pasang

Modus Penjualan Penjual Cat Sisa Proyek

Modus Penipuan Penjual Cat Sisa ProyekIni adalah pengalamanku "mejadi korban" penjual cat sisa proyek. Mungkin tidak bisa dibilang penipuan, tetapi paling tidak, aku merasa dikelabui, membeli barang tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Aku merasa diyakinkan membeli merek cat PxxxxN , tapi ternyata yang kubeli bukan cat merek yang kumaksud tetapi hanya plesetannya, merek PxxxxNE. Sangat mirip.

Aku akan menceritakannya untuk anda agar anda tidak mengalami hal yang sama seperti yang saya alami,merasa kecewa karena kenyataan tidak sesuai harapan.

Kisah ini di latar belakangi oleh direnovasinya rumah kami tempo hari. Ketika telah tiba waktunya untuk mengecat tembok, maka untuk menghemat biaya kami putuskan untuk mengecatnya sendiri.

Mengenai proyek kami mengecat tembok ini , anda bisa membaca artikel kami yang berjudul Cara Mengecat Tembok yang Masih Baru untuk Pemula.

Akhirnya, aku mulai mencari - cari jenis cat tembok apa yang akan saya gunakan nanti, yang pas di kantong, dan pas di kualitas. Maunya, pokoknya yang murah tapi bagus.

Hingga pada suatu sore, ketika saya sedang beres - beres membersihkan sisa - sisa material di depan rumah, datanglah seseorang mengendarai sepeda motor dengan membawa dua ember cat besar ukuran 25 kg. Awalnya saya kira dia orang baik - baik yang hendak menanyakan alamat. Eh, ternyata...

"Sore pak, ini pak, saya pekerja proyek yang ada di desa sebelah. Nah, karena proyek sudah selesai, ini saya mau jual murah cat sisa proyek. Ya.. daripada tidak terpakai." Kata orang tadi mengawali pembicaraan.
Sebuah usaha yang berhasil.

"Emang berapa harganya?" tanyaku penasaran.

"400ribu aja boleh pak, dari pada mubazir. Kalau di toko harganya masih 600 ribuan ini pak"

Saya lihat catnya, perhatikan , cat nya tertulis bermerk P****NE. Murah juga pikirku. Kesalahanku yang pertama adalah bahwa aku kurang jeli membaca tulisan merk-nya. Di situ tertulis bermerk P****NE , padahal yang terkenal kan cat yang bermerk P****N tanpa E.

Karena merasa tertarik, murah juga pikirku, aku mencoba menawar harga, "400 ribu dapat dua, aku ambil pak".
"Wah ga bisa mas, tambahin dikit dong", dia menolak, atau lebih tepatnya pura - pura menolak, sebuah politik tawar menawar.

Akhirnya setelah tawar menawar, dia mau melepas dengan harga 400 ribu dapat dua ember cat masing - masing ukuran 25 kg. Cukup murah, karena setahuku di toko memang seharga 600 ribuan ke atas, ini 400 ribu dapat dua @25kg. Cukup banyak untuk mengecat seisi rumah, nanti kalau sisa, akan aku gunakan untuk mengecat genteng sekalian....

Begitu serah terima uang dengan barang selesai, dan si sales cat pergi. Baru aku sadari bahwa aku salah mengambil keputusan.

Aku baca sekali lagi merk nya. Ini merk tiruan lebih tepatnya plesetan dari sebuah merek cat terkenal, seolah -olah merk P****N. Eh ini mah P****NE. Aduh.. aduh.. Itu dari sisi penulisan mereknya yang plesetan.
Lalu aku buka tutup segelnya, aku lihat isi catnya, berwarna biru telur bebek kesukaanku.

Tapi kayaknya kok banyak kandungan gamping nya ya..? Ternyata benar aku kurang teliti dari sisi merk plesetan. Kukira ini adalah cat merk terkenal P****N, tapi ternyata ini hanya plesetennya, P****NE

Terlanjur keluar uang ratusan ribu rupiah, aku coba mengecat beberapa ruangan dengan cat merk gadungan tadi. Setelah aku pakai buat mengecat, Aku merasa sedikit kecewa. Bagaimana tidak, dua ember @25kg cat habis untuk mengecat 2 ruangan ukuran @ 3 x 3.

Ada harga ada kualitas.
Padahal untuk mengecat ukuran yang sama dengan cat merk terkenal, aku hanya butuh 2 ember kecil saja. Buktinya untuk ruangan sisanya yang belum aku cat, aku beli cat bermerk di toko bangunan, ukuran ember kecil 5kg harga 100 ribuan. Beda banget perbandingan daya sebarnya.

Cat bermerek 5kg harga 100ribu bisa mengecat luas bidang yang sama dengan cat plesetan tadi yang berukuran 25kg harga 200rb. Belum lagi kualitasnya, bagaimana hasilnya di tembok.

Menyesal sudah tidak berguna. Maka dari itu saya menuliskan kisah ini agar anda semua tidak menjadi korban strategi penjualan atau lebih tepatnya penyesatan /plesetan merek seperti saya.

Modus Penyesatan Penjualan Atau Teknik Marketing?
  1. Mereka menampilkan seolah - olah menjual merek tertentu yang sudah dikenal, padahal bukan, sekedar nama merek yang mirip saja alias plesetan.
  2. Saat menawarkan barang, mereka bilang kepada saya bawa ini adalah merek P****N yang terkenal dan sering muncul  di iklan TV. Apakah menurut anda mereka berbohong?
  3. Untuk mengelabui, mengapa cat merek bagus dijual murah, mereka beralasan karena ini cat sisa proyek, daripada dibuang, mending dijual walaupun dengan harga murah. Pembeli merasa ini alasan yang logis. Di  sini, apakah menurut anda mereka benar - benar menjual cat sisa proyek, atau mereka hanya berbohong saja?
  4. Kemudian karena dengan harga yang murah bisa dapat cat merek terkenal, akhirnya pembeli mantap untuk melakukan pembelian.

Saran saya dalam memilih cat yang tepat,

  1. Belilah cat yang sudah benar benar bermerk di toko cat terpercaya. 
  2. Pertimbangkan juga, akan mengecat luar ruangan ataukah dalam ruangan. Cat yang memang diperuntukkan untuk luar ruangan biasanya lebih tahan terhadap perubahan cuaca, lebih tahan terhadap jamur, hujan dan panas. Konsultasikan dengan penjual cat.
  3. Pertimbangkan juga untuk menggunakan cat yang anti air dan mudah dibersihkan, terutama pada tempat - tempat yang lembab. Dinding yang lembab karena rembesan air bisa mengakibatkan tumbuhnya jamur yang akan susah untuk dibersihkan. Akan tetapi jika sudah berjamur, bersihkan dengan cara ini.
  4. Untuk warna sesuaikan dengan selera anda.  Tidak ada aturan baku untuk memilih warna, karena ini berkaitan dengan selera.
Bagi para penjual cat seperti itu, tolong berikan informasi yang benar mengenai kualitas produk. Kalau memang mereknya berbeda dengan yang diplesetkan, bilang saja apa adanya, informasikan pada calon konsumen apa adanya,  jangan mengelabui calon konsumen bahwa ini adalah merek yang dimaksud dalam plesetan nama merek.
Toh, kalau memang ada pembeli yang anggarannya terbatas dan tertarik dengan cat anda karena harganya yang murah, dia juga akan beli dengan senang hati meski tahu bahwa ini bukan cat merek terkenal. 
Jadi tidak perlu mengelabui calon konsumen dengan mengatakan ini cat sisa proyek, ini cat merk yang sering muncul di TV. 
Itulah kisahku yang kurang teliti bertransaksi dengan penjual "cat sisa proyek". Ketidak tahuan calon konsumen dan kekurang telitian sering dimanfaatkan orang - orang yang kurang beretika dalam memasarkan produknya.
 Tulisan ini mencoba menutup kesempatan dan niat curang seperti itu, maka WASPADALAH..! WASPADALAH!

Bagi anda yang memiliki pengalaman serupa, silahkan berbagi cerita di komentar bawah artikel ini. Tolong nama merek cat disamarkan.
Silahkan share artikel ini jika anda merasa bahwa ini akan bermanfaat bagi orang - orang di sekitar anda agar tidak mengalami hal yang sama.

Kami juga memiliki pengalaman menjadi korban sales penipu di Modus Penipuan Penjual Barang Elektronik Palsu.

Comments

  1. Iya. Saya juga pernah mengalami hal serupa kemarin tgl 6 oktober 2016.
    Dengan alasan vat sisa proyek yang akan dijual murah.
    Merk cat itu WATERPROOF ukuran 18kg.
    Untungnya saya cepat mengetahuinya dan langsung lapor ke pihak yang berwajib.
    Mudah2an bandar pabrik besarnya bisa ditangkap juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Saya juga pernah beli tapi alhamdulilah ya lumayan gak seperti yg anda bilang awalnya sih agak ragu tapi setelah saya cat hasilnya ya lumayan lah gak sebegitu yang anda bilang

      Delete
    4. kalau hasilnya bagus ya syukurlah. fokus tulisan saya ini bukan pada kualitasnya, meski yang dari pengalaman saya kualitasnya jelek. fokus saya adalah cara mereka memplesetkan merek, dibumbui dengan pengakuan cat sisa proyek.

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. Untung baca tulisan ini cz baru saja dijual beli online juga ada yg buat iklan cat setengah hrg,krn trtarik mw lihat hrga ny digoogle,,tp gak ktmu merk itu decoproof wheaterbshield malah ketemu tulisan ini,trimakasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, sama - sama. Kita harus selalu waspada...

      Delete
    2. untuk cat harga setengah harga dari merek terkenal sebenarnya tidak masalah, kalau kita mendapat informasi produk yang jelas dan jujur. kadang kalau kita hanya punya anggaran yang minim lalu beli cat murah ya silahkan, itu pilihan kita. tetapi yang sangat disayangkan, kenapa si penjual cat harus mengelabui dengan meyakinkan bahwa cat yang dijual ini adalah merek terkenal yang dimaksud dalam plesetan nama mereknya, kemudian dibumbui dengan keterangan sisa proyek segala untuk meyakinkan.

      Delete
  4. saya sudah terlanjur pakai untuk interior. baru ngeh setelah memperhatikan betul2 tulisan pada ember bekas catnya. ternyata cat abal2 dengan memplesetkan merk yang sudah terkenal.

    jadi pembelajaran. nabung dulu deh untuk beli cet yang kualitasnya baik... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, betul, mending beli yang sudah jelas merk dan kualitasnya... Semoga semakin banyak yang tahu modus penipuan ini..agar tidak tertipu.

      Delete
  5. Mohon petunjuk apakah mereka"yang melakukan kecurangan apa bisa laporkan ke pihak berawajib dan di adili,kareana sudah banyak kurban,bagaimana caranya,terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau anda punya bukti percakapan dan siksi mungkin bisa tapi kalau mau mengusut pabriknya gak mungkin karna meski mereknya plesetan merek terkenal tapi itu sah dan ada ijin.

      Delete
    2. Kalau anda punya bukti percakapan dan siksi mungkin bisa tapi kalau mau mengusut pabriknya gak mungkin karna meski mereknya plesetan merek terkenal tapi itu sah dan ada ijin.

      Delete
  6. Kalau anda punya buktinya berupa rekaman dan saksi saat perckapan mungkin bisa tapi untuk menggulung pabriknya gak mungkin karna meski mereknya seolah plesetan tapi itu resmi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya perhatikan, penipuan dari sisi pemasaran. Istilahnya kita ini korban dari pemasaran yang menyesatkan. Mereka bilang cat sisa proyek , dan mereknya seolah - olah merek terkenal, padahal plesetan. Kita saja yang harus lebih jeli, maka dari itu saya berbagi kisah ini.

      Karena kalau untuk menyeret pabriknya ke ranah hukum , susah juga. Mereka memakai merek sendiri yang mirip (plesetan) merek terkenal. Beda lagi kalau mereka memalsukan merek.

      Delete
  7. Wah ibu saya jg baru membeli cat kaleng besar 4 buah merek nya DUP*LUX yg mereknya hampir sama dgn merek iklan DU*AX, cuman dia kena harga 400rb per kaleng. Ceritanya jg sama persis, cet hasil sisa proyek, katanya mereka mau jual murah nanti uangnya buat mereka sja. Tp cetnya belum diperiksa, moga bukan abal2...hmmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah....saya juga sy beli 1 kaleng isinya gamping....nyesel saya...kok ya sy mau mau aja waktu di tawarin

      Delete
    2. sebagai peajaran, besok lagi lebih berhati - hati dalam membeli...


      Delete
  8. Wah ibu saya jg baru membeli cat kaleng besar 4 buah merek nya DUP*LUX yg mereknya hampir sama dgn merek iklan DU*AX, cuman dia kena harga 400rb per kaleng. Ceritanya jg sama persis, cet hasil sisa proyek, katanya mereka mau jual murah nanti uangnya buat mereka sja. Tp cetnya belum diperiksa, moga bukan abal2...hmmmm

    ReplyDelete
  9. Beruntung saya searching di Google, awalnya hanya ingin tau harga cat nya, malah nemu artikel ini. Ada seseorang menawarkan cat ke tetangga sebelah rmh dgn harga yg murah dan modusnya memang sama persis dgn artikel ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kita harus selalu berhati - hati terhadap teknik penjualan yang sedikit mengelabui seperti ini...

      Delete
    2. Saya juga barusan kena tipu. Pakaiannya sih ga kayak sales. Tapi kaya kuli borongan. Catnya merk deco*roof. Warna snow white 20ltr. Pas dibuka isinya putih agak abu. Dan bnyak kandungan gampingnya.

      Delete
    3. penampilan mereka memang kaya kuli bangunan, untuk meyakinkan calon korban bahwa yang mereka jual benar - benar cat bermerek sisa proyek yang dijual murah, daripada dibuang.

      Delete
  10. Aduh saya baru aja ketipu merk yang saya beli wate..roof ternyata dicat kayak cat murahan

    ReplyDelete
  11. Bisa bikin group wa supaya lebih mudah kita koordinasi ya,barusan sy juga ketipu,saya tunggu di 081326521482 ayo polisikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya saya ragu untuk menyebut penipuan, karena mereka memakai merek sendiri, bukan merek tiruan/ palsu. hanya saja mereknya mirip/pleseten dari merek yang sudah terkenal. Jadi kita mengira bahwa ini adalah merek terkenal tersebut, padahal bukan. Semoga kita lebih teliti lagi.

      Delete
    2. Waduh saya juga telat baca ini artikel ketipu dulu baru sadar. buat pengalaman kedepannya pasti ad hikmahnya

      Delete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Saya domisili di Cimahi. Mau share pengalaman tentang modus penjualan cat. Saya kedatangan seseorang yang awalnya menawarkan sisa semen beberapa zak yang tidak terpakai. Dia mengaku akan mudik ke Jawa Timur. Berdialek Jawa. Ciri fisiknya kakinya pincang. Berkendaraan sepeda motor Setelah berbincang, dia menawarkan cat. Ada beberapa warna. Awalnya saya enggan menanggapi karena toh sudah membeli. Tapi karena mendesak terus akhirnya saya beli juga 1 pail cat warna putih. Dia tidak langsung membawa cat. Baru setelah terjadi kesepakatan dia pergi untuk mengambil cat. Transaksi dilakukan, cat diberikan dan uang dia terima. Saya tanya mana semennya. Nanti akan diambil, katanya. Sampai akhirnya ternyata tak pernah muncul lagi...Yang saya persoalkan adalah cara dia berjualan yang menunjukan ketidakjujuran. Hati2 bro. Terkadang ketika membangun psikologis kita juga sedang tertekan, lelah. Mereka manfaat itu!

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  15. Saya di area karanggede. barusaja sy jg ketipu,, modus awalnya nawarin semen 4sak,, sama cat Decoproof snow white sisa proyek,,, td nya sy cuman mo ambil semen nya aja,, tp entah knp orang itu berhasil ngeyakinin saya, karna saya pikir semennya z asli pasti cat nya jg bagus. Akhirnya saya ambil 2 pil rp 580,, eh setelah sy ambil sempelnya dikit ko kaya banyak kandungan kapurnya, br sy nyesel. Mudah2an tidak banyak lg yang kena modus seperti ini.

    ReplyDelete
  16. Sy juga sudah perna beli sampai 6 ember ukuran besar , sampai sekarang belum di pakai menyesal tiada arti,Kira2 solusi nya apa agar cat palsu tadi bisa di pakai n bagus hasilnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kami tidak bilang itu cat palsu dalam arti cat merk palsu ya..
      karena cat tersebut memiliki merk sendiri, hanya saja mereknya hampir mirip dengan merek cat yang sudah terkenal.

      soal kualitas, dicoba saja dipakai dulu, kalau cukup bagus ya dilanjutkan, kalau jelek, ya sudah mau bagaimana lagi..

      terimakasih telah berbagi pengalaman..

      Delete
  17. Kalo cat nya msh bagus kasih jamitex 250gram harga sekitar 25ribu,per shaset mirip lem fox lem kayu jg bisa cuma jadi cat lumayan aja, kalo cat sudah bau /mengeras, cari pabrik cat home industri, nanti bisa kembali baik

    ReplyDelete
  18. kepada yang mau komentar, atau sudah terlanjur komentar, dimohon untuk tidak menyebut merk cat atau nama pabrik produsennya , kecuali dengan disensor. Untuk komentar yang menyebut nama , merk , tanpa sensor, dengan berat hati harus kami hapus.. terimakasih atas kunjungan dan sharingnya..

    ReplyDelete
  19. saya mau berbagi pengalaman juga nih, tadi siang pas habis istirahat makan ada pickup yang berhenti depan rumah saya dan nawarin cat ukuran 20kg ke saya dgn harga 450rb, saya tawar sampai harga 200rb, cukup alot sih proses negonya, oke akhirnya deal harga 300rb per ember kalengnya dengan syarat saya harus beli 4 kaleng ember dengan toal biaya 1,2 jt. saya bilang saya lagi gak punya uang dan saya butuhnya hanya 1 kaleng ember saja (20kg). nah akhirnya saya minta dia nunggu sembari saya minta no hpnya, rencananya saya mau ke kantor dulu trus mau coba tawarin ke temen2 kantor siapa tau aja mau ikutan nebeng gitu lho. Tapi eh ntah kenapa sampai kantor saya coba searching di google, eh nemu artikel ini dan artikel ini juga (izin nitip artikel orang ya bang) https://www.talkativetya.com/2018/06/modus-penipuan-cat-sisa-proyek.html , baru saya sadar ternyata saya nyaris tertipu dengan merek yang nyaris mirip. merk terkenal du*lux ternyata diplesetkan menjadi diil*x. Untung saya ketemu artikel ini dan artikel yang satunya, jadinya saya terhindar dari modus penjualan cat yang merknya diplesetkan tsb. Terima kasih ya bang sudah mau membuat artikel ini. Smoga banyak membantu orang lain juga. Buat yang lain mohon diperhatikan betul2 merk cat yang mau dibeli, jangan asal murah tapi akhirnya kecewa dengan kualitas cat tsb. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih banyak atas sharingnya mas. terimakasih juga untuk link artikelnya, aku sudah baca, sangat bermanfaat dan lugas. Sementara aku di tulisan di atas masih takut2 menyebutnya sebagai penipuan, takut digugatšŸ˜….. btw terimakasih, semoga banyak yang berani berbagi cerita, sehingga tidak ada lagi konsumen yang merasa dirugikan modus seperti ini...

      Delete
  20. Saya barusan kena tipu dengan modus yang agak sedikit berbeda gan..,

    Si penjual awalnya nawarin cat bekas proyek tapi sama ortu ane ditolak. Trus kebetulan ane lagi renovasi rumah dan orang itu dateng lagi dengan membawa brosur warna cat jotun type majestic. Dan menawarkan harga yang cukup menggkurkan yaitu 900ribu padahal kalo ditoko harganya diatas 1 jutaan. Lalu terjadilah deal ane kasih dp sekitar 200 ribu hari itu. Eh trus besoknya dia minta dilunasian sisanya yaitu 1,6 juta. Kebetulan ane pesen 2 pail/ cat yg sekitar 20 kg.
    Gtaunya pas ane cek yang dia bawa gak sesuai dengan yg disepakati di awal baik warna dan jenis catnya. Yg dia bawa cat murah yang harganya sekitar 500-600 ribuan. Pas ane protes dan marah sama tuh penjual katanya mungkin salah kirim dan mau dicek lagi besok. Sampe sekarang itu orang gak nongol2 lagi.., bisa diperkarakan gak ya kalo kasus kayak gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bisa menjadi pelajaran untuk yang lain.

      Delete
  21. Saya baru ajabeli levitex ngak tau ni asli apa aspal

    ReplyDelete
  22. Saya juga baru beli dengan penawaran yg sama. Namanya emparoof. Tapi blm buka catnya, jadi ga tau. Soalnya awam soal cat. Mhon info siapa tau ada yg tau merk ini.

    ReplyDelete
  23. Berarti saya juga baru tertipu dong?
    Kmaren siang senin 14 Jan. 2019 saya baru mau berangkat kerja, seorang berkendara sepeda motor matic bawa 2 buah cat berukuran 18 Kg. Menawarkan dgn alasan sisa proyek, dgn meyakinkan menawarkan harga per ember 600 Ribu, saya tawar 200 ribu tdk mau saya tawar lagi 250 ribu langsung di kasih.
    Tapi cat tersebut blm saya buka utk di gunakan, Mdh2an saya tdk termasuk bagian dari penipuan tersebut
    Tapi klo baca dari pengalaman di atas sepertinya saya bagian dari hal tersebut..
    Trimakasihh atas berbagi pengalamannya

    ReplyDelete

Post a Comment

Jika komentar anda / jawaban komentar tidak muncul, klik tulisan "loading" atau tulisan "load more" sampai komentar anda muncul. Atau silahkan bertanya lewat "Kontak Kami"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sponsored By

Kontak Kami

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Cara Mudah Pengaduan dan Keluhan Pelanggan Listrik PLN

Cara Mengasah Gergaji Potong yang Benar

Cara dan Persyaratan Mengurus Pernikahan dan Surat Nikah di KUA Dilengkapi Gambar Alurnya

Cara Mendaftar Sebagai Pasien di Puskesmas

CARA CAT MELAMIN DAUN PINTU

Cara dan Syarat Mengurus Perubahan Data Kepesertaan BPJS Kesehatan

Cara Bertahan Hidup Dengan Gaji Pas-pasan 1 (satu) Juta Saja