pasang

Apa Saja Kegiatan Lebaran di Kampung

lebaran di desa
H-1 Lebaran di kampung kami
Lebaran  adalah kegiatan  rutin  tahunan masyarakat Indonesia.

Lebaran  adalah istilah yang digunakan oleh umat Islam Indonesia untuk hari raya idul  fithri. Dirayakan  setiap  tanggal 1 syawal setelah  berpuasa  sebulan  penuh  di bulan Ramadhan.

Dalam merayakan lebaran  ini kita dapati beragam kegiatan  yang dilakukan  masyarakat. Ada kegiatan yang memang berasal dari ajaran agama Islam, ada juga kegiatan yang berasal dari tradisi kedaerahan.
Terkadang  kegiatan  di suatu daerah berbeda  dengan  kegiatan  di daerah  lain.

Kali ini kami ingin sedikit berbagi pengalaman, bagaimana suasana lebaran di kampung kami. Salah satu kampung di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Jogjakarta.

Sehari sebelum hari H, suasana lebaran sudah mulai terasa di kampung. Hal tersebut bisa terlihat dari hal - hal berikut :
  1. Banyak warga pendatang, anak kos, mahasiswa luar kota sudah pulang ke kampung halaman mereka. Hal ini membuat jalanan kampung tampak lebih lengang, bahkan jalan raya juga relatif lebih lengang.
  2. Beberapa warga membersihkan rumah dan pekarangannya. Baik membersihkan sendiri atau memakai jasa kebersihan dan potong rumput.
  3. Beberapa pedagang dan pengusaha sudah mulai menutup usahanya. Meliburkan pegawainya, dan masing - masing sibuk menyiapkan makanan untuk hari raya, sebagian yang lainnya sibuk berkemas - kemas untuk pulang kampung.
  4. Di pasar mulai bermunculan penjual, pengrajin ketupat. Sebagian ibu - ibu tetangga mulai membuat ,memasak ketupat. Di kampung kami setiap malam sebelum hari lebaran, ada acara ritual tradisional berupa kenduri. Dalam ritual ini setiap warga membawa ketupatnya masing - masing menuju tempat kenduri, lalu berdoa bersama. Tidak semua warga ,ada juga segelintir warga yang tidak mengikutinya, karena memang ini  hanya tradisi kedaerahan, dan bukan berasal dari ajaran agama. Walau demikian, mereka tetap saling menghormati, dan tetap bersuka cita menyambut hari raya.
    lebaran di desa
    ketupat lebaran
    lebaran di desa
    memasak ketupat
  5. Ada pengumpulan beras zakat di masjid. Setiap warga / jiwa menyedekahkan 2,5 kg beras sebagai bahan makanan pokok di negara kita untuk disalurkan oleh panitia zakat kepada para fakir miskin yang membutuhkan.
  6. Setelah pemerintah mengumumkan penetapan tanggal 1 syawwal akan jatuh keesokan harinya, warga menyambutnya dengan gembira. Salah satunya diekspresikan dengan acara takbir keliling di malam hari yang diikuti oleh sebagian besar anak - anak. Semacam acara konvoi, karnaval dengan aneka pernak - perniknya, seraya mengucapkan takbir.
  7. Tidak sedikit juga yang mulai membeli baju baru, baju bagus yang akan dikenakan di  hari raya. 
Pada hari "H", setiap daerah memiliki tradisi unik sendiri - sendiri dalam merayakan hari raya ini. Berikut ini kegiatan perayaan lebaran di kampung kami :
  1. Setelah mandi dan memakai baju yang bagus, baju terbaik mereka, setiap warga tanpa kecuali, bapak - bapak, ibu - ibu, remaja dan anak - anak berkumpul, tumpah ruah di tanah lapang mengikuti pelaksanaan shalat idul fithri dan mendengarkan khotbah. Acara ini berlangsung sekitar 1 jam saja.
  2. Selesai acara, ada sebuah tradisi daerah, yaitu saling bersalam - salaman antar warga . Saling maaf memaafkan antara satu warga dengan yang lainnya. Ini adalah sekedar tradisi yang berlaku di Indonesia, begitu juga di kampung kami.
  3. Saling berkunjung. Biasanya warga yang berusia relatif lebih muda berkunjung ke para orangtua , sepuh, untuk melakuakan sebuah ritual khas daerah yaitu sungkem. Dilanjutkan dengan makan - makan kue dan ngobrol- ngobrol. Kami juga menikuti acara ini, mengunjungi para orang tua di rumah - rumah mereka satu per satu. Door to door. Dimulai sekitar jam 8.00 pagi seusai shalat idul fithri , dan selesai sekitar pukul 10.30.
  4. Kegiatan saling berkunjung dilanjutkan dengan mengunjungi kerabat - kerabat yang rumahnya jauh, di luar desa, bahkan luar kota, yang mungkin selama ini jarang saling berkunjung. 
  5. Rangkaian kegiatan hari raya ini seringkali membuat kita sibuk dan repot. Salah satu kerepotan adalah cucian yang menumpuk. Untuk mengatasinya , anda bisa memakai jasa laundry antar jemput.
Begitulah kurang lebih peraaan lebaran di kampung. Secara garis besar hampir sama di semua daerah di Indonesia. Ada beberapa adat istiadat daerah yang menyertai perayaan ini, yang antara satu daerah dengan daerah lainnya mungkin berbeda.

Bagaimanapun anda merayakan lebaran ini, semoga kita menjadi manusia yang lebih baik setelahnya, menjadi bangsa yang lebih baik, lebih jujur, dan lebih maju lagi.

Selamat Hari Raya Idul Fithri 1439 H, semoga perbuatan baik kita semua diterima oleh Yang Maha Tinggi.

Comments

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sponsored By

Kontak Kami

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Cara Mudah Pengaduan dan Keluhan Pelanggan Listrik PLN

Cara dan Syarat Mengurus Perubahan Data Kepesertaan BPJS Kesehatan

Cara dan Persyaratan Mengurus Pernikahan dan Surat Nikah di KUA Dilengkapi Gambar Alurnya

Cara Mengasah Gergaji Potong yang Benar

CARA CAT MELAMIN DAUN PINTU

Cara Mendaftar Sebagai Pasien di Puskesmas

Cara Mengurus Surat Keterangan Tinggal Sementara (SKTS)

Cara Bertahan Hidup Dengan Gaji Pas-pasan 1 (satu) Juta Saja