m x 2m tebal 3mm..................................Rp 30.000,00
paku .............................................................................................Rp   2.000,00
kawat..............................................................................................Rp  4000,00
Total biaya....................................................................................Rp 36.000,00

Jadi dengan biaya Rp 36.000 itu,jika ingin membuat rak ukuran 30cm x 12 cm sebanyak 4 tingkat seperti milik saya, anda bisa membuat sebanyak 120cm x 200cm  /  30cm x 12 x cm x 4 buah= 16 buah rak.
Jadi biaya 1 buah rak hanya Rp2.250,00 saja.

Mudah kan cara membuat rak sepatu gantung? Rak gantung tadi bisa anda gunakan untuk menempatkan apa saja, seperti sepatu, bumbu dapur, peralatan kosmetik, peralatan mandi, dan lain - lain. Rumah anda yang sempit pun akan terasa lebih longgar. Demikian yang bisa kami bagikan kali ini, cara mengatasi rumah yang sempit dengan membuat rak gantung sederhana. Nantikan proyek sederhana kami selanjutnya.

Comments

Post a Comment

Jika komentar anda / jawaban komentar tidak muncul, klik tulisan "loading" atau tulisan "load more" sampai komentar anda muncul. Atau silahkan bertanya lewat "Kontak Kami"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sponsored By

Kontak Kami

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Cara Mudah Pengaduan dan Keluhan Pelanggan Listrik PLN

Cara dan Syarat Mengurus Perubahan Data Kepesertaan BPJS Kesehatan

Cara dan Persyaratan Mengurus Pernikahan dan Surat Nikah di KUA Dilengkapi Gambar Alurnya

Cara Mengasah Gergaji Potong yang Benar

CARA CAT MELAMIN DAUN PINTU

Cara Mendaftar Sebagai Pasien di Puskesmas

Cara Mengurus Surat Keterangan Tinggal Sementara (SKTS)

Cara Bertahan Hidup Dengan Gaji Pas-pasan 1 (satu) Juta Saja