6 Cara Aman Memasak Menggunakan Tabung Gas Elpiji



6 Cara Aman Memasak Menggunakan Tabung Gas Elpiji
tabung elpiji 3kg
Kebakaran karena ledakan tabung gas rumah tangga adalah kejadian yang tidak jarang kita lihat beritanya di televisi, kita baca di surat kabar ataupun melalui media online. Ledakan tabung gas adalah peristiwa kecelakaaan kerja yang terjadi karena berbagai sebab, dan tidak jarang justru karena kelalaian manusia sendiri. Ada banyak hal-hal yang diangggap sepele oleh pengguna tabung gas elpiji, tapi bisa berakibat fatal.
Sebenarnya ada banyak jenis kecelakaan kerja yang dikarenakan oleh kelalaian manusia sendiri. Manusia sering menganggap remeh hal-hal kecil yang memeiliki dampak pada kecelakaan kerja. Bukankah sering kita lihat pengendara sepeda motor yang tidak mengenakan helm? Atau banyaknya orang yang memasang instalasi listrik sendiri tanpa memenuhi standar instalasi yang sesuai prosedur? Akibatnya manusia baru menyesal setelah terjadi kecelakaan lalu lintas atau ketika terjadi kebakaran hebat yang membakar satu kampung hanya gara-gara terjadinya hubungan arus pendek.
Salah satu tempat yang termasuk berisiko kecelakaan kerja tinggi di ru mah kita adalah di dapur, mengapa? Karena di dapur terdapat “bom” gas elpiji yang kalau kita tidak hati-hati dan cermat, kecelakaan kerja berupa ledakan tabung gas bisa saja terjadi.
Apa yang harus kita lakukan agar kita terhindar dari kecelakaan kerja tabung gas yang meledak? Simak tips aman menggunakan  tabung gas elpiji berikut ini:
1.       Belilah kelengkapan tabung elpiji seperti selang, kompor, dan regulator yang berstandar, yaitu yang terdapat logo SNI. Mengeluarkan dana sedikit lebih mahal untuk membeli barang yang berkualitas dan terstandarisasi adalah jauh lebih murah dibandingkan biaya pengobatan dan kerusakan akibat kecelakaan kerja.
2.       Rajin-rajinlah merawat dan membersihkan kompor gas dan selang anda. Bersihkanlah bagian luar selang tabung elpiji anda dengan kain yang dibasahi air agar  selang bersih dari jamur  yang menyebabkan selang mudah aus dan bocor.
3.       Hindari menempatkan tabung gas terlalu dekat dengan kompor , dan hindari posisi selang yang terlalu menekuk, yang mengakibatkan selang menjaadi keras dan mudah bocor. Aturlah posisi yang memungkinkan selang bisa terurai dan tidak terlalu melipat.
4.       Pastikan bahwa ruangan tempat anda memasak menggunakan tabung elpiji memiliki sirkulasi udara yang lancar, cukup jendela dan ventilasi, sehingga jika terjadi kebocoran kecil gas  yang belum kita sadari bisa segera terbawa angin.
5.       Selalu waspada dan pastikan tidak tercium bau gas bocor. Jika tercium bau gas bocor dan anda sedang memasak, maka segera matikan kompor dan lepas regulator selang dari tabung. Atasi kebocoran, bila perlu, ganti selang atau regulator anda dengan yang baru.
6.       Jangan menyalakan lampu dapur jika anda mencium bau gas elpiji bocor, karena bisa memantik percikan api yang akan membakar gas yang telah memenuhi ruangan.
7.       Jauhkan tabung gas elpiji dan segala perlenngkapannya dari jangkauan anak-anak. Jangan sampai anak-anak bermain-main dengan regulator tabung elpiji tanpa anda sadari, sehingga terjadi kebocoran yang memicu terjadinya kecelakaan.

Demikianlah sedikit tentang cara aman memasak menggunakan tabung gas elpiji. Menjadi pribadi yang tenang dan melakukan segala sesuatu sesuai prosedur standar keamanan adalah sebuah cara yang ampuh untuk mencegah banyak kemungkinan terjadinya musibah dan kecelakaan. Selalu ingat, bahwa biaya yang anda keluarkan untuk  memakai peralatan yang berstandar keamanan adalah lebih murah daripada biaya yang anda tanggung untuk berobat ataupun melakukan perbaikan terhadap kerusakan akibat kecelakaan kerja. Utamakan selamat!

Comments

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kontak Kami

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Cara Share Lokasi Rumah Saat tidak Berada di Rumah

Panduan Pemasangan Kabel Pada Stop Kontak (Dengan Gambar Step By Step)

Cara Mengasah Gergaji Potong yang Benar

Cara Mengurus Pembuatan Kartu Keluarga (KK) Baru

CARA CAT MELAMIN DAUN PINTU

Cara dan Persyaratan Mengurus Pernikahan dan Surat Nikah di KUA Dilengkapi Gambar Alurnya

Kriteria Pemilik KMS (Kartu Menuju Sejahtera) Yogyakarta 2016

Cara Memasang Instalasi Air Bersih di Rumah dengan Pipa PVC

Cara Mudah Pengaduan dan Keluhan Pelanggan Listrik PLN