pasang

9 Cara Alami Mengusir Nyamuk Tanpa Obat


 

Cara Mengusir NyamukBerikut ini adalah cara alami mengusir nyamuk dari rumah anda.
Apakah anda terganggu karena gigitan nyamuk di malam hari? Di samping mengganggu istirahat anda, gigitan nyamuk juga bisa menjadi media perantara bagi tersebarnya jenis penyakit tertentu. 

Apalagi jika anda punya anak balita yang masih kecil, tentu kasihan jika pipinya bentol-bentol digigit nyamuk.

Lalu bagaimana cara mangatasinya? Adakah cara yang manjur untuk mengusir nyamuk dari kamar anda?


Sebelum kami bagikan tips mengusir nyamuk, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui.
  1.  Nyamuk adalah sejenis serangga yang memiliki dua buah sayap bersisik, tubuhnya langsing dengan enam buah kaki yang panjang. Setiap spesies nyamuk memiliki ukuran panjang kaki yang berbeda - beda, tetapi jarang ada yang melebihi 15mm. 
  2. Pada nyamuk betina, mulutnya berbentuk panjang sedemikian rupa, yang bisa digunakan untuk menghisap darah nanusia dan juga mamalia lainnya. Terkadang juga menghisap darah burung dan reptil. Nyamuk betina menghisap darah manusia agar mendapatkan protein yang diperlukan oleh telurnya. Sedangkan pada nyamuk  jantan, mereka tidak memiliki mulut penghisap darah. Akan tetapi ada juga salah satu spesies nyamuk, yang nyamuk betinanya tidak menghisap darah, tetapi larva nyamuknya yang bisa memangsa nyamuk lain untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Maka , adalah anggapan yang keliru bahwa nyamuk adalah hewan menghisap darah untuk makan. Nyamuk menghisap darah hanya untuk keperluan nutrisi telur - telurnya, dan itu hanya dilakukan oleh nyamuk betina. 
  3. Jika anda sanggup berhenti bernafas agar tidak menarik perhatian si makhluk pengganggu ini, maka nyamuk tidak akan mendekat. Gas karbondioksida yang anda hembuskan ketika anda mengeluarkan nafas adalah penarik perhatian terbesar bagi nyamuk. 
  4. Nyamuk juga tertarik dengan aroma parfum anda, bau tubuh dan juga panas tubuh anda. Jika tidak ingin menarik perhatian nyamuk, tentu anda harus berhenti menggunakan sabun mandi, shampoo, parfum dan juga deodorant.. Tapi sepertinya hal ini sulit dilakukan bukan?

Yang perlu anda ingat adalah bahwa ketika sebagian orang menjadi semacam magnet bagi para nyamuk, sedangkan orang-orang di sekitarnya tidak mendapat satu gigitan pun, maka kami menduga ada faktor kimiawi tertentu dalam tubuh orang itu. 

Hal ini mungkin menjelaskan , mengapa ada orang yang berhasil mengusir nyamuk menggunakan tips-tips yang akan kami bagikan, dan sebagian yang lain tidak. Tapi tidak mengapa, tidak ada salahnya juga untuk anda coba.


Tips mengusir dan mengatasi gigitan nyamuk
Pakailah pakaian yang berwarna terang, karena nyamuk lebih tertarik dengan pakaian yang berwarna gelap.
Sebiasa mungkin pakailah pakaian yang menutupi seluruh anggota tubuh, termasuk memakai penutup kepala bila perlu. Meskipun gigitan nyamuk masih bisa menyelinap melalui serat kain, setidaknya hal itu mengurangi dampak dari gigitannya.

Cara Mengusir Nyamuk dengan Bahan Alami

Ada beberapa tumbuhan yang bisa anda gunakan untuk membuat ramuan pengusir nyamuk.
  1. .Ekstrak vanilla 
    Ada sedikit perbedaan anjuran dalam pemakaian ekstrak vanilla ini yang satu sama lain saling berlawanan. Sebagian orang menganjurkan untuk mengoleskan ekstrak vanilla pada bagian tubuh anda yang tidak tertutup pakaian anda. Sebagian yang lain menganjurkan untuk menggosokkan pada seluruh kulit tubuh anda dan mengoleskan pada pakaian anda.
  2. Bawang putih 
    Cara yang satu ini bukanlah cara yang disukai untuk dipraktikkan dari hari ke hari. Akan tetapi jika anda hendak pergi berkemah ke daerah yang banyak sekali nyamuknya, cobalah untuk memakai bubuk bawang putih, gunakan pada titik nadi, di belakang lutut, pada telapak kaki dan pergelangan kaki, oleskan juga di pipi, wajah, ataupun leher. Ingat, jangan sampai mengenai mata.
  3. Kemangi dan lavender 
    Tumbuk dan memarkan daun kemangi / lavender, lalu gosokkan pada seluruh permukaan kulit tubuh anda dan juga pakaian anda.
  4. Kayu putih   , salah satu cara untuk mengusir nyamuk dari rumah anda adalah dengan menanam pohon kayu putih di pekarangan rumah anda. Aroma dari tanaman ini tidak disukai oleh nyamuk. Jika perlu tanamlah juga di dalam pot, lalu letakkanlah di dalam rumah. Anda dapat pula menggunakan daun kayu putih, anda tumbuk, lalu balurkanlah pada permukaan kulit anda, maka nyamuk akan menjauh dari anda. Pada zaman sekaarang ini, kita juga bisa menggunakan cara yang praktis. Ambil saja minyak kayu putih yang mudah anda dapatkan di pasaran, encerkan dengan air. Lalu semprotkanlah di setiap sudut rumah anda.
  5. Serai wangi. Di antara tanaman yang bisa kita manfaatkan sebagai pengusir nyamuk adalah serai wangi. Caranya? Mudah, ambil beberapa batang serai wangi. Blender dengan setengah gelas air. Diamkan selama satu malam. Setelah itu saring, dan buang ampasnya. Lalu encerkanlah cairan serai tadi dengan sedikit air, lalu semprotkanlah di setiap sudut rumah. Bisa juga larutan ini digunakan untuk mengepel lantai, sehingga baunya bisa mengusir nyamuk dari rumah anda.
  6. Tanaman tapak dara. Tapak dara mengandung geraniol dan sitronelol yang dapat mengusir nyamuk. Caranya tanamlah tanaman ini di dalam pot, lalu masukkanlah ke dalam rumah anda. Aromanya akan membuat nyamuk pergi dengan sendirinya.
  7. Kulit jeruk. Setelah anda memakan jeruk, jangan langsung membuang kulitnya. Taruh kulit jeruk dalam sebuah wadah, lalu letakkanlah di atas meja kamar anda. Aromanya akan membuat nyamuk menjauh.
  8. Daun Pepaya. Cara yang terakhir ini adalah resep mengusir nyamuk yang diajarkan oleh ayahku .Ambil beberapa lembar daun pepaya , memarkan, lalu letakkanlah di dalam rumah anda. 
  9. Tanaman citronella. Tanamlah tanaman ini di dalam pot, lalu seperti tenaman lainnya, letakkanlah di dalam ruangan rumah anda. Bisa juga anda campurkan dalam air yang anda gunakan untuk mandi. Aromanya akan meresap pada kulit anda dan membuat nyamuk enggan mendekat. 
  10. Kemangi. Caranya cukup tumbuk daun kemangi, lalu oleskanlah pada kulit kita, dan nyamuk puk akan terusir dari tubuh kita.

Selain cara-cara di atas, yang sangat penting untuk anda lakukan agar rumah anda bebas nyamuk adalah menjaga kebersihan lingkungan. 

Bersihkan dan kuras bak mandi anda setiap tiga hari sekali. Kubur kaleng-kaleng bekas agar tidak tergenang air yang bisa dijadikan tempat bertelurnya nyamuk. 

Pastikan rumah anda memiliki sirkulasi udara yang baik dan cukup terkena sinar matahari agar rumah anda tidak lembab dan menjadi tempat yang nyaman bagi berkembangbiaknya bibit- bibit penyakit. 

Demikianlah sedikit tips untuk mengusir nyamuk dari kamar anda. Barangkali, jika cara - cara mengusir nyamuk di atas anda praktekkan, suatu saat para nyamuk akan mulai berfikir untuk mencari profesi lainnya... Semoga bermanfaat.  Nantikan tips - tips bermanfaat kami selanjutnya...



Referensi :
  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Nyamuk
  2. http://tipnut.com/how-to-prevent-mosquito-bites/

Comments

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sponsored By

Kontak Kami

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Cara Mudah Pengaduan dan Keluhan Pelanggan Listrik PLN

Cara dan Persyaratan Mengurus Pernikahan dan Surat Nikah di KUA Dilengkapi Gambar Alurnya

Cara dan Syarat Mengurus Perubahan Data Kepesertaan BPJS Kesehatan

Cara Mengasah Gergaji Potong yang Benar

Cara Bertahan Hidup Dengan Gaji Pas-pasan 1 (satu) Juta Saja

Cara Mendaftar Sebagai Pasien di Puskesmas

CARA CAT MELAMIN DAUN PINTU

Cara Mengurus Surat Keterangan Tinggal Sementara (SKTS)