pasang

Cara Mudah Memasang Instalasi Lampu Rumah

Memasang instalasi untuk penerangan di rumah ternyata tidak telalu sulit jika kita memahami teorinya. Untuk itu kami akan mencoba membagikan cara mudah memasang instalasi lampu di rumah. Sehingga , walaupun anda bukan lulusan listrik,  setidaknya anda mampu menangani sendiri berbagai kerusakan kecil yang terjadi dalam jaringan instalasi listrik di rumah anda.

Apalagi jika anda adalah seorang suami, seorang kepala rumah tangga, malu dong kalau isteri meminta anda untuk mengatasi sedikit kerusakan kecil di rumah anda, dan anda tidak mampu mengatasinya.

Kami di sini hanya akan membahas cara memasang instalasi lampu kamar. Dengan kata lain menambah instalasi lampu kamar saja, bukan memasang instalasi lampu secara keseluruhan satu rumah. Ingat ya...!

Dahulu  saya juga belum paham bagaimana cara memasang instalasi listrik untuk penerangan di rumah. Sehingga ketika saya ingin memasang instalasi listrik baru di rumah, maka saya harus meminta bantuan tukang listrik untuk memasangnya.

Tetapi sejak saya berkeluarga, saya merasa tertuntut untuk bisa menangani berbagai kerusakan kecil yang mungkin terjadi di rumah, salah satunya adalah masalah instalasi jaringan listrik.

Nah, kebetulan saya baru saja memasang instalasi listrik untuk penerangan di rumah saya, tetapi ini bukan instalasi listrik seluruhnya, ini hanya menambah instalasi penerangan pada salah satu ruangan  di rumah saya.

 Jadi ada kamar baru di rumah, yang akan saya pasang instalasi penerangannya.
Pemasangan ini tentu saja di bawah arahan tukang listrik yang lebih berpengalaman.

Jadi ini adalah tentang cara memasang instalasi lampu di kamar yang baru. Instalasi listrik di rumah saya sudah terpasang, dan saya hanya akan menambah instalasi penerangan di kamar saya yang baru tadi, yang belum ada lampunya.

Nah, saya akan membagikannya untuk anda. Walaupun mungkin anda seorang pemula yang awam tentang kelistrikan, saya akan mencoba membuatnya mudah untuk anda. Karena dulu saya juga sering membaca tutorial pemasangan instalasi listrik, tetapi saya kok susah paham, apa penjelasannya yang kurang mempermudah, atau saya yang kurang cerdas ya?

Akhirnya setelah mendapat penjelasan dari ahlinya secara langsung, saya jadi paham, dan langsung praktek untuk rumah saya sendiri. Yaitu ketika saya membuat sebuah kamar baru di rumah. Maka saya memasang instalasi penerangan untuk kamar saya tersebut.

 Saya akan berusaha membuat penjelasan ini mudah seolah - olah anda melihatnya langsung. OK, langsumg saja kita siapkan:

Alat - alat:

  • obeng kecil
  • tespen, semacam obeng yang berfungsi untuk mengecek ada tidaknya nya arus listrik.
  • cutter/ pisau juga bisa
  • isolasi
  • tang
Bahan

  • Kabel, untuk penerangan cukup kabel yang berisi 2 engkel, karena tidak perlu ground. Jika ingin lebih aman, sebaiknya kabel dimasukkan dalam selubung pipa pvc, agar tidak dimakan tikus.
  • saklar
  • fitting, sebagai tempat untuk mendudukkan lampu. Pada fitting terdapat dua baut kecil untuk menyambungkan dengan kabel.
Selalu gunakanlah alat dan bahan yang baik dab terstandarisasi, berlogo SNI.

Pemilihan jenis kabel yang tepat untuk penerangan

  1. Pemilihan ukuran. Di pasaran , terdapat berbagai macam jenis ukuran kabel. Biasanya tertulis pada selongsong isolasi luar kabel, misalnya 1 x 1,5mm, 2 x 2,5mm dan sebagainya. Angka sebelum tanda x menunjukkan jumlah tembaga yang ada dalam pembungkus kabelnya. Sedangkan angka setelah tanda x menunjukkan diameter dari tembaga yang ada dalam kabel tersebut. Jadi misalnya kabel bertuliskan 2x2,5mm artinya dalam kabel tersebut terdapat 2 buah tembaga berukuran 2,5mm. Ukuran ini berhubungan dengan kapasitas kuat hantar arus (KHA) kabel. Besar KHA kabel harus lebih besar dari rating MCB. Untuk kabel penerangan cukup memakai kabel yang berukuran 1,5mm.
  2. Jenis kabel. Untuk penerangan di rumah, kita cukup memakai jenis kabel NYA, yaitu kabel berinti tunggal , berlapis isolasi PVC. Kabel jenis ini tidak tahan air, dan hanya menggunakan satu lapis isolasi, jadi sebaiknya jika memakai kabel ini, dilapisi selubung pipa pvc agar aman.
Kabel yang saya pakai di sini adalah kabel tipe NYM, kabel yang berinti 2 dan memiliki isolasi pvc berwarna putih di luarnya, dan setiap masing - masing intinya juga memiliki isolasi dengan warna yang berbeda. karena saya memasangnya tidak di dalam tembok dan jenis kabel ini cukup kuat, saya tidak memakai selubung luar pipa pvc.

Langkah kerja:
  1. Jangan lupa, matikan arus listrik rumah anda dengan mematikan sekring.
  2. Siapkanlah kabel anda yang akan anda pakai untuk pemasangan instalasi lampu baru anda.
  3. Carilah terminal /sambungan kabel terdekat dengan ruangan yang akan anda pasangi lampu.
  4. Jika ada terminal sambungan kabel terdekat, bukalah isolasi yang membungkus sambungan kabel sehingga sambungan kabel jadi terbuka, sambungkan kabel positf anda dengan sambungan kabel positif pada terminal, dan sambungkan kabel negatif anda pada sambungan negatif pada terminal.
    cara memasang instalasi lampu penerangan
    keterangan gambar: 1. kabel positif, 2.kabel negatif, 3. ground (untuk lampu, kabel ground tidak dipakai). Atau jika tidak ada sambungan yang terdekat, anda bisa membuat sambungan baru dengan cara memotong kabel instalasi rumah anda yang dekat dengan ruangan yang akan dipasangi lampu, lalu kupas kedua ujung kabel yang di potong tadi.  
  5. cara memasang instalasi lampu penerangan
  6. Lalu bagaimana menentukan mana engkel kabel yang positif, dan mana yang negatif pada terminal. Caranya? Untuk instalasi yang standard, maka ketika ujung kabel di kupas, akan anda jumpai 3 buah kabel dengan warna berbeda. Biasanya kabel berwarna hitam adalah kabel positif, dan yang biru negatif, lalu yang kuning ground. Tetapi tidak selalu demikian, terkadang juga terbalik. Akan tetapi jika kabel instalasi rumah anda tidak standard, hanya akan anda jumpai 2 buah kabel, kabel positif dan kabel negatif saja. Maka dari itu kita harus memastikannya dengan tespen. Kabel positif adalah kabel yang ada arusnya, ketika kita tespen, maka tespen akan menyala. Jika instalasi kabel rumah anda hanya ada dua , maka yang satunya pasti negatif. Adapun jika instalasi rumah anda sudah standard (ada groundingnya), maka setelah kita mengetahui mana kabel yang positif, kita harus menentukan 2 sisanya, mana yang negatif, mana yang ground dengan multimeter. Kabel negatif ketika kita ukur dengan multimeter, akan menunjuk angka 220v. Sedangkan kabel ground, jika kita ukur dengan multimeter, akan menunjuk angka jauh di bawah 220v. 
  7. Dalam menentukan mana kabel positif dan negatif, anda harus hati -hati. Pertama anda matikan sekring rumah anda dulu, anda kupas kabel yang akan anda buat percabangan, anda hidupkan lagi sekringnya, lalu anda cek dengan tespen/ multimeter seperti tadi, lalu setelah berhasil anda bedakan mana kabel positif, mana negatif dan mana ground, matikan lagi sekringnya. Jangan lupa, nanti kesetrum!
  8. Untuk instalasi lampu, yang kita butuhkan hanya kabel yang positif dan kabel negatif, jadi kita abaikan saja kabel ground nya. Setelah kita tahu mana kabel positif, dan mana negatif, maka langkah selanjutnya menyambungkan kabel negatif ke fitting lampu. Sedangkan kabel positif ke saklar. Lihat gambar di bawah ini: 
    cara memasang instalasi lampu penerangan
    cara memasang instalasi lampu penerangan
    rangkaian lampu sederhana

Keterangan gambar :

  1. kabel negatif
  2. kabel positif
  3. saklar
  4. fitting lampu
Perhatikan, fitting lampu terhubung dengan kabel negatif, sedangkan kabel positif hanya menuju ke saklar.
INGAT, setelah semua selesai, isolasi kembali semua sambungan yang terbuka, isolasi yang rapat ya, jika tidak, bisa menimbulkan loncatan arus listrik dan percikan bunga api listrik yang bisa mengakibatkan kebakaran.

Setelah proses merangkai instalasi lampu rumah selesai, hidupkan lagi sekringnya, dan hidupkan lampu yang baru saja anda pasang, mudah kan?

Bisa jadi anda adalah seorang dokter atau polisi, tetapi ketika pada suatu hari isteri anda meminta anda untuk memperbaiki atau mengganti lampu yang rusak, lalu apa yang akan anda lakukan jika anda tidak bisa memasang sekedar instalasi lampu rumah anda sendiri.

 Langkah paling aman adalah membayar seorang teknisi yang sudah ahli, tetapi jika anda ingin menghemat biaya, tidak ada  salahnya anda memasangnya sendiri, asal tahu ilmunya. Lumayan buat menambah nilai plus di depan isteri....hehe...

Demikianlah cara mudah memasang instalasi lampu penerangan di rumah anda, semoga artikel ini membantu anda.


















Comments

  1. nice infonya thanks ya gan

    ReplyDelete
  2. bermanfaat infonya gan.
    Lampu LED Murah mulai Rp 20rb, cek www.lampuutama.com

    ReplyDelete
  3. thanks gan, sangat membantu untuk pemasangan listrik di rumah

    ReplyDelete
  4. Setau saya, sejak saya SD namanya tespen lho mas, bukan taspen. Dan sedikit usul nh mas, lebih baik instalasinya dari kabel di loteng, jadi lebih rapi ga banyak kabel merambat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok, trims koreksi dan usulannya. Akan kami edit penulisannya...

      Delete
  5. Mantap, nice info gan, terus berbagi ilmu semoga manfaat, terima kasih..

    ReplyDelete
  6. Waduh urusannya sama seterum, ngeri tetapi sumber kegidupan utama. ..
    Salam orang setrum kang. ..
    Tulisannya bermanfaat

    ReplyDelete
  7. Sangat berguna
    Tapi apakah tidak ada resiko kebakaran ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beresiko, jika sambungan kabel tidak sempurna, bisa menyebabkan loncatan bunga api listrik dan memicu kebakaran.. pakai kabel yang standard dan sambung dengan benar.

      Delete

Post a Comment

Jika komentar anda / jawaban komentar tidak muncul, klik tulisan "loading" atau tulisan "load more" sampai komentar anda muncul. Atau silahkan bertanya lewat "Kontak Kami"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sponsored By

This Blog is protected by DMCA.com

Kontak Kami

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Cara Mudah Pengaduan dan Keluhan Pelanggan Listrik PLN

CARA CAT MELAMIN DAUN PINTU

Cara dan Syarat Mengurus Perubahan Data Kepesertaan BPJS Kesehatan

Cara dan Persyaratan Mengurus Pernikahan dan Surat Nikah di KUA Dilengkapi Gambar Alurnya

Cara Mudah Mengecat Rak dari Kayu dan Triplek Untuk Pemula

Modus Penjualan Penjual Cat Sisa Proyek

Cara Mengasah Gergaji Potong yang Benar